Media Replika Peredaran Darah (Repperda) dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Problem Based Learning Terintegrasi Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM)

Musriyenti Musriyenti, Sriyanto Sriyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning Terintegrasi Science, Teknology, Engineering, and Mathematic s(STEM) melalui media Replika peredaran darah (Repperda) Terhadap Prestasi Belajar IPA Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Pliken. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian One Pretest-Posttest Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari kelas VA dan kelas VB. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan kelas VA sebagai kelas  Eksperimen yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes yaitu tes pretes dan tes posttes. Berdasarkan pengujian SPSS Versi 22 menunjukkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 yang berarti nilai sig.(2-tailed) < 0.025, artinya Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya ada pengaruh model PBL Terpadu STEM melalui media Repperda terhadap prestasi belajar IPA Kelas V di Sekolah Dasar.


Keywords


PBL; STEM; Media Pembelajaran Repperda; Prestasi Belajar

References


Abduloh. (2019). Peningkatan dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik. Uwais Inspirasi Indonesia.

Amahudin, L. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Penerapan dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar (Tri Hidayati (ed.)). Pascal Books.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, Pp. 586-595)., 2(1), 586–595.

Hadi, S. (2019). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). The Language of Science Education, 108–108. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_97

Ishak, I. H. (2021). Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima di Kabupaten Baru. Pinisi Journal Of Education, 1(2), 132–143.

Manu, G. A. (2019). Scan QR Code untuk Mengenal Benda-Benda Bersejarah di Museum. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 2(1), 15–19. https://doi.org/10.37792/jukanti.v2i1.19

Mu’Minah, I. H., & Aripin, I. (2019). Implementasi Stem Dalam Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(2012), 1496. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/219

Naura, S., Nurdianti, D., & Maulana, S. (2022). Telaah pengintegrasian STEAM pada model problem based learning terhadap adversity quotient siswa dalam pembelajaran matematika. PRISMA, Prosiding Seminar …, 5, 598–605.

Nur Ngaeni, E. (2017). Menciptakan Pembelajaran Matematika Yang Efektif Dalam pemecahan Masalah Matematika Dengan Model Pembelajaran Problem Posing. 6(2), 27–57.

Purwanta, Hieronymus; Novianto Victor; Sriyanto, S. (2019). Variabel-Variabel Esensial Penelitian pendidikan Pembelajaran. UNS Press.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Sofyan, H. (2017). Problem Based Learning Dalam Kurikulum 2013. UNY Press.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV.Alvabeta.

Sukmana, R. W. (2017). Pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM ) Sebagai Alternatif Salam mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, II, 191–199.

Tarihoran, E. (2019). Guru dalam pengajaran abad 21. Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 46–58. blob:http://e-journal.stp-ipi.ac.id/393f7271-9934-4891-ab16-b6f5cf42a9a7

Usa, S. La, & Pratiwi, K. R. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kreativitas Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pecahan Di Kelas V SD Negeri Karing-Karing. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(2), 171–177. https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/441%0Ahttps://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/download/441/353


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v4i2.17726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660