PENGARUH MODEL POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) BERBANTUAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v6i1.26170Keywords:
POE (Predict-Observe-Explain), model assisted by diorama media, Learning OutcomesAbstract
Abstrak. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS di kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model POE (Predict-Observe-Explain) dengan media diorama terhadap hasil belajar IPAS siswa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Populasi terdiri dari siswa kelas VA dan VB berjumlah 50 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dengan 20 soal pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, dan daya beda. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,60, sedangkan kelas kontrol 61,80. Uji t dengan Sig. (2-tailed) yaitu 0,001. Karena 0,001<0,05 atau ditetapkan = > 2,010 dengan tingkat signifikansi 5% (), sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Kesimpulannya, terdapat pengaruh signifikan penggunaan model POE berbantuan media diorama terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 101832 Pancur Batu.
Kata kunci: Model POE (Predict-Observe-Explain) berbantuan media diorama, Hasil Belajar
Abstrak. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS di kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model POE (Predict-Observe-Explain) dengan media diorama terhadap hasil belajar IPAS siswa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Populasi terdiri dari siswa kelas VA dan VB berjumlah 50 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dengan 20 soal pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, dan daya beda. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,60, sedangkan kelas kontrol 61,80. Uji t dengan Sig. (2-tailed) yaitu 0,001. Karena 0,001<0,05 atau ditetapkan = > 2,010 dengan tingkat signifikansi 5% (), sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Kesimpulannya, terdapat pengaruh signifikan penggunaan model POE berbantuan media diorama terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 101832 Pancur Batu.
Kata kunci: Model POE (Predict-Observe-Explain) berbantuan media diorama, Hasil Belajar
References
Ahdar, A., & Wardana, W. (2019). Belajar dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Pedagogis. Sulawesi Selatan: CV. KAFAH Learning Center.
Anggraeny, L., Rintayati, P., & Shaifuddin, M. (2018). the Enhancement of Understanding Concept of Force Through Predict Observe Explain (Poe) Model. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 428–433. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23610
Bali, M. M. E. I., & Zahroh, S. F. (2023). Implementasi Media Diorama dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2943–2952. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.700
Bhaswika, A. F. (2019). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Ipa Dengan Menerapkan Media Diorama Kelas 4. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(14), 1347–1358.
Evitasari, A. D., & Aulia, M. S. (2022). Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 1. https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i1.11013
Hidayati, A., Halimah, M., & Mulyadiprana, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kegiatan Ekonomi. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 284–294. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7417/8057
Isnawan, M. G. (2020). Kuasi-eksperimen. Nusa Tenggara Barat: Nashir, Al-Kutub Indonesia.
Muhsam, J. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Berbasis Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MIs Al-Fitrah Kota Kupang. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(2), 224–231. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i2.77
Maharani, A., Gultom, I., Karo-karo, D., & Manurung, I. F. U. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema 1 Subtema 1 Siswa Kelas V SD Negeri 101786 helvetia. JGK (Jurnal Guru Kita), 7(4), 707-719.
Marhento, G. (2020). Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Solusi Alternatif Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Prosiding Seminar Nasional Sains, 1(1), 267–272.
Muhsam, J. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Berbasis Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MIs Al-Fitrah Kota Kupang. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(2), 224–231. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i2.77
Muna, I. A. (2017). Model Pembelajaran POE (Predict-Observe- Explain) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses IPA. Jurnal Studi Agama, 5(1), 73–91.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. 659–663. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Pagarra, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPA di Kabupaten Gowa. 3(5), 93–104.
Rima Rikmasari, Kori Sundari, & Halimah Nuraini. (2022). Model Pembelajaran Predict Observe Explain (Poe) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1634–1645. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3187
Rozi, F., Prawijaya, S., & Ratno, S. (2022). Modul Pembelajaran IPA SD. Bina Guna Press, 1-77.
Samosir, N. W., Purba, N. A., & Purba, N. (2022). Pengaruh media diorama terhadap hasil belajar siswa pada subtema pentingnya makanan sehat bagi tubuh di kelas V SD Negeri 091522 Marubun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 4784–4793. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9028/6809
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April). http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1405/1/Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran.pdf
Wardoyo, S., Armariena, D. N., & Prasrihamni, M. (2022). Pengaruh Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III di Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal On Education, 2(2), 918–925. https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.200
Wicaksono, D., & Iswan. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 111–126.
Yupani, N. P. E., Garminah, N. N., & Mahadewi, L. P. P. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (Poe) Berbantuan Materi Bermuatan Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1)Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.