PENGARUH MODEL POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) BERBANTUAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V

Authors

  • Putri Elisa Marbun Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan
  • Laurensia Masri Perangin-angin Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan
  • Fahrur Rozi Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan
  • Imelda Free Unita Manurung Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan
  • Waliyul Maulana Siregar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.30595/jrpd.v6i1.26170

Keywords:

POE (Predict-Observe-Explain), model assisted by diorama media, Learning Outcomes

Abstract

Abstrak. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS di kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model POE (Predict-Observe-Explain) dengan media diorama terhadap hasil belajar IPAS siswa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Populasi terdiri dari siswa kelas VA dan VB berjumlah 50 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dengan 20 soal pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, dan daya beda. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,60, sedangkan kelas kontrol 61,80. Uji t dengan Sig. (2-tailed) yaitu 0,001. Karena 0,001<0,05 atau ditetapkan = > 2,010 dengan tingkat signifikansi 5% (), sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Kesimpulannya, terdapat pengaruh signifikan penggunaan model POE berbantuan media diorama terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 101832 Pancur Batu.

Kata kunci: Model POE (Predict-Observe-Explain) berbantuan media diorama, Hasil Belajar

Abstrak. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS di kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model POE (Predict-Observe-Explain) dengan media diorama terhadap hasil belajar IPAS siswa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Populasi terdiri dari siswa kelas VA dan VB berjumlah 50 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dengan 20 soal pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, dan daya beda. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,60, sedangkan kelas kontrol 61,80. Uji t dengan Sig. (2-tailed) yaitu 0,001. Karena 0,001<0,05 atau ditetapkan = > 2,010 dengan tingkat signifikansi 5% (), sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Kesimpulannya, terdapat pengaruh signifikan penggunaan model POE berbantuan media diorama terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 101832 Pancur Batu.

Kata kunci: Model POE (Predict-Observe-Explain) berbantuan media diorama, Hasil Belajar

References

Ahdar, A., & Wardana, W. (2019). Belajar dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Pedagogis. Sulawesi Selatan: CV. KAFAH Learning Center.

Anggraeny, L., Rintayati, P., & Shaifuddin, M. (2018). the Enhancement of Understanding Concept of Force Through Predict Observe Explain (Poe) Model. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 428–433. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23610

Bali, M. M. E. I., & Zahroh, S. F. (2023). Implementasi Media Diorama dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2943–2952. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.700

Bhaswika, A. F. (2019). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Ipa Dengan Menerapkan Media Diorama Kelas 4. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(14), 1347–1358.

Evitasari, A. D., & Aulia, M. S. (2022). Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 1. https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i1.11013

Hidayati, A., Halimah, M., & Mulyadiprana, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kegiatan Ekonomi. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 284–294. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7417/8057

Isnawan, M. G. (2020). Kuasi-eksperimen. Nusa Tenggara Barat: Nashir, Al-Kutub Indonesia.

Muhsam, J. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Berbasis Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MIs Al-Fitrah Kota Kupang. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(2), 224–231. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i2.77

Maharani, A., Gultom, I., Karo-karo, D., & Manurung, I. F. U. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema 1 Subtema 1 Siswa Kelas V SD Negeri 101786 helvetia. JGK (Jurnal Guru Kita), 7(4), 707-719.

Marhento, G. (2020). Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Solusi Alternatif Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Prosiding Seminar Nasional Sains, 1(1), 267–272.

Muhsam, J. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Berbasis Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MIs Al-Fitrah Kota Kupang. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(2), 224–231. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i2.77

Muna, I. A. (2017). Model Pembelajaran POE (Predict-Observe- Explain) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses IPA. Jurnal Studi Agama, 5(1), 73–91.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. 659–663. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Pagarra, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPA di Kabupaten Gowa. 3(5), 93–104.

Rima Rikmasari, Kori Sundari, & Halimah Nuraini. (2022). Model Pembelajaran Predict Observe Explain (Poe) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1634–1645. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3187

Rozi, F., Prawijaya, S., & Ratno, S. (2022). Modul Pembelajaran IPA SD. Bina Guna Press, 1-77.

Samosir, N. W., Purba, N. A., & Purba, N. (2022). Pengaruh media diorama terhadap hasil belajar siswa pada subtema pentingnya makanan sehat bagi tubuh di kelas V SD Negeri 091522 Marubun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 4784–4793. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9028/6809

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April). http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1405/1/Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran.pdf

Wardoyo, S., Armariena, D. N., & Prasrihamni, M. (2022). Pengaruh Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III di Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal On Education, 2(2), 918–925. https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.200

Wicaksono, D., & Iswan. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 111–126.

Yupani, N. P. E., Garminah, N. N., & Mahadewi, L. P. P. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (Poe) Berbantuan Materi Bermuatan Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1)

Downloads

Published

2025-03-22