Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Peserta Didik Melalui Media Audio Visual Pada Kelas V SD

Novrizal Arif Budiman, Sriyanto Sriyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan media audiovisual dalam peningkatan keterampilan menyimak pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri 1 Langkap ahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan secara kolaborasi dengan guru kelas V. Praktik pembelajaran dilakukan dilaksanakan dalam 2 siklus dan tiap siklus 2 pertemuan. Praktik penelitian tindakan kelas terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaa, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Langkap yang berjumlah 21 siswa dan guru kelas V. Teknik Pengumpulan data dalam penilitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokummentasi. Intrumen Penelitian menggunakan lembar observas dan  pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Simpulan penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran dengan langkah-langkah penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan ketrampilan menyimak pembelajaran di kelas V SD Negeri 1 Langkap tahun ajaran 2021/2022.


Keywords


Keterampilan Menyimak; Media Audio Visual; Pembelajaran

References


Anitah, S. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Saddhono, ‪. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.

Sanaky, H. A. (2015). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan. Bandung: Alfabeta.

Susanti, W. (2016). Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Anak Melalui Penggunaan Media Film Animasi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi Tahun ke-5, . Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi Tahun ke-5, 904-912.

Susanto, A. (2021). Pengaruh Media Poster terhadap Kreativitas dan Inovasi Anak dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 102.

Tarigan, H. G. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tri Agustini Solihati, A. R. (2018). Strategi Peningkatan Keterampilan Menyimak Berekuivalensi Toefl Bagi Siswa Sma. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan MasyarakaT, 124.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v3i2.14174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660