PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR
THE INFLUENCE OF QUANTUM TEACHING LEARNING MODEL TYPE TANDUR ON THE INDONESIAN LANGUAGE LEARNING OUTCOMES OF GRADE IV STUDENTS IN ELEMENTARY SCHOOLS
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v6i1.26168Abstract
Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan kurang efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SD Swasta Tiara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, hasil belajar, dan pengaruh signifikan model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SD Swasta Tiara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Sampel penelitian 59 siswa kelas IV, kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan IV-B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, kesukaran, dan daya beda. Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan nilai rata-rata pre-test 45,07 dan post-test 85,20 pada kelas eksperimen. Hasil perhitungan hipotesis dari uji diterima uji t sampel independen yaitu nilai t-hitung > t-tabel, yaitu 5,248 > 2,002 pada taraf signifikan 5% yang berarti H0 ditolak dan Ha berarti ada pengaruh signifikan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Quantum Teaching tipe TANDUR, Hasil belajar
References
Ananda, R. & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar (Kompilasi Konsep). Medan : CV. Pusdikra Mitra Jaya. Diakses dari : http://repository.uinsu.ac.id/12021/1/ BUKU.pdf
Arikunto, S. (2022). Prosedur Penelitian, Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Candrarini, KP, Sunarto, & Nugroho, JA (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Dengan Strategi Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran Pemasaran Kelas X-6 Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Karanaganyar Tahun Pelajaran 2017/2018. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi , 4(1), 1-19. DOI: https://core.ac.uk/reader/295295651
Dharma, S. (2023) Analisis validitas isi instrumen tes literasi matematika bernuansa kearifan lokal bugis-maassar untuk siswa smp. Musamus jurnal pendidikan matematika , 6(1), 18-28. DOI: https://doi.org/10.35724/ musamus%20journal%20of%20mathematics%20education.v6i1.5502
Fatimah, LU & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda Dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(2), 37-64. DOI: 10.36668/jal.v8i2.115
Harahap, UA & Nasution, MM (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Tandur Terhadap Hasil Belajar IPA. Nizhamiyah, 13(1), 43-60. DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v13i1.2747
Jabbar, N. (2018). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd Inpres Bertingkat Mamajang II Kota Makassar (Skripsi). Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar. Diakses dari alamat URL: https://digilib admin.unismuh.ac.id/upload/2968-Full_Text.pdf
Melani, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe-Tandur Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sdn 1 Rejomulyo Jati Agung. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Diakses dari: https://repository.radenintan.ac.id/23828/
Murlia, Rosdiana, Thalhah, SZ & Munawarah. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Trigonometri. Al Asma: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 142-150. DOI: https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13609
Nuryadi, Astuti, TD, Utami, ES & Budiantara. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media. Diakses dari : https://repository .unugiri.ac.id
Pratama, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca pemahaman siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 605-626. DOI: https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.545
Pristiandaru, DL (2023, 12 Desember). PISA 2022: Literasi Membaca Indonesia Catatkan Skor Terendah Sejak 2000. Kompas.com. Diakses dari: https://lestari.kompas.com/read/2023/12/09/130000486/pisa-2022--literasi-membaca-indonesia-catatkan-skor-terendah-sejak-2000
Ratnasari, Desy. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 32 Bungloe (Skripsi). Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar. Diakses dari alamat URL: https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/2725-Full_Text.pdf
Slamet, R. & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Kerja. Aliansi: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 51-58. DOI: https://doi.org/10.46975/uni.v17i2.428
Sundari, Nasution, I. & Marpaung, SF (2021). Manajemen Kelas Virtual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Smp Swasta Al-Washliyah 27 Medan. Jurnal Fadillah – Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 1(3), 1-11. DOI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12692
Sutarna, N. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis model pembelajaran kuantum menggunakan lectoraspire. Jurnal fisika: seri konferensi , 1-7. DOI: 10.1088/1742-6596/1477/4/04 2003
Zakharia, H. (2024, 20 Mei). Dunia Pendidikan Nasional Masih Hadapi Tantangan Literasi dan Numerasi. Liputan6.com. Diakses dari https://www.liputan6.com/news/read/5600414/dunia-pendidikan-nasional-masih-hadapi-tantangan-literasi-dan-numerasi
Zendrato, VKF, dkk. al. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Project-Based Learning Terintegrasi STEM dalam Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 5 (2), 223-234. DOI: http://dx.doi.org/10. 30595/jrpd.v5i2.23298
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.