Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar

Hemalia Veronica, Hayat Hayat

Abstract


Penelitian ini berfokus pada penerapan kebijakan pemerintah terkait kurikulum merdeka yang baru diterapkan di Sekolah Dasar pada tahun 2022 ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemulihan pendidikan yang ada di Indonesia terutama pada siswa-siswi sekolah dasar yang terkena dampak pandemi selama 2 tahun. Selain itu, peneliti juga ingin menganalisis seberapa efektif penerapan kurikulum tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu deskriptif kualitatif, yaitu metode menganalisis secara terperinci dan detail, sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka dan wawancara dengan guru yang sudah menerapkan kurikulum merdeka di sekolahnya. Studi Pustaka atau studi literatur adalah Teknik pengumpulan data yang diambil dari literatur atau jurnal ilmiah yang relevan dan akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka sangat efektif diterapkan di Sekolah Dasar karena kurikulum tersebut berfokus pada penilaian karakter yang berlandaskan Pancasila dengan tujuan membentuk sumber daya manusia yang unggul. Sehingga hal tersebut menjadikan daya pengetahuan dan keterampilan siswa semakin meningkat karena mereka berfokus pada pengembangan literasi dan numerasi. 


Keywords


Kurikulum; Pendidikan; Kebijakan

References


Achmad, Ghufran Hasyim, Dwi Ratnasari, Alfauzan Amin, Eki Yuliani, and Nidia Liandara. “Penilaian Autentik Pada Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 4 (2022): 5685–5699.

Agustina, Nurul Saadah, Babang Robandi, Ika Rosmiati, and Yusup Maulana. “Analisis Pedagogical Content Knowledge Terhadap Buku Guru IPAS Pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka.” Jurnal Basicedu 6, no. 5 (2022): 9180–9187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662.

Angga, Angga, Cucu Suryana, Ima Nurwahidah, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. “Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Kabupaten Garut.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 5877–5889.

Aprima, Desy, and Sasmita Sari. “Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD.” Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan 13, no. 1 (2022): 95–101.

Fitriyah, Chumi Zahroul, and Rizki Putri Wardani. “Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar” (2022): 236–243.

Marlina, Tuti. “Urgensi Dan Implikasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal SNPE FKIP Universitas MuhammadiyahMetro 1, no. 1 (2022): 67–72.

Miftakhuddin, Nurdin Kamil, and Hadi Hardiansyah. “Implikasi Empat Modalitas Belajar Fleming Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Journal The Elementary School Teacher Education 1, no. 2 (2022): 38–49.

Nasution, Suri Wahyuni. “PROSIDING PENDIDIKAN DASAR URL: Https://Journal.Mahesacenter.Org/Index.Php/Ppd/Index Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 1, no. 1 (2021): 135–142. https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index.

P-issn, Primary Education, Journal Homepage, and Correspondance Received. “PENGEMBANGAN KOMPETENSI DIGITAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR DALAM KERANGKA KURIKULUM MERDEKA PENDAHULUAN Menguatnya Penggunaan Teknologi Baru Dalam Pendidikan Adalah Wujud Perubahan Disruptif ( Liu et Al ., 2020 ). Penggunaan Berbagai Teknol” (2022): 76–89.

Rahmadayanti Dewi, Hartoyo Agung. “Jurnal Basicedu.” Jurnal basicedu 6, no. 4 (2021): 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230.

Wijaya Saputra, Dendi, Muhamad Sofian Hadi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, and Jl Kh Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Tangerang Selatan. “Persepsi Guru Sekolah Dasar Jakarta Utara Dan Kepulauan Seribu Tentang Kurikulum Merdeka.” Jurnal Holistika 6, no. 1 (2022): 28–33. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/13216.

Kemdikbud. (2021a). Buku saku tanya jawab Kurikulum Merdeka. Kemdikbud. http://repositori.kemdikbud.go.id/24917/

Kemdikbud. (2021b). Strategi pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi.

Ayoguruberbagi.Kemdikbud.Go.Id.https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/stategi-pelaksanaan-pembelajaranberdiferensiasi/

Kemdikbud. (2022a). Implementasi kurikulum merdeka. Kurikulum.Gtk.Kemdikbud.Go.Id. kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id

Kemdikbud. (2022b). Kurikulum merdeka. Ditpsd.Kemdikbud.Go.Id.

Mendikbudristek. (2022). Keputusan menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi Nomor 56/M/2022 tentang pedoman penerapan kurikulum dalam rangkan pemulihan pembelajaran. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.jdih.kemendikbud.go.id

Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif

Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 155–164. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.973

Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif :

Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2410

Kholisdinuka, A. (2020). Lebih Dari Guru Biasa, Guru Penggerak Kemendikbud Bakal Punya Tugas Ini.

Daga, A. T. (2020). Kebijakan pengembangan kurikulum di sekolah dasar (sebuah tinjauan kurikulum 2006 hingga kebijakan merdeka belajar). Jurnal Edukasi Sumba (JES), 4(2), 103-110.

Prasetyo, M. A. M., Bashori, B., & Novi Nur Lailisna.(2020). Strategy of Boarding School (Pesantren) Education in Dealing With the Covid-19 Pandemic. Kholifa: Journal of Islamic Education, (Volume 4 No.2), 142–160

Sari, R.M. (2019). Analisis Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan, Produ: Prokurasi Edukasi-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1).


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v5i1.16101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660