Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Menggambar dan Mewarnai Siswa Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i1.8767Keywords:
Instrumen Penilaian, Keterampilan, Menggambar, Mewarnai, SBdPAbstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan sebuah instrumen penilaian keterampilan menggambar dan mewarnai. Langkah ini dilatar belakangi oleh kurangnya instrumen penilaian dan tidak adanya pedoman khusus untuk menilai keterampilan menggambar dan mewarnai untuk siswa kelas III. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh instrumen penilaian keterampilan menggambar dan mewarnai yang valid dan layak digunakan oleh guru dalam proses penilaian muatan pembelajaran SBdP khususnya pada seni rupa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan desain penelitian yang mengacu pada desain penelitian Brog and Gall yang dilakukan dengan 10 tahap penelitian. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah instrumen penilaian yang terdiri dari Kisi-kisi Instrumen Penilaian, Lembar Kerja Siswa, Lembar Penilaian, dan Rubrik Penilaian. Hasil yang diperoleh dari penelitan ini antara lain (1) Hasil validasi ahli mendapatkan kriteria “Sangat Tinggi” dengan nilai koefisien rata-rata sebesar 0,864 dengan rincian skor untuk kisi-kisi sebesar 0,920, lembar kerja siswa adalah 0,812, lembar penilaian mendapat skor 0,884 dan untuk rubrik penilaian skornya adalah 0,840. (2) Hasil ujicoba skala terbatas dari respon guru adalah 81,6% dengan kategori “Sangat Layak”. Respon siswa terhadap lembar kerja siswa mendapatkan 98% dengan kategori “Sangat Layak”. (3) Hasil ujicoba skala luas mendapatkan skor sebesar 86,8% dengan kategori “Sangat Layak”. Untuk hasil ujicoba berskala luas dari respon siswa mendapatkan skor sebesar 100% yang masuk ke dalam kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan uraian data diatas maka instrumen penilaian keterampilan menggambar dan mewarnai siswa kelas III dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Asriningtyas, V., dan Supahar. (2016). “Pengembangan Instrumen Penilaian Aspek Afektif Dan Psikomotor Peserta Didik Pada Model Pembelajaran Kooperatif Metode Two Staytwo Stray Dalam Mata Pelajaran Fisika SMA”. Jurnal Pendidikan Fisika. Volume 5, (5), 284-293.
Cahyaningtyas, A. P., Sari, Y., & Pradana, A. B. A. (2020). HIGH ORDER THINKING SKILLS: HOW IS IT INTEGRATED WITH COGNITIVE ASSESSMENT?. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 109-120.
Effendi, H., Hendriyani, Y. (2016). “Pengembangan Model Blended Learning Interaktif dengan Prosedur Borg And Gall”. INTERNATIONAL SEMINAR ON EDUCATION (ISE) 2 nd.
Hardiani, I.N. (2017). “Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran IPS Kelas IV SD”. E-jurnal Mitra Pendidikan. 1, (6), 615-628.
Kemendikbud. (2013). Peraturan Mentri Pendidikan dan Budaya No. 66 tentang Standar Penilaian. Jakarta: Kemendikbud
Kemendikbud. (2016). Peraturan Mentri Pendidikan dan Budaya No. 23 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud
Kurniawaty, M.D. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Kinerja Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis pada FKIP Universitas Lampung: tidak diterbitkan
Lius, C.R., Witri, G., dan Putra, J.A. (2019). Studi Pendahuluan Pengembangan Instrumen Keterampilan Guru dalam Penilaian Portofolio Mata Pelajaran SBdP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Hal.55-60. ISBN: 978-623-91681-0-0, DOI: http://dx.doi.org/10.33578/psn.v1i1.7778
Madliyah, S., Abdurachman, F., dan Hartono. (2017). “Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains Dasar Mata Pelajaran Kimia Pada Kompetensi Dasar Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di SMA”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA. Halaman 327-337.
Nur, S.M. (2015). “Pengembangan Perangkat Penilaian Psikomotorik Pada Peserta Didik”. Jurnal Biotek. 3. (1). 151-169.
Putriyani., Mutmainnah. (2018). “Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Dengan Pendekatan Scientific. Jurnal Pendidikan: Edumaspul. 2, (1), 1-10.
Rentnowati, T.H., dkk. (2016). “Pengembangan Instrumen Penilaian Proses Karya Seni Lukis Terintegrasi Dengan Karakter Untuk Menilai Praktik Kerja Lapangan Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan”. Prosiding Seminar Nasional:”Meneguhkan Peran Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam Memuliakan Martabat Manusia”. Halaman 180-189.
Sumanto. (2016). “Penilaian Kinerja Perilaku Berkesenian Siswa Sekolah Dasar”. Prosiding Seminar Nasional KSDP Prodi S1 PGSD: Konsentrasi Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Era Globalisasi.
Yuberti. (2014). “Penelitian dan Pengembangan Yang Belum Diminati Dan Perspektifnya”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. 3, (2), 1-15.
Yuniarti, B., Fatmaryanti, S.D., dan Maftukhin, A. (2014). “Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotorik pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014”. Radiasi. 5, (1), 77-81.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.