IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ENTERPRENEUSHIP MELALUI PROGRAM MARKET DAY SEKOLAH DASAR
IMPLEMENTATION OF ENTREPRENEURSHIP EDUCATION THROUGH MARKET DAY PROGRAM ELEMENTARY SCHOOLS
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v6i1.24708Keywords:
kewirausahaa, program market day, sekolah dasarAbstract
Abstrak
Penelitian ini mengangkat tema implementasi pendidikan kewirausahaan melalui program Market Day di sekolah dasar, dengan fokus pada pengembangan jiwa kewirausahaan siswa. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa kegiatan Market Day dapat meningkatkan keterampilan kewirausahaan dan soft skills siswa, seperti kreativitas dan kerja sama tim. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif studi kasus, melibatkan wawancara dengan siswa dan guru, serta dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Market Day memberikan pengalaman praktis yang signifikan bagi siswa dalam perencanaan, produksi, dan pemasaran produk. Siswa mengalami peningkatan rasa percaya diri dan kemampuan berkomunikasi, serta memahami konsep dasar kewirausahaan. Kegiatan ini juga memperkuat hubungan antara sekolah dan masyarakat, menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif. Dengan demikian, program Market Day terbukti efektif dalam menanamkan nilai-nilai kewirausahaan dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan ekonomi di masa depan.
Kata kunci: kewirausahaa, program market day, sekolah dasar
References
DAFTAR PUSTAKA
Afandi, M. (2021). Implementasi Pendidikan Kewirausahaan (Entrepreneurship) di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 51. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2671
Alwy*, M., * E., Rahman, N., & Nasruddin, N. (2024). Penanaman Nilai Kewirausahaan Melalui Kegiatan Market Day di UPT SPF SD Inpres Perumas Makassar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(1), 29–37. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i1.29080
Arifin, S. F. A., Rochmah, N., & Septiani, N. R. (2023). Implementasi Nilai Kewirausahaan Siswa Sekolah Dasar Melalui Market Day Pada Era Industri 4.0 (Studi Kasus SDN Pepe Sedati dan MI Darul Hikam Waru). Al-Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 21 Nomor 2, 836–852.
Ayuningtyas, C. E., & Hidayah, N. (2022). Pengembangan Panduan Market Day bagi Anak SD Sebagai Internalisasi Jiwa Kewirausahaan. Journal of Food and Culinary, 5(2), 66–75. https://doi.org/10.12928/jfc.v5i2.6881
Dan, K., Kewirausahaan, J., Di, S., Ujungrusi, S. D. N., Astuti, R. I., & Fujiyati, I. (2024). 1 , 1,2. 09(September).
Didik, P. (2023). 1 , 2 , 3 123. 08.
Dwinata, A., Asmarani, R., Sarumaha, M. S., Hikmah, N., & Pratiwi, E. Y. R. (2023). Program Market Day Sebagai Sarana Pembinaan Karakter Kewirausahaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2536–2544. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.6022
Fara, A., Rizq, A., Putri, B. P., Wahyunindya, T., & Ari, S. (2024). IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR MELALUI FESTIVAL NUMERALI DAN MARKET DAY DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PATEMON. 03(02), 387–393. https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v3i2.179
Febriyanti, F., Mulyadiprana, A., & Nugraha, A. (2021). Analisis Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Kewirausahaan “Market Day” di SD IT Abu Bakar Ash-Shiddiq. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 231–240. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i1.32926
Guru, P., Ibtidaiyah, M., Samadi, M. R., Hermansyah, Y., & Nurishlah, L. (2023). Jurnal murabbi. 2, 126–130.
Hasan, M. (2023). Nilai-Nilai Kewirausahaan Sebagai Kecakapan Hidup. 6356, 397–404.
Kurniawan, M. I., Putri, N., & ... (2023). Pendidikan dasar kewirausahaan melalui pemanfaatan limbah kulit jagung di SDN Sumberbendo II. Jurnal Pengabdian …, 1(2), 1–7. https://mand-ycmm.org/index.php/jpmm/article/view/452
Lasmiatun, K., Wijayanti, S. N., Afriani, Y., Riatmaja, D. S., Triansyah, F. A., & Gani, I. P. (2023). Membangun Jiwa Wirausaha Siswa Melalui Kegiatan Jual Beli (Analisis Kegiatan Market Day). Jurnal on Education, 06(01), 5598–5604. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8970/6530
Qotimah, K., Sholeh, M., Claudia, D. M., & Anam, H. (2024). Pelatihan Berwirausaha Peserta Didik Melalui Kegiatan Bazar Di Sekolah Dasar Islam Terpadu. 6(1), 53–59. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i1.1436
Rukmana, T., Munastiwi, E., Puspitaloka, V. A., Mustika, N., & Khoirunni’mah, K. (2023). Menanamkan Nilai-Nilai Kewirausahaan melalui Kegiatan Market Day. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 416–426. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2781
Siswa, K., & Tk, D. I. (2023). Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora Volume 2 Nomor 3 (2023) 10429. 2(3), 10429–10433.
Siswa, P., Kegiatan, M., Di, K., Putri, T. R., Hendrick, Z. T., Lalita, A. C., Maulida, N., Marini, A., Pendidikan, P., Sekolah, G., & Pendidikan, F. I. (2023). No Title. 3(1), 107–114.
Susilo, C. Z., Hasyim, U., Jombang, T., Rochmania, D. D., Hasyim, U., & Jombang, T. (2024). Pelatihan “ Market Day ” bagi Peserta Didik dalam Upaya Menumbuhkan Jiwa Wirausaha di SDN Diwek 1 Jombang. 4, 28–33.
Teaching, T., Programs, L., Buying, A., Maulana, H., Hikmala, D., Puteri, S., Pertiwi, J. A. J. S., Salim, M. N., Azka, S. L., Oktaviani, A. W., & Education, E. (2023). Menanamkan Jiwa Entrepreneurship Sejak Dini kepada Murid Sekolah Dasar Melalui Program Belajar Mengajar Mengenai Jual Beli dan Promosi. 1(2), 89–99.
Utami, C. P., Ningsih, W. L., & Dari, W. (2024). Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan. 12(2), 371–382.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.