Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar Islam Annajah Pebayuran Bekasi dalam Menyusun Soal Berbasis HOTS melalui Kegiatan BIMTEK
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i1.16155Keywords:
Kompetensi Pedagogik, Soal HOTS, BIMTEKAbstract
Pembuatan soal yang baik dan benar menjadi syarat pokok dalam menunjang kompetensi profesional pedagogik seorang pendidik. Kegiatan BIMTEK ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para pendidik di SD Islam Annajah Pebayuran Bekasi terkait dengan teknik penyusunan soal yang berbasis Hight Order Thinking Skill (HOTS). Kegiatan ini didasari oleh masih rendahnya kompetensi pendidik dalam menyusun soal berkategori HOTS. Kagiatan ini dilaksanakan pada Senin 07 November 2022 yang bertempat di aula Pesantren Islam Hidayatunnajah Bekasi. Metode penelitian ini menggunakan kaji tindak partisipatif. Metode ini merupakan keikutsertaan seseorang dalam melaksanakan sesuatu atau pengambilan bagian dari sesuatu yang harus dilaksanakan oleh pelakunya. Jadi, peneliti dalam BIMTEK ini terlibat secara aktif dalam kegiatan penyusunan soal berbasis HOTS. Hasil dari aktivitas BIMTEK ini dapat menambah wawasan dan kompetensi para pendidik dalam menyusun soal berbasis HOTS dengan mengembangkan materi dari Kompentensi Dasar, merumuskan indikator sesuai dengan level kognitif, dan menulis butir soal yang tepat sesuai dengan indikator soal.
References
Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Pendidikan Guru UIKA Bogor, 2(1), 24–30.
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (H. Sazali, Ed.; 1st ed., p. 7). Wa Ashri Publishing. http://bitly.ws/yrpa
Ismail. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran. Jurnal Mudarrisuna, 4(2), 704–719. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/viewFile/630/519
Lawotan, E. Y. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Sd Katolik 143 Bhaktyarsa Maumere. Jurnal Pendidikan, 7(2).
Owon, R. A. S., & Saputra, N. (2021). BIMBINGAN TEKNIS PENULISAN SOAL HOTS BAGI PENDIDIK DI SDK 086 NANGAHALEDOI. Kanigara: Jurnal Pengabdikan Kepada Masyarakat, I(2), 70.
Permendikbud No. 16 Tahun 2007 . (n.d.). Jdih.Kemdikbud.Go.Id. Retrieved December 31, 2022, from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/216104/permendikbud-no-16-tahun-2007
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257–269. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/25336/15392
Sihotang, H. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3993–4006.
Suwarni, R. (2022). Kemampuan Guru Menyusun Soal HOTS dalam Bentuk Pilihan Ganda di SDN 02 Legokgunung. Action Research Journal, 1(3), 262–265. https://journal.kualitama.com/index.php/arj/article/view/77/160
UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen [JDIH BPK RI]. (n.d.). Retrieved December 30, 2022, from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005

Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.