Analisis Kesiapan Belajar Siswa pada Pembelajaran Perdiferensiasi

Erwin Winaryati Dyah Ristanti Ari Juari, Nursiwi Nugraheni

Abstract


Penelitian yang dilaksanakan ini memiliki tujuan guna mendapatkan gambaran terkait kesiapan belajar peserta didik kelas II SDN Pesantren. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini digunakan dalam menentukan aspek strategi pembelajaran berdiferensiasi yang tepat untuk digunakan secara menyeluruh dalam muatan pembelajaran. Penelitian yang dilaksanakan mempergunakan metode deskriptif kualitatif, mempergunakan teknik pengumpulan data angket, wawancara, serta observasi bersama guru kelas. Pada riset ini peneliti memakai subjek penelitian sebanyak 29 peserta didik kelas II SDN Pesantren. Perolehan hasil dari riset ini menunjukkan bahwa kesiapan belajar merupakan keadaan individu yang menyeluruh sehingga seseorang siap untuk memberikan tanggapan ataupun jawaban dalam situasi tertentu dalam hal ini adalah kesiapan belajar. Pada riset ini terbukti bahwa kesiapan belajar peserta didik menunjukkan 78,94% yang termasuk dalam kriteria tinggi, hasil kesiapan belajar tersebut dijadikan landasan dalam menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi dengan memperhatikan 4 aspek berdiferensiasi. Implementasi pembelajaran berdiferensiasi terbukti memberikan pengaruh pada peningkatan kualitas pembelajaran yang mengarah pada tercapainya capaian pembelajaran dalam kurikulum merdeka.


Keywords


Kesiapan Belajar; Kurikulum Merdeka; Pembelajaran Berdiferensiasi

References


Agus, Salim. (2006). Teori dan Paradigma Peneltian Sosial. Yogyakarta: Tiawaracana.

Aminuriyah,S., Markhamah., Sutama. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi: Meningkatkan Kreatiftas Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, Vol. 9(2), Hal. 89–100.

Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., & Hernawan, A. H. (2022). Komparassi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu. Vol 6(4), Hal. 5877–5889.

Aprima, D., Sari, Sasmita. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol 13(1), Hal. 95–101.

Effendi. (2017). HUBUNGAN READINESS ( KESIAPAN ) BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMK. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 5, Hal. 15-24.

Ferdinan, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen:Pedoman Penelitian untuk Skripsi,Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Fitra, Devi Kurnia. (2022). ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MATERI TATA SURYA DI KELAS VII. Tunjuk Ajar : jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Universitas Riau. Vol. 5, Hal. 278–290.

Jumasrin (2019). Variabel-Variabel Relasional Kesiapan Belajar Peserta Didik di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Shautut Tarbiyah,

Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Volume 25 Nomor 1, Mei 2019. 25, 84–107.

Pane, R.N., Lumbantoruan,S., Simanjuntak, S.D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, Vol.1(03), Hal. 173–180.

Priantini, D.A.M.M.O., Adnyana,N.K.S., Suarni,N.K. (2022).analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Vol.8, Hal. 238–244.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu. Vol.6(4), Hal. 7174–7187.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu. Vol.6(4), Hal. 7174–7187.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Subhan. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Melalui Lokakarya Di SMPN 3 Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif, Vol.7 No. 1 Hal. 48-54.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Sayodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., & Hernawan, A. H. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258.

Wahyuningsari,Desy dkk. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan. 2(04), 529–535.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v5i1.16064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660