Kesulitan Analitik Aspek Menyimak Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Rohadatul Husna, Khirjan Nahdi, Zulfadli Hamdi, Muhammad Husni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan analitik aspek menyimak siswa kelas IV SDN 02 Teros Tahun Pelajaran 2021/2022. Sumber data yang digunakan ialah sumber data  primer, dimana peneliti mendapatkan data secara langsung tanpa melalui perantara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan banyak 30 siswa. Variabel penelitian ini menggunakan satu variabel atau disebut dengan variabel tunggal yaitu kesulitan analitik aspek menyimak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk perintah untuk mengetahui kesulitan analitik keterampilan menyimak siswa menggunakan bahan simakan cerita fiksi dan wawancara. Hasil data yang diperoleh oleh peneliti setelah melakukan penelitian dengan peroleh skor rata-rata siswa 60,16 dengan jumlah 24 siswa dengan persentase 80% yang tidak dapat memenuhi Krteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang menyatakan bahwa sebagian besar siswa kelas IV SDN 02 Teros pada tahun pelajaran 2021/2022 mengalami kesulitan analitik aspek menyimak.

Keywords


Kesulitan Analitik; Menyimak; Siswa

References


Gereda, A. (2020). Keterampiln Berbahasa Indonesia: Menggunakan Bahasa Indonesia secara Baik dan Benar. In Tasikmalaya. Edu Publisher.

Ginting, L. S. (2020). Bahasa Indonesia SD 2. In Jakarta. Guepedia.

Husein, M. (2020). Kesulitan Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangwaru. Cahaya Pendidikan, 6(1), 57.

Kurnia, R. (2019). Bahasa Anak Usia Dini. CV. Budi Utama.

Laia, A. (2020). Menyimak Efektif. Lutfi Gilang.

Nuryaningsih, W. D. (2021). Peta Pikiran Untuk Memahami Teks Berita. NEM.

Pamuji, S. S., & Setyami, I. (2021). Keterampilan Berbahasa. Guepedia.

Triadi, R. B., & Pujiati, T. (2017). Kesulitan Menyimak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Penelitian Studi Kasus Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Inklusi X Bandung). LITERASI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 7(1), 41.

Urbayatun, S., Fatmawati, L., Erviana, V. Y., & Maryani, I. (2019). Kesulitan Belajar & Gangguan Psikologgis Pada Anak: Implementasi pada Anak Usia Sekolah Dasar. K-Media.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v4i2.14900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660