PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA KELAS IV SDIT AL QONITA
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v6i1.26058Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya kelas IV SDIT Al Qonita melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV dengan jumlah 21 orang yang terdiri dari 9 siswa yang tuntas dan 12 siswa yang tidak tuntas pada hasil pretest. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain siklus yang dilaksanakan dalam dua siklus, di mana pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I, aktivitas guru tercatat 86% dan aktivitas siswa mencapai 69,1%, dengan persentase ketuntasan klasikal pada tes pilihan ganda yang masih belum memenuhi kriteria. Pada siklus II, terjadi peningkatan yang signifikan, di mana aktivitas guru dan siswa masing-masing mencapai 92%. Selain itu, ketuntasan klasikal pada siswa meningkat menjadi 85,7%, dengan 18 dari 21 siswa mencapai ketuntasan. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya, dan menyarankan agar model ini terus diterapkan dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa dalam pembelajaran berikutnya.
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Gaya.
References
Aisyah, S. (2020). Siti Aisah, 2020 ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MATERI GAYA DAN GERAK KELAS IV SEKOLAH DASAR Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu.
Artana, I. M. A., Dantes, N., & Lasmawan, I. W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Di Gugus VI Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2014/2015. e-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 1–12.
Ayu, F., Tri, I., Supriatin, A., Mahmudah, I., Info, A., & History, A. (2025). Rancang Bangun Media Waker ( Wayang Kerangka ) pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Rangka Manusia untuk Siswa SD / MI. 8, 1619–1625.
Fahrudin, F., Ansari, A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam [Conventional and Critical Creative Learning in the Perspective of Islamic Education]. Hikmah, 18(1), 64–80.
Lioba Nahak, R., & Rosalina Bulu, V. (2020). Jurnal Kependidikan : Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantu Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Roswita Lioba Nahak , Vera Rosalina Bulu Program Studi PGSD , Universitas Citra Bangsa Corresponding Author. 6(2), 230–237. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2369
Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333
Marzuki M, & Dodo Santo Boroneo. (2023). Pengaruh Model PembelajaranInkuiri TerbimbingTerhadapAktivitas Dan Hasil Belajar SiswaPada Materi Ciri-Ciri Makhluk HidupKelas Vii Smpn 1 Ambalau. Jurnal Riview Pendidikan dan Pengajaran (Jrpp), 6(2)(2), 356–365.
Nurazizah, K. F., & Wuryandani, W. (2019). Pengaruh model kooperatif tipe think pair share terhadap kerjasama siswa. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 16(1), 80–88. https://doi.org/10.21831/jc.v16i1.21520
Prasanti, E. N. (2022). Analisis kesulitan siswa dalam pemahaman konsep ipa di kelas IV sdn karangrejo 1. 184.
Ramadhan, F. A. (2021). Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran IPA di Pendidikan Sekolah Dasar. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(2), 56–66. https://doi.org/10.35719/vektor.v2i2.35
Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA (Forming the Character of Caring for the Environment in Elementary School Students through Science Learning). Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(1), 207–212.
Sarifah, F., & Nurita, T. (2023). Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi. Pendidikan Sains, 11(1), 22–31. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/46474
Shiddiq, S., Septiana, N., Syar, N. I., & Annovasho, J. (2022). Hasil Belajar Peserta Didik dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Materi Usaha. Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan (JPSP), 2(2), 168–174. https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i2.4169
Sulistyowati, S., Mahmudah, I., Syabrina, M., Syar, N. I., Rahmad, R., & Wahid, A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Pada MataPelajaran Ipas Kelas Iv Di Mi/Sd. Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam, 7(1), 35–52. https://ejournal.stainupwr.ac.id/
Sumarni, S., Santoso, B. B., & Suparman, A. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 59. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.17
Suprayitno, A. (2020). Menyusun PTK Era 4.0. Deepublish.
Tangalayuk, K. Y., Yunus, S. R., & Samputri, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Viii. Jurnal IPA Terpadu, 7(3), 410. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i3.36349
Tapanuli, P., Hal, S., Wahyuni, S., Nasution, R., Pd, S., & Pd, M. (2018). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Fisika. 3(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.85
Wiyoko, T., & Astuti, N. (2020). PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR Tri Wiyoko Nidar Astuti. Jurnal Pendidikan, 5(1), 68–76.
Yasmini, N. M. (2022). Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Journal of Education Action Research, 6(1), 73. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44013
Downloads
Published
Versions
- 2025-03-22 (3)
- 2025-03-22 (2)
- 2025-03-22 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.