Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembalajran IPS Menggunakan Pendekatan Saintifik di Kelas VIII SMPN Kesugihan
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.14119Keywords:
Pembelajaran IPS, Pendekatan Saintifik, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar SiswaAbstract
Masalah yang terjadi pada pembelajaran IPS di kelas VIII SMPN 2 Kesugihan yaitu kurang berperan aktifnya siswa dalam proses pembelajaran IPS di kelas. Pendekatan saintifik adalah suatu proses pembelajaran yang dirancang supaya peserta didik secara aktif yang dapat menjadi salah satu solusi dalam permasalahan tersebut. Penelitian dilakukan dengan mengamati aktifitas belajar dan hasil belajar siswa dalam 3 siklus dengan menggunkan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPS terhadap 220 siswa. Diperoleh persentase aktivitas belajar sebesar 96% dengan hasil belajar yang meningkat sebesar 91,81%.References
A.M, Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Abdul Majid dan Chaerul Rochman. 2014. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kuirikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Abdullah, Sani Ridwan. 2014. Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Agus Sujarwanta. (2012). Mengkondisikan Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Nuansa Kependidikan. Vol 16 Nomor.1, Nopember 2012. Halaman 75-83.
Anton, M, Mulyono. 2001. Aktivitas Belajar. Bandung: Yrama.
Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Asis Saefuddin dan Ika Berdiati. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Darwyan Syah, Supardi, Eneng Muslihah. 2009. Kriteria Hasil Belajar. CV: Remaja Karya.
Hamalik, Oemar. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mahmud, (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Martinis Yamin, 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI).
Miles dan Huberman. 1992. Analisis data Kualitatif. (diterjemahkan Ole: Tjetjep Rohedi Rosidi).
Taniredja, Tukiran dkk. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta
Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya. Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.