Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V di Unit Pendidikan Kecamatan Ajibarang
Abstract
Penelitian bertujuan mendiskrisikan pengaruh gaya belajar visual, gaya belajar auditori dan gaya belajar kinetetik baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian adalah expost facto dengan pendekatan kuantitatif, subyeknya 63 yang dikumpulkan dengan kuesioner dan tes. Data dianalisis dengan korelasi dan regresi ganda. Hasil pelitian menunjukan: (1) variabel visual learning style berpengaruh positif dan signifikan pada prestasi belajar. Hasil perhitungannya analisis regresi Y = 61,14 + 0,95X nilai Fh > Ft atau 4,05 > 4,00 dan r = 0,249; (2) variabel auditory learning style berpengaruh positif dan signifikan pada prestasi belajar. Hasil analisis regresi adalah Y = 58,93 + 1,46X nilai Fh > Ft atau 5,91 > 4,00 dan r = 0,297; (3) variabel kinesthetic learning style berpengaruh positif dan signifikan pada prestasi belajar. Hasil analisis regresi adalah Y = 56,66 + 1,39X , nilai Fh > Ft atau 5,95 > 4,00 dan r = 0,298. (4) variabel gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan variabel gaya belajar kinestetik secara bersama sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Perhitungan regresinya adalah Y = 5,8 + 1,129X + 1,845X + 1,776X.
Keywords
References
Amani. 2018. Peranan Bimbingan dan Konseling dalam motivasi belajar Siswa SMP N 15 Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam. 15, (1), 20-34.
Ahmad, I. F. (2020). Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) Di Indonesia. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 195–222. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1136
Djamarah. 2010. Guru & Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Manizar, E. (2017). Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 204–222.
Ningrum M, dkk. 2019. Peran Guru Kelas Dalam Pelayanan Bimbingan Konseling Sebagai Motivasi Prestasi Peserta Didik. Jurnal Ilmiah PSYCH. 13, (2), 98-107.
Sabaniah, S., Ramdhan, D. F., & Rohmah, S. K. (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid - 19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.77
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Uno H. 2009. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, H., & Lamatenggo, N. (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran Aspek yang Mempengaruhi . Jakarta: Bumi Aksara.
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O, 021, 1–20.
Warti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.273
DOI: 10.30595/jrpd.v3i2.14242
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2723-8660
|
Statcounter