Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Slides guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i2.15757Keywords:
Google Slides, Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini disebabkan oleh rendahnya hasil belajar pada siswa kelas III SD Negeri Sekaran 02. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran menggunakan Google Slides saat pembelajaran di kelas III SD Negeri Sekaran 02; (2) untuk mengetahui kemajuan hasil belajar siswa SD Negeri Sekaran 02. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan metode penelitiannya yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). ADDIE merupakan model pembelajaran yang menunjukkan tahapan dasar sistem pembelajaran yang efektif. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Sekaran 02 yang berjumlah 32 siswa. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini menggunakan pretest dan posttest. Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 34% dengan kategori efektif menunjukkan bahwa media pembelajaran ini layak untuk digunakan dengan beberapa perbaikan berdasarkan saran dari ahli media dan ahli materi.
References
Anshori, F. A., Syam, S., (2018). “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Slide Terhadap Minat Bertanya Mahasiswa Pendidikan Biologi”, Jurnal Pendidikan Biologi 3(2), 1-3.
Arindiono, R. Y., Ramadhani, N., (2013). "Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk siswa kelas 5 SD", Jurnal Sains dan Seni Pomits 2(1), 2337-3520.
Endah Andayani, Efektivitas Berbagai Macam Fitur Google Sebagai Media Pembelajaran Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), Vol. 15, No. 2 (2021), 218-225, (2021), DOI: https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.6163
I Kadek Wisnu Nata, DB. Kt. Ngr. Semara Putra, Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 5, No. 2 (2021), 227-237, (2021), DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i2
I Made Tegeh, I Made Kirna, Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model, Jurnal IKA, Vol. 11, No. 1 (2013), 12-26, (2013), DOI:https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145
Nurrita, T., (2018). "Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa", Mysikat 3(1), 171-186.
Purnamasari, S., (2019). “Pengembangan Model Media Pembelajaran Berbasis Google Slide pada Mata Pelajaran IPS di SMP”, Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 37-42.
Sari, Arum Oktaliana., Kesuma, Guntur Cahaya., Anggraini, Dian., (2019). "Google Slide dan Quizizz dalam Pengembangan Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) Matematika", AdMathEdu 9(2), 97-103.
Syifa Jamilah Purnama , Puri Pramudiani, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Materi Pecahan Sederhana di Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, Vol. 5, No. 4 (2021), 2440 - 2448, (2021), DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1247
Wuli Oktiningrum, Tinta Arinda Putri, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Luas Bangun Datar “LuBaDa” untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa, Jurnal Riset Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 2 (2022), 93-98, (2022), DOI: http://dx.doi.org/10.30595/jrpd.v3i2.14014
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.