Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Luas Bangun Datar “LuBaDa” untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i2.14014Keywords:
Pengembangan Media Interaktif “LuBaDaâ€, Minat Belajar, Luas DaerahAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat peserta didik pada pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri 3 Wonokerso. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui kelayakan dan kevalidan media interaktif “LuBaDa” dalam pembelajaran matematika materi luas bangun datar untuk siswa kelas IV SD Negeri 3 Wonokerso; (2) untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Wonokerso. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Research and Development (R & D), dimana peneliti menghasilkan sebuah produk tertentu unyuk menguji kelayakan produk yang akan dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan Analiysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Wonokerso. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti dengan cara melakukan wawancara dan observasi, validasi produk kepada ahli media dan ahli materi, angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif “LuBaDa” layak dijadikan sebagai media pembelajaran dengan melakukan revisi berdasarkan saran para ahli media dan ahli materi. Kelayakan media dapat dibuktikan dengan hasil validasi ahli media mendapatkan hasil skor 93,3% dan hasil validasi ahli materi mendapatkan hasil 95,7%, maka dapat dikatakan bahwa media interaktif “LuBaDa” ini berkualifikasi Valid dengan sedikit revisi. Hasil rata-rata hitung yang diperoleh pada angket minat belajar sebelum menggunakan media yaitu 50,8% termasuk dalam kategori “cukup” dan hasil rata-rata hitung sesudah menggunakan media yaitu 76,5% termasuk dalam kategori “baik”. Oleh karena itu media pembelajaran interaktif “LuBaDa” layak dan valid digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan minat belajar siswa.
References
Djamarah, A. Z. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitriasari. (2017). Pemanfaatan Software Geogebra dalam pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Rafa.
Heinich, R. M. (2002). Instructional Media. New York: Macmilan .
Manurung, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Book di Masa Pendemi Covid-19. Medan : Al-Irsyad.
Mushthofiyah. (2021). Implementasi Instrumen Penilaian Berbasis Macromedia Flash dalam Evaluasi Pembelajaran Volume Kubus dan Balok di Kelas V SDN 01 Depok. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1-19.
Oktiningrum, W. (2022). Kesiapan Mahasiswa Prodi PGSD UNIRA Malang dalam Pembelajaran Jatak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Multidisiplin Madani, 81-90.
Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Silvia Tri Anggraeni, S. M. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan dasar, 25-37.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.