Pengembangan Nilai-Nilai Religius Siswa melalui Kegiatan Pesantren Kilat di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i1.17595Keywords:
Pengembangan, Nilai-Nilai Religius, Pesantren KilatAbstract
Artikel ini bertujuan untuk menguraikan pengembangan nilai-nilai religius siswa melalui kegiatan pesantren kilat. Fokus kajian ini melingkupi pengembangan nilai-nilai religius siswa mengungkapkan faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai religius siswa di SDN 1 Cililin. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemorosotan moral yang terjadi kalangan siswa sekolah dasar. Data yang diambil dalam artikel ini berasal dari kajian pustaka, wawancara, observasi di SDN 1 Cililin. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru, serta siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan berbagai kegiatan sholat dhuha, tadarus, ceramah, penampilan video atau film kisah nabi, dan kuis dapat mengembangkan nilai-nilai religius siswa. Penelitian ini juga menunjukka adanya faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pengembangan nilai-nilai religius siswa.
References
Ahmadi, R. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hidayati, S., Afgani, M. W., & Ismail, F. (2023). PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMP IT AN NURIYAH SEKAYU. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 3(3), 425-432.
Khoirida, J. (2017). Pengaruh Intensitas Sholat Dhuha Terhadap Efikasi Diri Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional: Studi Kasus Mi Miftahul Huda Tamansari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Skripsi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Mala, J. N. (2020). Manfaat Kisah Islam Dalam Menumbuhkan Akhlak Mulia Pada Diri Seseorang. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 9(1), 287-297.
Marzuki. (2013). Revitalisasi Pendidikan Agama Di Sekolah Dalam Pembangunan Karakter Bangsa di Masa Depan. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 64–76.
Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola pelaksanaan pendidikan karakter terhadap siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2).
Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Qoni’ah, S. (2020). Menumbuhkan Budaya Literasi Sebagai Dimensi Spiritual Melalui Kisah-Kisah Nabi Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Branta Pesisir. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 163-176.
Rajab. (2019). Implementasi Program Shalat Dhuha Dan Shalat Zuhur Berjamaah Dalam Pembentukan Akhlak Siswa (Studi Pada Sekolah Sd Al Hira Permata Nadiah Medan). Ansiru Pai: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 3(2), 73–78.
Safi’i, I., Warni, S., & Yanti, P. G. (2019). Persepsi Guru Bahasa Indonesia Tentang Hubungan Antara Penerapan Full Day School Dengan Penguatan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 259–268.
Salju, S. N. H. (2020). Pemberian Kuis dan Media Presentasi PengaruhnyaTerhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).
Saputra, M. A. (2016). Penanaman nilai-nilai agama pada anak usia dini di RA DDI Addariyah Kota Palopo. Al-Qalam, 20(2), 197-210.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Wati, D. C., & Arif, D. B. (2017). Penanaman nilai-nilai religius di sekolah dasar untuk penguatan jiwa profetik siswa. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III p-ISSN, 2598, 5973.
Zakariya, D. M. (2021). Implementasi Program Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Dalam Pembinaan Cinta Al-Qur’an Oleh Siswa Di SMP Muhammadiyah 15 Lamongan. TADARUS, 10(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.