IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ENTERPRENEUSHIP MELALUI PROGRAM MARKET DAY SEKOLAH DASAR

IMPLEMENTATION OF ENTREPRENEURSHIP EDUCATION THROUGH MARKET DAY PROGRAM ELEMENTARY SCHOOLS

Authors

  • Dea Aulia Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Esa Nur Khotami Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Putih Silva Arum Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.30595/jrpd.v6i1.24708

Keywords:

kewirausahaa, program market day, sekolah dasar

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mengangkat tema implementasi pendidikan kewirausahaan melalui program Market Day di sekolah dasar, dengan fokus pada pengembangan jiwa kewirausahaan siswa. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa kegiatan Market Day dapat meningkatkan keterampilan kewirausahaan dan soft skills siswa, seperti kreativitas dan kerja sama tim. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif studi kasus, melibatkan wawancara dengan siswa dan guru, serta dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Market Day memberikan pengalaman praktis yang signifikan bagi siswa dalam perencanaan, produksi, dan pemasaran produk. Siswa mengalami peningkatan rasa percaya diri dan kemampuan berkomunikasi, serta memahami konsep dasar kewirausahaan. Kegiatan ini juga memperkuat hubungan antara sekolah dan masyarakat, menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif. Dengan demikian, program Market Day terbukti efektif dalam menanamkan nilai-nilai kewirausahaan dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan ekonomi di masa depan.

Kata kunci: kewirausahaa, program market day, sekolah dasar

References

DAFTAR PUSTAKA

Afandi, M. (2021). Implementasi Pendidikan Kewirausahaan (Entrepreneurship) di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 51. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2671

Alwy*, M., * E., Rahman, N., & Nasruddin, N. (2024). Penanaman Nilai Kewirausahaan Melalui Kegiatan Market Day di UPT SPF SD Inpres Perumas Makassar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(1), 29–37. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i1.29080

Arifin, S. F. A., Rochmah, N., & Septiani, N. R. (2023). Implementasi Nilai Kewirausahaan Siswa Sekolah Dasar Melalui Market Day Pada Era Industri 4.0 (Studi Kasus SDN Pepe Sedati dan MI Darul Hikam Waru). Al-Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 21 Nomor 2, 836–852.

Ayuningtyas, C. E., & Hidayah, N. (2022). Pengembangan Panduan Market Day bagi Anak SD Sebagai Internalisasi Jiwa Kewirausahaan. Journal of Food and Culinary, 5(2), 66–75. https://doi.org/10.12928/jfc.v5i2.6881

Dan, K., Kewirausahaan, J., Di, S., Ujungrusi, S. D. N., Astuti, R. I., & Fujiyati, I. (2024). 1 , 1,2. 09(September).

Didik, P. (2023). 1 , 2 , 3 123. 08.

Dwinata, A., Asmarani, R., Sarumaha, M. S., Hikmah, N., & Pratiwi, E. Y. R. (2023). Program Market Day Sebagai Sarana Pembinaan Karakter Kewirausahaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2536–2544. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.6022

Fara, A., Rizq, A., Putri, B. P., Wahyunindya, T., & Ari, S. (2024). IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR MELALUI FESTIVAL NUMERALI DAN MARKET DAY DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PATEMON. 03(02), 387–393. https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v3i2.179

Febriyanti, F., Mulyadiprana, A., & Nugraha, A. (2021). Analisis Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Kewirausahaan “Market Day” di SD IT Abu Bakar Ash-Shiddiq. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 231–240. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i1.32926

Guru, P., Ibtidaiyah, M., Samadi, M. R., Hermansyah, Y., & Nurishlah, L. (2023). Jurnal murabbi. 2, 126–130.

Hasan, M. (2023). Nilai-Nilai Kewirausahaan Sebagai Kecakapan Hidup. 6356, 397–404.

Kurniawan, M. I., Putri, N., & ... (2023). Pendidikan dasar kewirausahaan melalui pemanfaatan limbah kulit jagung di SDN Sumberbendo II. Jurnal Pengabdian …, 1(2), 1–7. https://mand-ycmm.org/index.php/jpmm/article/view/452

Lasmiatun, K., Wijayanti, S. N., Afriani, Y., Riatmaja, D. S., Triansyah, F. A., & Gani, I. P. (2023). Membangun Jiwa Wirausaha Siswa Melalui Kegiatan Jual Beli (Analisis Kegiatan Market Day). Jurnal on Education, 06(01), 5598–5604. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8970/6530

Qotimah, K., Sholeh, M., Claudia, D. M., & Anam, H. (2024). Pelatihan Berwirausaha Peserta Didik Melalui Kegiatan Bazar Di Sekolah Dasar Islam Terpadu. 6(1), 53–59. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1436

Rukmana, T., Munastiwi, E., Puspitaloka, V. A., Mustika, N., & Khoirunni’mah, K. (2023). Menanamkan Nilai-Nilai Kewirausahaan melalui Kegiatan Market Day. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 416–426. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2781

Siswa, K., & Tk, D. I. (2023). Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora Volume 2 Nomor 3 (2023) 10429. 2(3), 10429–10433.

Siswa, P., Kegiatan, M., Di, K., Putri, T. R., Hendrick, Z. T., Lalita, A. C., Maulida, N., Marini, A., Pendidikan, P., Sekolah, G., & Pendidikan, F. I. (2023). No Title. 3(1), 107–114.

Susilo, C. Z., Hasyim, U., Jombang, T., Rochmania, D. D., Hasyim, U., & Jombang, T. (2024). Pelatihan “ Market Day ” bagi Peserta Didik dalam Upaya Menumbuhkan Jiwa Wirausaha di SDN Diwek 1 Jombang. 4, 28–33.

Teaching, T., Programs, L., Buying, A., Maulana, H., Hikmala, D., Puteri, S., Pertiwi, J. A. J. S., Salim, M. N., Azka, S. L., Oktaviani, A. W., & Education, E. (2023). Menanamkan Jiwa Entrepreneurship Sejak Dini kepada Murid Sekolah Dasar Melalui Program Belajar Mengajar Mengenai Jual Beli dan Promosi. 1(2), 89–99.

Utami, C. P., Ningsih, W. L., & Dari, W. (2024). Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan. 12(2), 371–382.


Downloads

Published

2025-03-22