Pengembangan Modul Tematik Berbasis Ayat-Ayat Al-Quran Pada Subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS)

Risma Risma, Siti Marwiyah, Siti Suhaerah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dari hasil pengembangan modul tematik berbasis ayat-ayat al-Qur’an pada subtema indahnya keragaman budaya negeriku siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS). Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Untuk menghasilkan produk modul tematik berbasis ayat-ayat al-Qur’an, peneliti menggunakan model ADDIE dengan tahapan yaitu: (1) tahap analisis (analyze), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (development). Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (Mis) 21 Al-Manar Lamone Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan objeknya adalah modul subtema indahnya keragaman budaya negeriku (tema indahnya keragaman di negeriku). Data dalam penelitian dikumpulkan melalui angket dan wawancara. Dari hasil analisis kebutuhan bahwa pendidik Madrasah Ibtidaiyah Swasta (Mis) 21 Al-Manar Lamone belum menggunakan bahan ajar berupa modul saat proses pembelajaran oleh karenanya peneliti mengembangkan dan menghasilkan modul indahnya keragaman budaya negeriku berbasis ayat-ayat al-Qur’an sebagai alat bantu dalam belajar. Modul yang telah dibuat selanjutnya divalidasi oleh 4 validator ahli diantaranya validator ahli agama, validator ahli desain, validator ahli materi, dan validator ahli bahasa. Hasil validasi kemudian dianalisis untuk mengetahui kevalidan produk dan diperoleh dari ahli agama valid, ahli desain cukup valid, ahli materi valid, dan ahli bahasa cukup valid.  Sehingga dari keseluruhan produk yang dikembangkan valid dan layak digunakan.


Keywords


Pengembangan Modul; Berbasis ayat-ayat Al-Qur’an

References


Agus Ramdani, A. Wahab Jufri, and Jamaluddin Jamaluddin, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik’, Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6. No 3 (2020), 433 <https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924>.

Bahrudi Efendi Damanik, ‘Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar’, Publikasi Pendidikan, 9. No 1 (2019), 46 <https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.7739>.

Egziabher, Tewolde Berhan Gebre, and Sue Edwards, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Video Scribe Pada Tema Indahnya Kebersamaan Yang Terintegrasi Ayat al-Qur'an Di Kelas IV SD/MI’, Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture, 53.9 (2013), 1689–99

HM. Zainuddin, ‘Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Membentuk Karakter Anak Bangsa’, Universum, 9. No 1 (2015), 131–39 <https://doi.org/10.30762/universum.v9i1.80>.

Kurniati, Annisah, ‘Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Terintegrasi Ilmu Keislaman’, Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4.1 (2018), 43–58 <https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i1.251>

Sholihah, Nafi’atus, and Ika Kartika, ‘Pengembangan Modul Ipa Terintegrasi Dengan Ayat Al Qur’an Dan Hadis’, Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21.1 (2018), 12–22 <https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i2>

Latifah, Sri, and Ratnasari Ratnasari, ‘Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Tata Surya’, Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7.1 (2016), 25–33 <https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i1.1150>

Qiftia, Maratul, and Yuli Yanti, ‘Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terintegrasi Dengan Ayat-Ayat Al Qur’an’, Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5.2 (2019), 275–86 <https://doi.org/10.24042/terampil.v5i2.3703>


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v4i1.14120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660