Kesulitan Analitik Aspek Menyimak Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i2.14900Keywords:
Kesulitan Analitik, Menyimak, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan analitik aspek menyimak siswa kelas IV SDN 02 Teros Tahun Pelajaran 2021/2022. Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer, dimana peneliti mendapatkan data secara langsung tanpa melalui perantara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan banyak 30 siswa. Variabel penelitian ini menggunakan satu variabel atau disebut dengan variabel tunggal yaitu kesulitan analitik aspek menyimak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk perintah untuk mengetahui kesulitan analitik keterampilan menyimak siswa menggunakan bahan simakan cerita fiksi dan wawancara. Hasil data yang diperoleh oleh peneliti setelah melakukan penelitian dengan peroleh skor rata-rata siswa 60,16 dengan jumlah 24 siswa dengan persentase 80% yang tidak dapat memenuhi Krteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang menyatakan bahwa sebagian besar siswa kelas IV SDN 02 Teros pada tahun pelajaran 2021/2022 mengalami kesulitan analitik aspek menyimak.References
Gereda, A. (2020). Keterampiln Berbahasa Indonesia: Menggunakan Bahasa Indonesia secara Baik dan Benar. In Tasikmalaya. Edu Publisher.
Ginting, L. S. (2020). Bahasa Indonesia SD 2. In Jakarta. Guepedia.
Husein, M. (2020). Kesulitan Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangwaru. Cahaya Pendidikan, 6(1), 57.
Kurnia, R. (2019). Bahasa Anak Usia Dini. CV. Budi Utama.
Laia, A. (2020). Menyimak Efektif. Lutfi Gilang.
Nuryaningsih, W. D. (2021). Peta Pikiran Untuk Memahami Teks Berita. NEM.
Pamuji, S. S., & Setyami, I. (2021). Keterampilan Berbahasa. Guepedia.
Triadi, R. B., & Pujiati, T. (2017). Kesulitan Menyimak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Penelitian Studi Kasus Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Inklusi X Bandung). LITERASI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 7(1), 41.
Urbayatun, S., Fatmawati, L., Erviana, V. Y., & Maryani, I. (2019). Kesulitan Belajar & Gangguan Psikologgis Pada Anak: Implementasi pada Anak Usia Sekolah Dasar. K-Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.