Analisis Kesulitan Belajar Siswa Tentang Materi Penyusunan Kata pada Tingkat Kelas Rendah
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i2.15977Keywords:
Kesulitan Belajar, Bahasa Indonesia, Menyusun KataAbstract
Penelitian dilakukan di Kelas I Sekolah Dasar Islam Terpadu Darussalam Ardagusema, kecamatan Deli Tua, kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa pada materi penyusunan kata pelajaran bahasa Indonesia dan mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pada materi penyusunan kata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan semua subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1-B Sekolah Dasar Islam Terpadu Darussalam yang berjumlah 29 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan tes tertulis. Hasil analisis data penelitian ini, 1) terdapat siswa yang tidak memahami kosa kata bahasa Indonesia pada tes tertulis. 2) Faktor internal yaitu penyajian materi yang tidak menarik bagi siswa, siswa yang belum termotivasi mengikuti pelajaran, rendahnya minat belajar siswa dan ketidakmampuan memahami kelas dengan baik, dll. Namun siswa tersebut tidak mengikuti pelajaran dengan serius karena faktor eksternal faktor kurangnya semangat dan motivasi guru serta orang tua. 3) Upaya siswa, orang tua dan guru dalam mengatasi kesulitan dalam mempelajari penyusunan kata bahasa Indonesia. Tujuan seorang guru adalah untuk memotivasi siswa dan membantu mereka ketika mereka menghadapi kesulitan. Upaya siswa untuk mengikuti berbagai petunjuk terutama di luar sekolah, dan upaya orang tua untuk memotivasi dan mendorong anaknya untuk belajar.
References
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di Sekolah Dasar. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 35-44.
Anzar, S. F., & Mardhatillah. (2017). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 20 MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT TAHUN AJARAN 2015/2016. Bina Gogik , 53-64.
Berliana, D. P., & Ummu Sholihah. (2022). Kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah ended ditinjau self-efficacy. Jurnal Pendidikan Matematika , 243-254.
Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH , 333-352.
Mustadi, Ali M. (2021). Filosofi, Teori, dan Konsep Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.
Marlina, S. P. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta Timur: PRENADAMEDIA GROUP.
Siti Urbayatun, et all, (2019). Kesulitan Belajar dan Gangguan Psikologis Ringan Pada Anak. Yogyakarta: K-Media.
Farhurohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Jurnal Keilmuan dan Kepedindikan Dasar , 23-34.
Ika Maryani, e. a. (2018). Model Interverensi Gangguan Kesulitan Belajar. Yogyakarta: K-Media.
Ika Maryani, Laila Fatmawati, Vera Yuli Erviana, Muhammad Nur Wangid, & Ali Mustadi. (2018). Model Interverensi Gangguan Kesulitan Belajar. Ika Maryani.
Iriany, R., & Nuzul Tenriana. (2021). Jurnal Edumaspul. Analisis Kesalahan Penyusunan Kalimat Efektif dalam Karangan Deskriptif , 4.
Ismail. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Disekolah. Jurnal Edukasi , 30-43.
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. Jurnal Pendidikan Dasar , 82-98.
Nugraha, Mohammad Fami, & Budi Hendrawan. (2019). Minat Belajar Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah KOnsep Dasar IPA. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran , 315-319.
Octaviani, Rika, & Elma Sutriani. (2019). Analisis data dan pengecekan keabsahan data.
Rambe, R. N. (2018). Penerapan strategi index card match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia. JURNAL TARBIYAH , 93-124.
Rizma Muhaiba, Rofilah Rohadatul Aisy, Nurul Imaniyah, Sherliy Milinda Sari, & Syarifah Dwi Agustina. (2020). Faktor penyebab kesulitan belajar dan dampak terhadap perkembangan prestasi siswa kelas 1-6 SDN Gili Timur 1. Prosiding Nasional Pendidikan, 329-337.
Silvia Tri Anggraeni, Sri Muryaningsih, Asih Ernawati. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Di , 25 – 37.
Soewarno, Hasmiana, & Faiza. (2016). Kendala-Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis Komputer Di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD , 21-30.
Hapnita, Widia, et all, (2018). Faktor internal dan Eksternal yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017. Cived , 2175-2182.
Yuliani, & Wiwin. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta , 83-91.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.