Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V di Unit Pendidikan Kecamatan Ajibarang

Pamujo Pamujo, Mustika Arum

Abstract


Penelitian bertujuan mendiskrisikan pengaruh gaya belajar visual, gaya belajar auditori dan gaya belajar kinetetik baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian  adalah expost facto dengan pendekatan kuantitatif,  subyeknya 63 yang dikumpulkan dengan kuesioner dan  tes. Data dianalisis dengan  korelasi dan regresi ganda.  Hasil pelitian menunjukan: (1) variabel visual learning style  berpengaruh positif dan signifikan pada prestasi belajar. Hasil perhitungannya analisis regresi   Y = 61,14 + 0,95X  nilai Fh  > Ft  atau 4,05 > 4,00 dan r = 0,249; (2) variabel auditory learning style berpengaruh  positif dan signifikan pada prestasi belajar. Hasil analisis regresi adalah  Y = 58,93 + 1,46X  nilai Fh  > Ft  atau 5,91 > 4,00 dan r = 0,297; (3) variabel kinesthetic  learning style  berpengaruh positif dan signifikan pada prestasi belajar.  Hasil analisis regresi adalah  Y = 56,66 + 1,39X , nilai Fh  > Ft  atau 5,95 > 4,00 dan r = 0,298. (4) variabel gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan variabel gaya belajar kinestetik secara bersama sama  berpengaruh  positif dan signifikan  terhadap prestasi belajar. Perhitungan  regresinya adalah Y = 5,8 + 1,129X + 1,845X + 1,776X.


Keywords


Gaya Belajar Visual; Gaya Belajar Auditori; Gaya Belajar Visual; Gaya Belajar Kinestetik; Prestasi Belajar

References


Amani. 2018. Peranan Bimbingan dan Konseling dalam motivasi belajar Siswa SMP N 15 Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam. 15, (1), 20-34.

Ahmad, I. F. (2020). Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) Di Indonesia. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 195–222. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1136

Djamarah. 2010. Guru & Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Manizar, E. (2017). Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 204–222.

Ningrum M, dkk. 2019. Peran Guru Kelas Dalam Pelayanan Bimbingan Konseling Sebagai Motivasi Prestasi Peserta Didik. Jurnal Ilmiah PSYCH. 13, (2), 98-107.

Sabaniah, S., Ramdhan, D. F., & Rohmah, S. K. (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid - 19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.77

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Uno H. 2009. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H., & Lamatenggo, N. (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran Aspek yang Mempengaruhi . Jakarta: Bumi Aksara.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O, 021, 1–20.

Warti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.273


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v3i2.14242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660