KAJIAN TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER PADA SEKOLAH RAMAH ANAK UNTUK SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.30595/.v1i2.8506Keywords:
Pendidikan Karakter, Sekolah Ramah AnakAbstract
Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang harus diterapkan pada anak sedini mungkin untuk mencegah adanya perilaku menyimpang seperti Bullying, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pola pembelajaran pendidikan karakter agar anak terhindar dari kasus bullying dan faktor pendukung pola pembelajaran pendidikan karakter agar anak terhindar dari bullying pada program sekolah ramah anak. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan yang di gunakan yaitu pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pola pembelajaran pendidikan karakter agar anak terhindar dari kasus Bullying yaitu dengan cara melakukan pembiasaan positif. Faktor pendukung di SD Negeri Klampok 01 terhadap keberhasilan sekolah yaitu sikap keteladanan yang diterapkan oleh seluruh tenaga pendidik terutama kepala sekolah tentang pembiasaan yang baik dalam sekolah yang harus di dukung oleh seluruh perangkat sekolah, baik bapak/ibu guru, kepala sekolah, staf maupun penjaga sekolah. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pola pendidikan karakter dan faktor pendukung agar anak terhindar dari kasus Bullying yaitu dengan cara pembiasaan yang positif dan keteladanan yang harus diterapkan oleh seluruh warga sekolah. Dalam hal ini peranan guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran Pendidikan karakter harus di dukung oleh semua warga, baik warga sekolah maupun warga masyarakat.References
Daryanto, & Darmiatun, Suryatri. 2013. Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Erawati, Desei. 2013. Analisis Interaksi Simbolik. Pedagogik Jurnal Pendidikan, Volume 8 Nomer 2, (45-53) Kurniawan, Farida. 2016. Analisis Penerapan Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di Kelas III Sd N 2 Blunyahan. http://faridakurniawan.blogs.uny.ac.id/wp-content/uploads/sites/15485/2017/10/analisis-penerapan-budaya-sekolah-dalam-pembentukan-karakter-disiplin-siswa-di-kelas-iii-sd-n-2-blunyahan.pdf (di unduh pada 20 Oktober 2018)
Indosiar.2017. Kasus Bullying di Thamrin City Berlanjut Meski Laporan Dicabut. Jakarta: liputan6. Di akses tanggal 01 april 2018 dari http://www.liputan6.com/news/ read/3027216/kasus-bullying-di-thamrin-city-berlanjut-meski-laporan-dicabut
Kurniawan, Farida. 2016. Analisis Penerapan Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di Kelas III Sd N 2 Blunyahan. http://faridakurniawan.blogs.uny.ac.id/wp-content/uploads/sites/15485/2017/10/analisis-penerapan-budaya-sekolah-dalam-pembentukan-karakter-disiplin-siswa-di-kelas-iii-sd-n-2-blunyahan.pdf (di unduh pada 20 Oktober 2018)
Lubis, Safrida. 2018. Menguatkan Karakter Melalui Pembiasaan. Banda Aceh: Cahaya Bintang Kecil.
Tjahjadarmawan, Elizabeth. 2017. Kumpulan Artikel Pendidikan, Ngopi dulu. Yogyakarta: Deepublish
Zakaria, Mia & Arumsari, Dewi. 2018. Jeli Membangun Karakter Anak. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer. Lubis, Safrida. 2018. Menguatkan Karakter Melalui Pembiasaan. Banda Aceh: Cahaya Bintang Kecil.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.