ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK KELAS RENDAH
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v6i1.25422Keywords:
Faktor penyebab, Kesulitan Membaca, Kelas Rendah Sekolah Dasar.Abstract
Memahami faktor-faktor kesulitan membaca penting untuk merancang strategi yang tepat dalam mendukung perkembangan membaca siswa. Keberhasilan serta ketepatan membaca merupakan fase tahap pertama yang berpengaruuh besar pada kamjuan kemampuan membaca berikutnya. Kesulitan membaca merupakan kendala yang sering dijalani oleh peserta didik di jenjang pendidikan dasar, dan dapat memperngaruhi perkembangan akademik mereka. Penelitian dilakukan untuk menganalisis faktor apa saja yang berperan terhadap kesulitan membaca pada peserta didik kelas rendah sekolah dasar. Penelitian dilakukan dengan pendekatann kualitatif dengan metodi sstudi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh yang menyebabkan kesulitan membaca pada siswa kelas rendah dibagi menjadi dua faktor, yaitu faktoor internal seperti kemampuan kognitif dan gangguan bahasa, serta faktor eksternal seperti contoh siswa kurang mendapatkan dukungan dari kudua orang tuanya dan keterbatasan fasilitas belajar. Penelitian ini di harapkan bisa menyediakan pengetahuan bagi pendidik dan pihak terkait dalam merancang intervensi yang lebih baik untuk dapat mengembangkan kemampuas membaca para siswa.
References
Aflah Husnaini Matondang, Bintang Mahrani Abdullah, Friska Widia, Novia Ramadani, dan Windi Melisa, “Analisis Kesulitan Membaca di Kelas Rendah,” Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, vol. 1, no. 3, hlm. 82–91, Jun 2023, doi: 10.59024/bhinneka.v1i3.184.
Destianingsih Dwi Erwina. (2023). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA-TULIS SISWA KELAS 3 DI SDN UTAN KAYU SELATAN 05. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8.
E. Agustina dan S. Rachmania, “Sistem-Among: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kesulitan Membaca Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar Negeri Wangiwisata,” 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://journal.actual-insight.com/index.php/sistem-among
G. J. T dan W. A, Egagement and motivation in reading, 2000.
G. R. Lyon, S. E. Shaywitz dan B. Shaywitz, A Definition of Dyslexia, 2003.
Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774
K. Kunci, M. Permulaan ABSTRAK, dan M. Yusnan, “IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR”.
Koswara Deden. (2013). Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Berkesulitan Belajae Spesifik. Luxima Metro Media.
M. Chang, dalam Children's reading abilities and reading comprehension, 2004.
M. J. Snowling, Early identification and interventions for dyslexia: a contemporary view, 2013.
Maghfiroh Fitriyani, Atus Hani, & Sofyan Ali Fuaddillah. (2019). UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 5(1). http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/
Masitoh, Kartini Hikmah Nurul, & Jailani M. (2023). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. HOLISTIKA Jurnal Ilmiah PGSD.
N. Hikmah Kartini, M. Jailani, P. Guru Sekolah Dasar, F. Keguruan Ilmu Pendidikan, U. Muhammadiyah Palangkaraya, dan J. RTA Milono km, “ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA.”
N. Rafika, U. Pgri, dan M. M. Kartikasari, “Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar,” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, vol. 2, hlm. 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Nani, & Hendriana Cinda Evinna. (2019). Analisis Kesulitan BelajarPada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 12 Singakawang. Journal Of Educational Review and Research, 2.
P. M, Reading Intruction that works, 2006.
Pramesti, F. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 283–289.
R. Liansyah dkk., “Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri 81 Palembang.”
R. Ryan dan D. E. L, Self-determition theory and the facilitation of intrinsic motivation, 2000.
R. Septiana Soleha, E. Enawar, D. Fadhillah, dan S. Sumiyani, “ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR,” Berajah Journal, vol. 2, no. 1, hlm. 58–62, Nov 2021, doi: 10.47353/bj.v2i1.50.
W. F dan G. J. T, “The role of parental involvement in student's reading development,” 2006.
W. Sudiarta, “PENGARUH METODE JOLLY PHONICS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK KELOMPOK B TK MAHARDIKA DENPASAR.”
Yusnan Muhammad, Muslim, & Kamasiah. (2023). IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 7.
Downloads
Published
Versions
- 2025-03-22 (2)
- 2025-03-22 (1)
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.