STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP SIKLUS MAKHLUK HIDUP
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v6i1.26158Keywords:
, Puzzle Media, Learning Outcomes, Life Cycle, Science EducationAbstract
Abstrak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran berbasis puzzle dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang siklus hidup. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas 3C SD Negeri Inpres Yotefa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi keaktifan siswa dan wawancara dengan guru. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman siswa. Pada pra-siklus, hanya 40% siswa yang mencapai KKM (≥75). Setelah dilakukan intervensi pada siklus 1, persentase ketuntasan meningkat menjadi 57,2%, dan pada siklus 2 meningkat lagi menjadi 60,7%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis puzzle membantu siswa memahami konsep siklus makhluk hidup dengan baik dibandingkan metode konvensional. Studi ini memberikan implikasi bahwa media puzzle dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran sains di sekolah dasar, terutama untuk materi yang bersifat konseptual.
Kata Kunci: Media Puzzle, Hasil Belajar, Siklus Hidup, Pendidikan Sains.
References
Ali A, Apriyanto, Titik Haryanti, & Hidayah. (2024). METODE PEMBELAJARAN INOVATIF (Mengembangkan Teknik Mengajar di Abad 21). www.buku.sonpedia.com
Ali, A., Bektiarso, S., Fransje Walukow, A., & Narulita, E. (2025). Ethnoscience-Based Learning in Elementary Schools: A Systematic Literature Review. 20, 209–216. https://doi.org/10.5281/twist.10049652#374
Ali, A., Bektiarso, S., Walukow, A. F., & Narulita, E. (2024). Building Inclusive Learning Communities in Multicultural Classrooms: The Role of the CTL Model in Learning Interpersonal Skills. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 5(4), 568–583. https://doi.org/10.31538/tijie.v5i4.1172
Ali, A., Bektiarso, S., Walukow, A. F., & Narulita, E. (2024). Building Inclusive Learning Communities in Multicultural Classrooms: The Role of the CTL Model in Learning Interpersonal Skills. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 5(4), 568–583. https://doi.org/10.31538/tijie.v5i4.1172
Apdoludin, Fina Hiasa, Siska Marlina, Liza Husnita, Ria Ristiani, Nurbaya, . . . (2024) Pujiadi, Strategi Pembelajaran Inovatif Pendidik Mempersipakan Masa Depan (hal. 2-3). Majalengka Jawa Barat: CV. Edupedia Publisher.
Andani, T. (2022). Analisis validasi media pembelajaran e-book berbasis flip pdf professional pada materi gelombang bunyi di sma. Jurnal Kumparan Fisika, 4(3), 213-220. https://doi.org/10.33369/jkf.4.3.213-220
Anggraeni, S., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis video untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313-5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636
Azizah, S. (2021). Media pembelajaran dalam perspektif al-qur’an dan al-hadits. Jurnal Literasiologi, 6(1). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v6i1.242
Anggraeni, S., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis video untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313-5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636
Damayanti, D. and Nuzuli, A. (2023). Evaluasi efektivitas penggunaan teknologi komunikasi dalam pengajaran metode pendidikan tradisional di sekolah dasar. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 208-219. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i1.130
Fauzan, F. (2020). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran interaktif di tengah dampak penyakit virus corona 19 bagi pengajar. Jurnal Borneo Akcaya, 6(1), 93-102. https://doi.org/10.51266/borneoakcaya.v6i1.159
Handayani, D. and Rahayu, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan ispring dan apk builder untuk pembelajaran matematika kelas x materi proyeksi vektor. Mathline Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 12-25. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.126
Hapsari, D. and Fahmi, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada operasi pada matriks. Fibonacci Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 51. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.51-60
Kurniasih, S., Darwan, D., & Muchyidin, A. (2020). Menumbuhkan kemandirian belajar matematika siswa melalui mobile learning berbasis android. Jems Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(2), 140. https://doi.org/10.25273/jems.v8i2.7041
Mardhiyah, R., Aldriani, S., Chitta, F., & Zulfikar, M. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Mubarok, I. (2022). Media audiovisual pada pembelajaran ipa tema peduli terhadap makhluk hidup siswa kelas iv sekolah dasar. Edukasiana Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 208-218. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i4.200
Nabighoh, W., Mustaji, M., & Hendratno, H. (2022). Meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia dini melalui media interaktif puzzle angka. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3410-3417. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2410
Nabighoh, W., Mustaji, M., & Hendratno, H. (2022). Meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia dini melalui media interaktif puzzle angka. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3410-3417. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2410
Pasaribu, F., Gustiningsi, T., Syafmen, W., Theis, R., Nusantara, D., & Sainuddin, S. (2024). Pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis ar untuk guru smp di kota jambi. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(4), 1588-1596. https://doi.org/10.53769/jai.v4i4.1061
Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi kerajaan hindu budha di indonesia. Didaktis Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2). https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772
Sulistiawati, E. and Abidin, J. (2024). Strategi penggunaan multimedia pada pembelajaran pendidikan agama islam tingkat sekolah dasar. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 11(1), 31-42. https://doi.org/10.31102/alulum.11.1.2024.31-42
Wahyu, S. (2022). Penerapan metode game development life cycle pada pengembangan aplikasi game pembelajaran budi pekerti. Skanika Sistem Komputer Dan Teknik Informatika, 5(1), 82-91. https://doi.org/10.36080/skanika.v5i1.2904
Zahwa, F. and Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61-78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.