Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Berbasis HOTS Menggunakan Model PBL

Mei Widayanti, Sony Irianto

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh perangkat pembelajaran seperti bahan ajar, LKPD, dan media belum dikembangkan berbasis HOTS dan model pembelajaran belum menggunakan model inovatif. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan kepraktisan perangkat pembelajaran matematika materi bangun datar berbasis HOTS menggunakan model PBL di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan pengembangan dengan model ADDIE yang menghasilkan produk perangkat pembelajaran RPP, bahan ajar, LKPD, media, dan perangkat evaluasi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Bojongsari dan SD Muhammadiyah Purwokerto. Instrumen penelitian diperoleh dari wawancara, analisis dokumen, dan angket. Kelayakan perangkat dibuktikan berdasrkan hasil validasi dengan nilai rata-rata minimum1 dan skor maksimum 5. Hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 4,97, hasil validasi ahli media 4,21, dan hasil validasi ahli guru mendapatkan 4,96 maka dapat dikatakan perangkat layak digunkan dengan sedikit revisi. Hasil rata-rata yang diperoleh pada angket peserta didik setelah menggunakan perangkat yaitu 4,59 masuk dalam kategori “sangat valid” dan hasil rata-rata dari guru yaitu 4,79 dengan kategori “sangat valid”. Hal ini menunjukkan perangkat yang dikembangkan praktis dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords


Perangkat Pembelajaran; Matematika; PBL

References


Andreson, L.W., & Krathwohl. D. R. (2015). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran Pengajaran, dan Asesment (terjemah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 100-133.

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9-18.

Baderan, J. K. (2018). Pengembangan Soal High Order Thinking (HOT) Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VI SD. Pedagogika, 9(2), 152-178.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. USA: University of Georgia.

Faiqoh, A. N., Irianto, S., & Anggoro, S. (2019). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Higher Order Thinking Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(2), 103-106.

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27-35.

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77-85.

Hamdi, S., Suganda, I. A., & Hayati, N. (2018). Developing higher-order thinking skill (HOTS) test instrument using Lombok local cultures as contexts for junior secondary school mathematics. REiD (Research and Evaluation in Education), 4(2), 126-135.

Tiwery, B. (2019). Kekuatan dan Kelemahan Metode Dalam Penerapan Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Malang: Media Nusa Creative.

Yulia, P. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas V SD. In Seminar Nasional (Vol. 1, No. 1).

Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan PBL untuk Mengembangkan HOTS siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 189-197.

Zakiamani, A., Zulkarnain, Z., & Maimunah, M. (2020). Validitas dan praktikalitas perangkat pembelajaran matematika: studi pengembangan di SMPN Islam Teknologi Rambah. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 211-224.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v4i1.14193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660