PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

THE INFLUENCE OF QUANTUM TEACHING LEARNING MODEL TYPE TANDUR ON THE INDONESIAN LANGUAGE LEARNING OUTCOMES OF GRADE IV STUDENTS IN ELEMENTARY SCHOOLS

Authors

  • Ibnatun Salis Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan
  • Laurensia Masri Perangin-angin Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan
  • Naeklan Simbolon Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan
  • Edizal Hatmi Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan
  • Masta Marselina Sembiring Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.30595/jrpd.v6i1.26168

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan kurang efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SD Swasta Tiara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, hasil belajar, dan pengaruh signifikan model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SD Swasta Tiara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Sampel penelitian 59 siswa kelas IV, kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan IV-B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, kesukaran, dan daya beda. Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan nilai rata-rata pre-test 45,07 dan post-test 85,20 pada kelas eksperimen. Hasil perhitungan hipotesis dari uji diterima uji t sampel independen yaitu nilai t-hitung > t-tabel, yaitu 5,248 > 2,002 pada taraf signifikan 5% yang berarti H0 ditolak dan Ha berarti ada pengaruh signifikan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar.

Kata kunci: Model Pembelajaran, Quantum Teaching tipe TANDUR, Hasil belajar

References

Ananda, R. & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar (Kompilasi Konsep). Medan : CV. Pusdikra Mitra Jaya. Diakses dari : http://repository.uinsu.ac.id/12021/1/ BUKU.pdf

Arikunto, S. (2022). Prosedur Penelitian, Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Candrarini, KP, Sunarto, & Nugroho, JA (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Dengan Strategi Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran Pemasaran Kelas X-6 Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Karanaganyar Tahun Pelajaran 2017/2018. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi , 4(1), 1-19. DOI: https://core.ac.uk/reader/295295651

Dharma, S. (2023) Analisis validitas isi instrumen tes literasi matematika bernuansa kearifan lokal bugis-maassar untuk siswa smp. Musamus jurnal pendidikan matematika , 6(1), 18-28. DOI: https://doi.org/10.35724/ musamus%20journal%20of%20mathematics%20education.v6i1.5502

Fatimah, LU & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda Dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(2), 37-64. DOI: 10.36668/jal.v8i2.115

Harahap, UA & Nasution, MM (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Tandur Terhadap Hasil Belajar IPA. Nizhamiyah, 13(1), 43-60. DOI: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v13i1.2747

Jabbar, N. (2018). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd Inpres Bertingkat Mamajang II Kota Makassar (Skripsi). Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar. Diakses dari alamat URL: https://digilib admin.unismuh.ac.id/upload/2968-Full_Text.pdf

Melani, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe-Tandur Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sdn 1 Rejomulyo Jati Agung. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Diakses dari: https://repository.radenintan.ac.id/23828/

Murlia, Rosdiana, Thalhah, SZ & Munawarah. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Trigonometri. Al Asma: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 142-150. DOI: https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13609

Nuryadi, Astuti, TD, Utami, ES & Budiantara. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media. Diakses dari : https://repository .unugiri.ac.id

Pratama, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca pemahaman siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 605-626. DOI: https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.545

Pristiandaru, DL (2023, 12 Desember). PISA 2022: Literasi Membaca Indonesia Catatkan Skor Terendah Sejak 2000. Kompas.com. Diakses dari: https://lestari.kompas.com/read/2023/12/09/130000486/pisa-2022--literasi-membaca-indonesia-catatkan-skor-terendah-sejak-2000

Ratnasari, Desy. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 32 Bungloe (Skripsi). Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar. Diakses dari alamat URL: https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/2725-Full_Text.pdf

Slamet, R. & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Kerja. Aliansi: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 51-58. DOI: https://doi.org/10.46975/uni.v17i2.428

Sundari, Nasution, I. & Marpaung, SF (2021). Manajemen Kelas Virtual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Smp Swasta Al-Washliyah 27 Medan. Jurnal Fadillah – Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 1(3), 1-11. DOI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12692

Sutarna, N. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis model pembelajaran kuantum menggunakan lectoraspire. Jurnal fisika: seri konferensi , 1-7. DOI: 10.1088/1742-6596/1477/4/04 2003

Zakharia, H. (2024, 20 Mei). Dunia Pendidikan Nasional Masih Hadapi Tantangan Literasi dan Numerasi. Liputan6.com. Diakses dari https://www.liputan6.com/news/read/5600414/dunia-pendidikan-nasional-masih-hadapi-tantangan-literasi-dan-numerasi

Zendrato, VKF, dkk. al. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Project-Based Learning Terintegrasi STEM dalam Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 5 (2), 223-234. DOI: http://dx.doi.org/10. 30595/jrpd.v5i2.23298

Downloads

Published

2025-03-22