This is an outdated version published on 2025-03-22. Read the most recent version.

ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK KELAS RENDAH

Authors

  • Muhammad Sudharsono
  • Siti Salma Azzahra
  • Febi Nurul Khasanah
  • Sur Yanti
  • Torik Kaddafi

DOI:

https://doi.org/10.30595/jrpd.v6i1.25422

Keywords:

Faktor penyebab, Kesulitan Membaca, Kelas Rendah Sekolah Dasar.

Abstract

Memahami faktor-faktor kesulitan membaca penting untuk merancang strategi yang tepat dalam mendukung perkembangan membaca siswa. Keberhasilan serta ketepatan membaca merupakan fase tahap pertama yang berpengaruuh besar pada kamjuan kemampuan membaca berikutnya. Kesulitan membaca merupakan kendala yang sering dijalani oleh peserta didik di jenjang pendidikan dasar, dan dapat memperngaruhi perkembangan akademik mereka. Penelitian dilakukan untuk menganalisis faktor apa saja yang berperan terhadap kesulitan membaca pada peserta didik kelas rendah sekolah dasar. Penelitian dilakukan dengan pendekatann kualitatif dengan metodi sstudi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh yang menyebabkan kesulitan membaca pada siswa kelas rendah dibagi menjadi dua faktor, yaitu faktoor internal seperti kemampuan kognitif dan gangguan bahasa, serta faktor eksternal seperti contoh siswa kurang mendapatkan dukungan dari kudua orang tuanya dan keterbatasan fasilitas belajar. Penelitian ini di harapkan bisa menyediakan pengetahuan bagi pendidik dan pihak terkait dalam merancang intervensi yang lebih baik untuk dapat mengembangkan kemampuas membaca para siswa.

References

Aflah Husnaini Matondang, Bintang Mahrani Abdullah, Friska Widia, Novia Ramadani, dan Windi Melisa, “Analisis Kesulitan Membaca di Kelas Rendah,” Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, vol. 1, no. 3, hlm. 82–91, Jun 2023, doi: 10.59024/bhinneka.v1i3.184.

Destianingsih Dwi Erwina. (2023). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA-TULIS SISWA KELAS 3 DI SDN UTAN KAYU SELATAN 05. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8.

E. Agustina dan S. Rachmania, “Sistem-Among: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kesulitan Membaca Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar Negeri Wangiwisata,” 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://journal.actual-insight.com/index.php/sistem-among

G. J. T dan W. A, Egagement and motivation in reading, 2000.

G. R. Lyon, S. E. Shaywitz dan B. Shaywitz, A Definition of Dyslexia, 2003.

Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774

K. Kunci, M. Permulaan ABSTRAK, dan M. Yusnan, “IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR”.

Koswara Deden. (2013). Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Berkesulitan Belajae Spesifik. Luxima Metro Media.

M. Chang, dalam Children's reading abilities and reading comprehension, 2004.

M. J. Snowling, Early identification and interventions for dyslexia: a contemporary view, 2013.

Maghfiroh Fitriyani, Atus Hani, & Sofyan Ali Fuaddillah. (2019). UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 5(1). http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/

Masitoh, Kartini Hikmah Nurul, & Jailani M. (2023). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. HOLISTIKA Jurnal Ilmiah PGSD.

N. Hikmah Kartini, M. Jailani, P. Guru Sekolah Dasar, F. Keguruan Ilmu Pendidikan, U. Muhammadiyah Palangkaraya, dan J. RTA Milono km, “ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA.”

N. Rafika, U. Pgri, dan M. M. Kartikasari, “Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar,” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, vol. 2, hlm. 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Nani, & Hendriana Cinda Evinna. (2019). Analisis Kesulitan BelajarPada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 12 Singakawang. Journal Of Educational Review and Research, 2.

P. M, Reading Intruction that works, 2006.

Pramesti, F. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 283–289.

R. Liansyah dkk., “Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri 81 Palembang.”

R. Ryan dan D. E. L, Self-determition theory and the facilitation of intrinsic motivation, 2000.

R. Septiana Soleha, E. Enawar, D. Fadhillah, dan S. Sumiyani, “ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR,” Berajah Journal, vol. 2, no. 1, hlm. 58–62, Nov 2021, doi: 10.47353/bj.v2i1.50.

W. F dan G. J. T, “The role of parental involvement in student's reading development,” 2006.

W. Sudiarta, “PENGARUH METODE JOLLY PHONICS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK KELOMPOK B TK MAHARDIKA DENPASAR.”

Yusnan Muhammad, Muslim, & Kamasiah. (2023). IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 7.

Downloads

Published

2025-03-22

Versions