ANALISIS KELANCARAN MEMBACA SISWA KELAS 2-4 SEKOLAH DASAR BERDASARKAN FAKTOR DEMOGRAFIS

Authors

  • Sheilly Kusumaningtyas Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta
  • Nadya Susanti Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta
  • Dodiet Aditya Setyawan Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30595/jrpd.v6i1.26056

Keywords:

kelancaran membaca, WCPM, sekolah dasar, disleksia, perkembangan bahasa

Abstract

Penelitian ini membahas kelancaran membaca siswa kelas 2–4 di SD Negeri Surakarta. Kemampuan membaca yang lancar penting untuk perkembangan akademik dan dapat menjadi indikator awal gangguan belajar seperti disleksia. Studi ini menganalisis rata-rata kelancaran membaca serta faktor yang mempengaruhinya, seperti tingkat kelas, usia, jenis kelamin, pendidikan, dan pekerjaan orang tua. Dengan metode kuantitatif dan desain cross-sectional, penelitian ini melibatkan 319 siswa dari lima sekolah. Kelancaran membaca diukur menggunakan tes Words Correct Per Minute (WCPM), sementara data orang tua dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil menunjukkan skor WCPM meningkat sesuai tingkat kelas (66 di kelas 2, 81 di kelas 3, dan 122 di kelas 4). Siswa perempuan memiliki kelancaran lebih baik, dan anak dengan orang tua berpendidikan tinggi atau berprofesi profesional cenderung memperoleh skor lebih tinggi. Studi ini dapat menjadi referensi bagi pendidik untuk strategi pembelajaran dan intervensi dini.

Kata Kunci: kelancaran membaca, WCPM, sekolah dasar, disleksia, perkembangan bahasa.

References

Alvarez-Canizo, M., Cueva, E., Cuetos, F., dan Suarez-Coalla, P. (2020). Kelancaran membaca dan pemahaman membaca pada siswa sekolah menengah Spanyol. Psikotema , 32 (1), 75–83. https://doi.org/10.7334/psikotema2019.196

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Nurdini, D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1). https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.2849

Annisa, R., Fitra, R. R., & Wulandari, Z. F. (2025). Pengaruh Kebiasaan Membaca Pada Perkembangan Kognitif Anak Slow Learner di Sekolah Inklusi. 2(1), 206–210.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas (Edisi ke-4). Pustaka Pelajar. ISBN 978-602-229-113-8

Charisma, N., & Heldayani, E. (2022). Pengaruh karakteristik gender terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri 32 Palembang. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 257–268. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.661

Hasbrouck, BJ, & Tindal, G. (2017). Bagan Norma Kelancaran (Pembaruan 2017) .

Hidayat, A. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Siswa Membaca Lancar. Seminar Nasional Teknoligi Terapan Inovasi Dan Rekayasa (SNT2IR) 2019 Program Pendidikan Vokasi Universitas Halu Oleo, 4(3), 387–392. https://www.researchgate.net/publication/342419694

Kadarwati, I. (2019). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Kelas X SMAN 1 Sejangkung. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Makebo, TH, Bachore, MM, & Ayele, ZA (2022). Menyelidiki Korelasi Antara Kelancaran Membaca dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pengajaran dan Penelitian Bahasa , 13 (2), 229–242. https://doi.org/10.17507/jltr.1302.02

Muktiali, S., Edy, S., & Nenda, N. (2024). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Gemar Membaca terhadap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 499–509. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7142

Ningrum, W. R., & Abdullah, S. M. (2021). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Anak Usia Dini Melalui Aplikasi “Y.” Proceeding Prosiding Conference Of Elementary Studies, 390–402. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/7893

Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 306–319. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba

Paige, DD (2020). Kelancaran Membaca: Sejarah Singkat, Pentingnya Proses Pendukung, dan Peran Penilaian. Pengajuan Daring , 1–15. http://ezproxy.msu.edu/login?url=https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=ED607625&site=ehost-live&scope=site

Pratomo, H. T. A. (2022). Strategi intervensi gangguan bahasa perkembangan. Polkesta. ISBN 978-623-98729-3-9.

Riska Wulandari, & Dewi Tirtawati. (2022). Hubungan antara Reading Fluency dengan Prestasi Belajar pada Anak Kelas 1 SD di Kecamatan Nguntoronadi. Jurnal Terapi Wicara Dan Bahasa, 1(1), 93–104. https://doi.org/10.59686/jtwb.v1i1.24

Rubi Babullah. (2022). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran. 01(02), 131–152.

Sari, A. P. (2023). Peningkatan Kelancaran Membaca Nyaring: Studi Kasus Pada Siswa Dengan Permasalahan Kelancaran Membaca. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 6(1), 84–97. https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i1.10870

Setyawan, D. A. (2022). Buku Statistika Kesehatan Analisis Bivariat pada Hipotesis Kesehatan. In Tahta Media Group. https://www.researchgate.net/publication/362127493 Buku Ajar Statistika Kesehatan Analisis Bivariat pada Hipotesis Penelitian

Utami, N. E. S., & Yonanda, D. A. (2020). Hubungan Gender Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 2(Smyth 2015), 144–149. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/314

Wijayanti, T. I., & Utami, R. D. (2022). Mengembangkan Keterampilan Membaca dan Menulis Melalui Berbagai Metode dan Media Pembelajaran yang Bervariasi. Jurnal Basicedu, 6(3), 5104–5114. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3039

Downloads

Published

2025-03-22