STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP SIKLUS MAKHLUK HIDUP

Authors

  • Kristianti Tey Universitas Cenderawasih
  • Aisyah Ali Universitas Cebderawasih
  • Tiffany Shahnaz Rusli Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.30595/jrpd.v6i1.26158

Keywords:

, Puzzle Media, Learning Outcomes, Life Cycle, Science Education

Abstract

Abstrak.

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran berbasis puzzle dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang siklus hidup. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas 3C SD Negeri Inpres Yotefa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi keaktifan siswa dan wawancara dengan guru. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman siswa. Pada pra-siklus, hanya 40% siswa yang mencapai KKM (≥75). Setelah dilakukan intervensi pada siklus 1, persentase ketuntasan meningkat menjadi 57,2%, dan pada siklus 2 meningkat lagi menjadi 60,7%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis puzzle membantu siswa memahami konsep siklus makhluk hidup dengan baik dibandingkan metode konvensional. Studi ini memberikan implikasi bahwa media puzzle dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran sains di sekolah dasar, terutama untuk materi yang bersifat konseptual.

Kata Kunci: Media Puzzle, Hasil Belajar, Siklus Hidup, Pendidikan Sains.

References

Ali A, Apriyanto, Titik Haryanti, & Hidayah. (2024). METODE PEMBELAJARAN INOVATIF (Mengembangkan Teknik Mengajar di Abad 21). www.buku.sonpedia.com

Ali, A., Bektiarso, S., Fransje Walukow, A., & Narulita, E. (2025). Ethnoscience-Based Learning in Elementary Schools: A Systematic Literature Review. 20, 209–216. https://doi.org/10.5281/twist.10049652#374

Ali, A., Bektiarso, S., Walukow, A. F., & Narulita, E. (2024). Building Inclusive Learning Communities in Multicultural Classrooms: The Role of the CTL Model in Learning Interpersonal Skills. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 5(4), 568–583. https://doi.org/10.31538/tijie.v5i4.1172

Ali, A., Bektiarso, S., Walukow, A. F., & Narulita, E. (2024). Building Inclusive Learning Communities in Multicultural Classrooms: The Role of the CTL Model in Learning Interpersonal Skills. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 5(4), 568–583. https://doi.org/10.31538/tijie.v5i4.1172

Apdoludin, Fina Hiasa, Siska Marlina, Liza Husnita, Ria Ristiani, Nurbaya, . . . (2024) Pujiadi, Strategi Pembelajaran Inovatif Pendidik Mempersipakan Masa Depan (hal. 2-3). Majalengka Jawa Barat: CV. Edupedia Publisher.

Andani, T. (2022). Analisis validasi media pembelajaran e-book berbasis flip pdf professional pada materi gelombang bunyi di sma. Jurnal Kumparan Fisika, 4(3), 213-220. https://doi.org/10.33369/jkf.4.3.213-220

Anggraeni, S., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis video untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313-5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636

Azizah, S. (2021). Media pembelajaran dalam perspektif al-qur’an dan al-hadits. Jurnal Literasiologi, 6(1). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v6i1.242

Anggraeni, S., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis video untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313-5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636

Damayanti, D. and Nuzuli, A. (2023). Evaluasi efektivitas penggunaan teknologi komunikasi dalam pengajaran metode pendidikan tradisional di sekolah dasar. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 208-219. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i1.130

Fauzan, F. (2020). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran interaktif di tengah dampak penyakit virus corona 19 bagi pengajar. Jurnal Borneo Akcaya, 6(1), 93-102. https://doi.org/10.51266/borneoakcaya.v6i1.159

Handayani, D. and Rahayu, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan ispring dan apk builder untuk pembelajaran matematika kelas x materi proyeksi vektor. Mathline Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 12-25. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.126

Hapsari, D. and Fahmi, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada operasi pada matriks. Fibonacci Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 51. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.51-60

Kurniasih, S., Darwan, D., & Muchyidin, A. (2020). Menumbuhkan kemandirian belajar matematika siswa melalui mobile learning berbasis android. Jems Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(2), 140. https://doi.org/10.25273/jems.v8i2.7041

Mardhiyah, R., Aldriani, S., Chitta, F., & Zulfikar, M. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Mubarok, I. (2022). Media audiovisual pada pembelajaran ipa tema peduli terhadap makhluk hidup siswa kelas iv sekolah dasar. Edukasiana Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 208-218. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i4.200

Nabighoh, W., Mustaji, M., & Hendratno, H. (2022). Meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia dini melalui media interaktif puzzle angka. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3410-3417. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2410

Nabighoh, W., Mustaji, M., & Hendratno, H. (2022). Meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia dini melalui media interaktif puzzle angka. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3410-3417. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2410

Pasaribu, F., Gustiningsi, T., Syafmen, W., Theis, R., Nusantara, D., & Sainuddin, S. (2024). Pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis ar untuk guru smp di kota jambi. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(4), 1588-1596. https://doi.org/10.53769/jai.v4i4.1061

Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi kerajaan hindu budha di indonesia. Didaktis Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2). https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772

Sulistiawati, E. and Abidin, J. (2024). Strategi penggunaan multimedia pada pembelajaran pendidikan agama islam tingkat sekolah dasar. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 11(1), 31-42. https://doi.org/10.31102/alulum.11.1.2024.31-42

Wahyu, S. (2022). Penerapan metode game development life cycle pada pengembangan aplikasi game pembelajaran budi pekerti. Skanika Sistem Komputer Dan Teknik Informatika, 5(1), 82-91. https://doi.org/10.36080/skanika.v5i1.2904

Zahwa, F. and Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61-78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963

Downloads

Published

2025-03-22