Analisis Karakter Sosial Emosional Anak Pada Permainan Tradisional Tarik Tambang

Salam Supriyadi

Abstract


Pada saat ini terdapat permainan yang mengarahkan anak-anak untuk menjadi seseorang bersifat  individualis. Permainan yang bersifat individualis ini timbul karena dalam memainkan game tersebut di mainkan di dalam kamar mereka sehingga tidak ada aktivitas sosial selama bermain. Timbullah masalah pada anak pada segi sosial dan emosialnya sebagai dampak dari individualismenya. Contohnya mudah marah ketika diberi arahan dan tidak bergaul dengan sebayanya. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh permainan tarik dan tambang terhadap karakter sosial emosial anak. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pengaruh permainan tarik dan tambang terhadap karakter sosial emosial anak”. Objek dalam penelitian ini adalah siswa SDT2Q Insan Permata Mulia Sumenep Madura. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Permainan tarik tambang sangat membantu peserta didik di SDT2Q Insan Permata Mulia Sumenep pada aspek. Beberapa aspek  emosional yang ada pada permainan tarik tambang, yaitu egois dan marah. Sedangkan pada aspek sosial, yaitu  musyawarah, kerja sama, dan belajar ketika ada perselisihan. Permainan tarik tambang dapat mengajarkan dan melatih siswa dalam konteks emosional dan sosialnya  supaya menjadi pribadi yang baik dan mempunyai sosial yang tinggi antar teman sebaya.

Keywords


Karakter Sosial Emosional; Permainan Tradisional; Permainan Tarik Tambang

References


Andriani, T. (2012). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya, 9(1), 121–136.

Hamidi., M. &. (2017). “Permainan Tradisional Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Meningkatkan Kompetensi Sosial Siswa .” Volume. 2,.

Hasbullah. (2015). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Hidayatullah, F. (2015). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. UNS Press&Yuma Pustaka.

Mulyani, N. (2016). Super asik permainan tradisional anak Indonesia. DIVA Pres (Anggota IKAPI).

Perancangan, S. A. C. P. D. S. M. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Abdi Sistematika.

Rokom. (2018, July). Inilah Dampak Kecanduan Game Online. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20180706/4226605/inilah-dampak-kecanduan-game-online/

Sartono, A. (2020, October). Penanaman Karakter pada Generasi Muda Perlu Terus Dikuatkan. Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan (Kemenko PMK), 1. https://www.kemenkopmk.go.id/penanaman-karakter-pada-generasi-muda-perlu-terus-dikuatkan

Syamsurrijal, A. (2018). Menilik Pendidikan Karakter Di Berbagai Negara (Studi Multi Situs Di Indonesia, Singapura Dan Jepang). HIKMAH Jurnal Studi Keislaman, 8(2), 206–214. http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/alhikmah/article/view/3091


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v4i1.14611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660