KEMAMPUAN PENGELOLAAN KELAS GURU TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI SDN 02 BANJARAN JEPARA

Aan Widiyono

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai cara yang dilakukan guru untuk mengelola kelas dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian 7 guru, 21 siswa, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas guru di SDN 02 Banjaran Jepara berjalan dengan baik, seperti dalam penerapan prinsip-prinsip manajemen kelas diantaranya hangat dan antusias, tantangan, bervariasi, keluwesan, penekanan pada hal-hal yang positif, dan penanaman disiplin diri. Sedangkan pada tahap merancang lingkungan fisik kelas, guru memiliki gaya mengajar berbeda di tiap kelas, dan guru sudah mampu menciptakan iklim positif dalam pembelajaran yang efektif.

Kata Kunci: Pengelolaan kelas, Guru, Proses Pembelajaran


Keywords


engelolaan kelas, Guru, Proses Pembelajaran

References


DAFTAR PUSTAKA

Aliyyah, R. R., & Abdurakhman, O. (2016). Pengelolaan Kelas Rendah di SD Amaliah Ciawi Bogor. Jurnal Sosial Humaniora, 7(2), 81-95.

Almasitoh, U. H. (2012). Menciptakan lingkungan yang positif untuk pembelajaran. MAGISTRA, 24(79), 87.

Alrochmah, N. (2013). Penerapan Metode Hypnoteaching Berbasis Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Menyimak Informasi (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Asep Jihad dan Suyanto. (2013). Menjadi Guru Professional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Esensi

Djamarah SB. (2006). Guru dan anak didikdalam interaksi edukatif. Rineka Cipta : Jakarta.

Danim, Sudarwan. & Yunan, Danim. (2010). Administrasi Sekolah dan Pengelolaan manajemen kelas. Bandung: Pustaka Setia.

Jacobsen, Eggen dan Kauchak. (2009). Methods for Teaching: Metode-metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Peserta didik TKSMA. Terjemahan Fawaid dan Anam. 2009. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mudasir, 2011, Manajemen kelas. Pekanbaru Riau: Zanafa Publishing.

Moleong, L. J., & Edisi, P. R. R. B. (2004). Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Puspitaningrum, E. (2017). Kemampuan Guru dalam Pengelolaan Kelas di SD Negeri Minomartani 2. BASIC EDUCATION, 6(1), 28-39.

Santrock, John W. (2009). Psikologi Pendidikan Edisi 3. Penerjemah: Diana Angelica. Jakarta: Salemba Humanika.

Syamsuwir, S. (2019). GURU SEBAGAI MANAJER. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 1(1), 37-43.

Wibowo, 2013. Manajemen Perubahan. Jakarta: Raja Granfindo Persada


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/.v1i2.8522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2723-8660