Implementasi Literasi Sains untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Menggunakan Model PjBL di SD

Dewi Kartini, Syifa Nailul Muna Aljamaliah

Abstract


Dewasa ini kepedulian lingkungan masyarakat dirasa masih kurang karena masih banyak aktivitas masyarakat yang membuang sampah sembaragan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi literasi sains untuk menembuhkan karakter peduli lingkungan di sekolah dasar dengan model pembelajaran yang tepat salah satunya adalah project based learning. Dengan meningkatkan kemampuan literasi sains pada peserta didik akan menumbuhkan karakter peduli lingkungan siswa, yaitu menumbuhkan rasa peduli untuk melestarikan alam sekitarnya. Dalam proses literasi sains ini guru berperan penting untuk perencanaan pembelajaran seperti strategi, model dan metode pembelajaran yang digunakan dan selain itu adalah sarana dan prasarana sebagau upaya meningkatkan literasi sains siswa. Hal ini sebagai bentuk upaya untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan pada siswa secara maksimal. Metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif dan studi Pustaka. Hasil penelitian ini adalah bahwa implementasi literasi sains dengan model pembelajaran project based learning ini mampu untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan pada siswa Sekolah Dasar.


Keywords


Literasi Sains; Karakter Peduli Lingkungan; Project Based Learning

References


Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299.

Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(1), 1–6.

Efendi, N., Barkara, R. S., & Fitria, Y. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Lolong Belanti Padang. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 1–10.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116.

Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631–5639.

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68.

Khatimah, H., Suhirman, S., & Raehanah, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreatifitas Berpikir Dan Literasi Sains Siswa Sman 1 Gerung Tahun 2018/2019. Spin Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 2(1), 13–26.

Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran literasi sains melalui pemanfaatan lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191.

Mursalin, E., & Setiaji, A. B. (2021). Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Sains: Penggunaan Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Efektif. In E-Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya, 1(1), 95–104.

Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi sains peserta didik dalam pembelajaran ipa di indonesia. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 3(1), 61–69.

Nisah, N., Widiyono, A., Milkhaturrohman, M., & Lailiyah, N. N. (2021). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 114–126.

Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90.

Novianti, R. (2022). Model Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Mata Pelajaran IPA. JPB-Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 16–23.

Rizal, S., & Meidawaty, S. (2023). Membangun Kepedulian Lingkungan Peserta Didik MI melalui Literasi Sains. PANDAWA, 2(2), 378–387.

Rohmah, U. N., Ansori, Y. Z., & Nahdi, D. S. (2019). Pendekatan pembelajaran stem dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(11), 471–478.

Sakti, I., & Swistoro, E. (2021). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Ipa. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 35–42.

Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran IPA. Jurnal Education and Development, 10(1), 207–212.

Suparya, I. K., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab Dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153–166.

Tikho, A. E., & Gunansyah, G. (2021). No Title. Studi Analisis: Implementasi Program Adiwiyata Di Sekolah Dasar, 9(9), 3384–3398.

Winangun, I. M. A. (2021). Project based learning: strategi pelaksanaan praktikum IPA SD dimasa pandemi covid-19. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 11–20.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v5i1.17583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660