Analisis Karakteristik Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran Berdiferensiasi

Feby Andriani, Nursiwi Nugraheni

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi untuk memperoleh dan mendeskripsikan gaya belajar siswa kelas III SDN Pesantren. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini digunakan untuk menentukan aspek strategi pembelajaran berdiferensiasi yang tepat. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data angket dan observasi. Variable dalam penelitian ini adalah gaya belajar yang meliputi gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Peneliti memakai subjek penelitian kelas III SDN Pesantren yang berjumlah 29 siswa. Hasil penelitian karakteristik gaya belajar menunjukkan 44,83% memiliki gaya belajar visual, terdapat 20,69% gaya belajar auditori, dan terdapat 34,48% memiliki gaya belajar kinestetik. Hasil pemetaan gaya belajar dijadikan landasan dalam menerapkan strategi pembelajaran berdiferensasi dengan memperhatikan 4 aspek berdiferensiasi.


Keywords


Gaya Belajar; Pembelajaran Berdiferensiasi; SDN Pesantren

References


Alhafizh, Nurzaki. 2022. Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Kpada Masyarakat, 1(8), 1913-1922.

Aminuriyah, Siti., dkk. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi Mningkatkan Kreatifitas Peserta Didik. Jurnal Ilmiah mitra Swara Ganesha. 9(2), 89-100

Andini, D. W. 2016. “Differentiated Instruction”: Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman Siswa Di Kelas Inklusif. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 2(3), 340-349.

Aprima, Desy dan Sasmita Sari. 2022. Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmial Pendidikan, 13(1), 95-101.

Astiti, K. A., dkk. 2021. Pengembangan Modul IPA Terpadu Tipe Connected Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Lapisan Bumi Kelas VII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 4(2), 112-120.

Bire, A. L., Geradus, U., dan Bire, J. 2014. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2).

Cahyani, Ika S. 2016. Pentingnya Mengenali Gaya Belajar Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.

Elis, dkk. 2017. Analisis Karakteristik Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS. Jurnal FKIP Untan Pontianak

Fadliilah, Nuurul. 2017. Gaya Kognitif Field Independent Dan Field Dependent Siswa SMP Kelas VII Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Segitiga dan Segiempat Berdasarkan Gender. Jurnal Simki-Techsain UNP Kediri, 1(7), 1-12.

Faiz, Aiman. dkk. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 2(2), 2846-2853.

Fitra Devi. K. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250- 258.

Hafizha, Dina. Dkk. 2022. Analisis Pemahaman Guru Terhadap Gaya Belajar Siswa Di SDN 020 Ridan Permai. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 8(1), 25-33.

Jampel, I Nyoman. 2016. Analisis Motivasi Dan Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49(1), 109-119.

Lestari, Susi dan Djuhan, M. W. 2021. Analisis Gaya Belajar Visual, Audiotori dan Kinestetik Dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1), 79-90.

Magdalena, Ina. dkk. 2020. Strategi Guru Dalam Menghadapi Gaya Belajar Siswa Kelas 3 di SD Negeri Tangerang 5. Jurnal Edukasi dan Sains, 2(1), 151-168.

Mufidah, Luk Luk. N. 2017. Memahami Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Potensi Anak. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak.

Mulyani, Leni. S dan Siti. S. 2018. Analisis Tentang Gaya Belajar Siswa Berdasarkan Visual, Auditori, Kinestetik Pada Mata Pelajaran Biologi MAN 1 Garut. Jurnal IPI.

Pane, Rezeki N. dkk. 2022. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Bullet: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 173-180.

Pratama, Adi. 2022. Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 605-626.

Putri, Rahma A, dkk. 2020. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Pembelajaran Sisawa Sekolah Dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 157-163.

Rahmah, Nur L. 2022. Analisis Gaya Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD. Nautical: Jurnal Ilmial Multidisiplin, 1(1), 9-14.

Retno, Raras S., dkk. 2019. Analisis Gaya Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V Di SDN 1 Nglurup Kabupaten Ponorogo. Seminar Nasional UNIPMA.

Salim, Agus. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana

Sari, Ariesta K. 2014. Analisis Karakteristik Gaya Belajar Vak (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014. Jurnal Ilmiah Edutic, 1(1), 1-12.

Setiyo, Ajib. 2022. Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Kolaboratif Dengan Melibatkan Orang Tua dan Masyarakat Untuk Mewujudkan Student’s Well-Being Di Masa Pandemi. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 61-78.

Suwartningsih. 2021. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IX B Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80-94.

Wahyuni, Yusri. 2017. Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. JPPM, 10(2), 128-132.

Wassahua, Sarfa. 2016. Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII SMP Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2(1), 84-104.

Widayanti, F. D. 2013. Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. Jurnal LP3, 2(1).


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v5i1.16067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660