Peran Literasi Numerik Bernuansa Etnomatematika pada Sekolah Berbasis Pesantren di Kota Tangerang

Desi Setiyadi, Muhammad Fauzan Muttaqin

Abstract


Sekolah berbasis pesantren merupakan salah satu bentuk pendidikan dasar yang memiliki karakteristik khusus di Indonesia. Sekolah berbasis pesantren tidak hanya memberikan pendidikan agama, tetapi juga pendidikan umum, termasuk literasi numerik. Tujuan penelitian mendeskripsikan peran dari literasi numerik bernuansa etnomatematika pada sekolah berbasis pesantren di Kota Tangerang. Penelitian menggunakan jenis kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara serta sumber-sumber data penelitian sebelumnya yang relevan. Subjek penelitian sebanyak 3 buah sekolah berbasis pesantren di Kota Tangerang. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjuukan 1) Mengaitkan matematika dengan konteks budaya yang dekat dengan siswa dengan penggunaan ondel-ondel, 2) melestarikan budaya dan tradisi, dalam hal ini etnomatematika memungkinkan pesantren untuk mempertahankan dan melestarikan budaya dan tradisi Islam dalam pengajaran matematika 3) relevansi dalam kehidupan sehari-hari, maka literasi numerik bernuansa etnomatematika membuat matematika lebih relevan dalam kehidupan sehari-hari siswa pesantren 4) mengembangkan keterampilan problem pemecahan masalah, oleh karena itu etnomatematika mendorong siswa untuk memecahkan masalah matematika dengan pendekatan yang sesuai dengan konteks budaya siswa pesantren. 5) menghormati keanekaragamanan, pesantren memiliki siswa dengan latar belakang budaya yang beragam dengan literasi numerik bernuansa etnomatematika menghormati keanekaragaman ini dengan memungkinkan siswa untuk membawa pengalaman siswa ke dalam pembelajaran matematika, 6) membangun kepahaman yang lebih dalam, menggunakan konteks budaya dalam pengajaran matematika dapat membantu siswa memahami konsep-konsep matematika dengan lebih dalam karena mereka dapat melihat relevansi dan aplikasi praktisnya.


Keywords


Literasi Numerik; Etnomatematika; Sekolah Berbasis Pesantren

References


Abroriy, D. (2020). Etnomatematika dalam perspektif budaya Madura. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(3), 182-192.

Adiyono, A., Julaiha, J., & Jumrah, S. (2023). Perubahan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Paser. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), 33-60.

Akmaliyah, L., Zulfa, Z. J., & Rochmawati, N. (2021). Pergeseran Makna Mitos Nilai Spiritual Kebudayaan Ondel-Ondel Pada Kepercayaan Masyarakat Betawi Zaman Dahulu Dan Zaman Sekarang. Lisan Al-Hal: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 15(1), 97-121.

Al Jumadi, N. Z. (2022). Implementasi Pembelajaran Agama Islam Multiliterasi dalam Kurikulum Berbasis Riset Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 107-126.

Anggraeni, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 8(1), 84-90.

Anita, A., Hasan, M., Warisno, A., Anshori, M. A., & Andari, A. A. (2022). Pesantren, Kepemimpinan Kiai, dan Ajaran Tarekat sebagai Potret Dinamika Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 509-524.

Asiani, R. W. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa Tadris Matematika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Linear Elementer Materi Matriks. Baitul'Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 5(2), 99-117.

Awaliah, N. P., Angraini, L. M., & Muhammad, I. (2023). Tren Penelitian Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika: A Bibliometric Review. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 9(1), 43-62.

Baiduri, B. (2019). Strategi literasi dalam pembelajaran matematika pada era industri 4.0. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 77-94.

Dedi, M., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2021). Bahasa Matematis dalam Penentuan Waktu Siang-Malam menurut Tradisi Sunda. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 263-274.

Desryanto, M. E. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Trigonometri Berbasis Tpack (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Journal on Education, 6(1), 4978-4987.

Deviana, D., Hartoyo, A., & Siregar, N. (2023). Eksplorasi Konsep Matematika Produk Anyaman Pada Kebudayaan Suku Dayak Pantu Seratus di Kabupaten Landak. Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.

Fahmi, J. N. (2023). Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Jaring-Jaring Timbul Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5144-5156.

Holil, M., Nada, Z., Shaleh, M., Muis, A., & Ruzakki, H. (2023). Inovasi Pembelajaran Di Pondok Pesantren Di Era Globalisasi. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 7(2), 189-199.

Ihtiara, A., Wulandari, C., Fitriyah, D. E. N., Hishom, M. R., & Kholil, M. (2023). Strategi Infusi Dalam Pembelajaran Matematika Materi Operasi Bilangan Bulat. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal), 9(1), 46-53.

Indainanto, Y. I., & Nasution, F. A. (2020). Representasi di Media Sosial Sebagai Pembentuk Identitas Budaya Populer. SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, 14(1), 12-22.

Kania, N., & Arifin, Z. (2020). Aplikasi Macromedia flash untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 96-109.

Kurdi, M. S. (2021). Dampak Globalisasi pada Konten dan Mata Pelajaran Pada Kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah: Tantangan Dan Peluang. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 1(4), 32-59.

Kurniawan, A. P., Budiarto, M. T., & Ekawati, R. (2022). Pengembangan soal numerasi berbasis konteks nilai budaya primbon Jawa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 7(1), 20-34.

Nardo, E., Ningsih, N., & Mei, M. F. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Adat Mbaru Gendang Di Desa Wae Ajang Kecamatan Satarmese Kabupaten Manggarai. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 36-42.

Nasution, F., Sartika, M., Nanda, M. F. D., & Nazhira, A. D. (2023). Keragaman Sosiokultural Masyarakat. Lokakarya Journal of Research and Education Studies, 2(1), 71-76.

Nurjannah, N., & Setiyadi, D. (2022). Peningkatkan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan. JISPE Journal of Islamic Primary Education, 3(2), 67-78.

Rohmah, A., Rosita, M. D., Fatimah, E. R., & Wahyuni, I. (2023). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii smp dalam menyelesaikan soal cerita materi segitiga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 175-184.

Sari, T. Y., Kurnia, H., Khasanah, I. L., & Ningtyas, D. N. (2022). Membangun Identitas Lokal Dalam Era Globalisasi Untuk Melestarikan Budaya dan Tradisi Yang Terancam Punah. Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 2(2), 76-84.

Setiyadi, D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. JISPE Journal of Islamic Primary Education, 1(1), 1-10.

Setiyadi, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Bernuansa Etnomatematika dengan Permainan Tradisional Banyumas pada Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah, 9(1), 30-38.

Setiyadi, D., Aviari, B. A., & Berliana, E. (2022). Uang Koin dan Kertas Mainan Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kontekstual pada Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(2), 67-73.

Setiyadi, D., Fortuna, D., & Ramadhan, A. B. (2022). Pemanfaatan Video Kreatif dan Media Sosial Youtube sebagai Media Pembelajaran Matematika Kelas Tinggi. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 31-42.

Setiyadi, D., Munjaji, I., & Naimah, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Bernuansa Etnomatematika Pada Tingkat Sekolah Dasar Dengan Satuan Hitung Tidak Baku Khas Banyumas. JURNAL EDUSCIENCE, 9(1), 227-234.

Setiyadi, D., Rohyana, H., & Muttaqin, M. F. (2022). Media Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 4(1), 62-70.

Susetyawati, M. E., & Kintoko, K. (2023). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Di Sd Inklusi. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 8(1), 195-203.

Tumangger, W. R. (2023). Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Renderforest untuk Mendorong Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren, 2(02), 70-79.

Yusuf, M. Y. M. (2023). Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren Buntet. JIECO: Journal of Islamic Education Counseling, 3(1), 66-75.

Zakaria, F., Mulyana, D., Rachmawati, T. S., Khadijah, U. L. S., Gemiharto, I., & Hafiar, H. (2022). Perubahan Pola Komunikasi dalam Proses Pembelajaran di Pondok Pesantren pada Masa Pandemi Covid-19. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(2), 72-84.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v5i1.21449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660