Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar Islam Annajah Pebayuran Bekasi dalam Menyusun Soal Berbasis HOTS melalui Kegiatan BIMTEK
Abstract
Pembuatan soal yang baik dan benar menjadi syarat pokok dalam menunjang kompetensi profesional pedagogik seorang pendidik. Kegiatan BIMTEK ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para pendidik di SD Islam Annajah Pebayuran Bekasi terkait dengan teknik penyusunan soal yang berbasis Hight Order Thinking Skill (HOTS). Kegiatan ini didasari oleh masih rendahnya kompetensi pendidik dalam menyusun soal berkategori HOTS. Kagiatan ini dilaksanakan pada Senin 07 November 2022 yang bertempat di aula Pesantren Islam Hidayatunnajah Bekasi. Metode penelitian ini menggunakan kaji tindak partisipatif. Metode ini merupakan keikutsertaan seseorang dalam melaksanakan sesuatu atau pengambilan bagian dari sesuatu yang harus dilaksanakan oleh pelakunya. Jadi, peneliti dalam BIMTEK ini terlibat secara aktif dalam kegiatan penyusunan soal berbasis HOTS. Hasil dari aktivitas BIMTEK ini dapat menambah wawasan dan kompetensi para pendidik dalam menyusun soal berbasis HOTS dengan mengembangkan materi dari Kompentensi Dasar, merumuskan indikator sesuai dengan level kognitif, dan menulis butir soal yang tepat sesuai dengan indikator soal.
Keywords
References
Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Pendidikan Guru UIKA Bogor, 2(1), 24–30.
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (H. Sazali, Ed.; 1st ed., p. 7). Wa Ashri Publishing. http://bitly.ws/yrpa
Ismail. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran. Jurnal Mudarrisuna, 4(2), 704–719. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/viewFile/630/519
Lawotan, E. Y. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Sd Katolik 143 Bhaktyarsa Maumere. Jurnal Pendidikan, 7(2).
Owon, R. A. S., & Saputra, N. (2021). BIMBINGAN TEKNIS PENULISAN SOAL HOTS BAGI PENDIDIK DI SDK 086 NANGAHALEDOI. Kanigara: Jurnal Pengabdikan Kepada Masyarakat, I(2), 70.
Permendikbud No. 16 Tahun 2007 . (n.d.). Jdih.Kemdikbud.Go.Id. Retrieved December 31, 2022, from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/216104/permendikbud-no-16-tahun-2007
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257–269. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/25336/15392
Sihotang, H. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3993–4006.
Suwarni, R. (2022). Kemampuan Guru Menyusun Soal HOTS dalam Bentuk Pilihan Ganda di SDN 02 Legokgunung. Action Research Journal, 1(3), 262–265. https://journal.kualitama.com/index.php/arj/article/view/77/160
UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen [JDIH BPK RI]. (n.d.). Retrieved December 30, 2022, from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005
DOI: 10.30595/jrpd.v5i1.16155
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2723-8660
|
Statcounter