Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Luas Bangun Datar “LuBaDa” untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Wuli Oktiningrum, Tinta Arinda Putri

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat peserta didik pada pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri 3 Wonokerso. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui kelayakan dan kevalidan media interaktif “LuBaDa” dalam pembelajaran matematika materi luas bangun datar untuk siswa kelas IV SD Negeri 3 Wonokerso; (2) untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Wonokerso. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Research and Development (R & D), dimana peneliti menghasilkan sebuah produk tertentu unyuk menguji kelayakan produk yang akan dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan Analiysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Wonokerso. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti dengan cara melakukan wawancara dan observasi, validasi produk kepada ahli media dan ahli materi, angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif “LuBaDa” layak dijadikan sebagai media pembelajaran dengan melakukan revisi berdasarkan saran para ahli media dan ahli materi. Kelayakan media dapat dibuktikan dengan hasil validasi ahli media mendapatkan hasil skor 93,3% dan hasil validasi ahli materi mendapatkan hasil 95,7%, maka dapat dikatakan bahwa media interaktif “LuBaDa” ini berkualifikasi Valid dengan sedikit revisi. Hasil rata-rata hitung yang diperoleh pada angket minat belajar sebelum menggunakan media yaitu 50,8% termasuk dalam kategori “cukup” dan hasil rata-rata hitung sesudah menggunakan media yaitu 76,5% termasuk dalam kategori “baik”. Oleh karena itu media pembelajaran interaktif “LuBaDa” layak dan valid digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan minat belajar siswa.


Keywords


Pengembangan Media Interaktif “LuBaDa”; Minat Belajar; Luas Daerah

References


Djamarah, A. Z. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriasari. (2017). Pemanfaatan Software Geogebra dalam pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Rafa.

Heinich, R. M. (2002). Instructional Media. New York: Macmilan .

Manurung, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Book di Masa Pendemi Covid-19. Medan : Al-Irsyad.

Mushthofiyah. (2021). Implementasi Instrumen Penilaian Berbasis Macromedia Flash dalam Evaluasi Pembelajaran Volume Kubus dan Balok di Kelas V SDN 01 Depok. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1-19.

Oktiningrum, W. (2022). Kesiapan Mahasiswa Prodi PGSD UNIRA Malang dalam Pembelajaran Jatak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Multidisiplin Madani, 81-90.

Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Silvia Tri Anggraeni, S. M. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan dasar, 25-37.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v3i2.14014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660