Pengembangan Buku Membaca Permulaan Berbasis Metode Global Sebagai Buku Pendamping Guru Kelas I Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i1.8778Keywords:
Lancar membaca, Metode global, Buku pendampingAbstract
Penelitian berfokus kepada pengembangan sebuah buku pedoman sebagai pendamping buku guru dalam kegiatan pembelajaran membaca. Kurangnya ketersediaan buku pendamping membuat guru mengalami kesulitan dalam  mengajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan pengembangan buku membaca permulaan berbasis metode global serta untuk mengetahui kelayakan buku membaca permulaan berbasis metode global sebagai buku pendamping guru kelas I Sekolah Dasar. Metode yang digunakan oleh penelitian ini ialah penelitian pengembangan (R&D). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan tahapan: Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, vaidasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi masal. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Muktiharjo Lor, SDN 02 Tlogoharum dan MI Yayasan Silahul Ulum. Pada tahap uji validasi diperoleh hasil 0,78333 dengan kategori Valid. Pada tahap respon guru dalam skala kecil dan besar diperoleh hasil 84,6% dengan kategori sangat baik. pada tahap respon siswa dalam skala kecil dan besar diperoleh hasil 79% dengan kategori baik dengan hasil Sig. (2-tailed) 0,000 menunjukkan produk buku efektif digunakan dalam pembelajaran.
References
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Arumdini,A., Winoto, Y., Anwar, R.K. (2016). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Minat Baca Anak. Jurnal Kajian Infomasi & Perpustakaan, Vol 4(2).171-178. http://journal.unpad.ac.id/jkip/article/view/8430
Basaran, M. (2013). Reading Fluency as an Indicator of Reading Comprehension. Journal of Educational Science: Theory & Ptctice–13(4).2287-2290. https://eric.ed.gov/?id=EJ1027694
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Dieni, N.L. (2015). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Global Pada Siswa Kelas I SD Negeri Kapukanda. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/468/433
Hawa, S. (2010). Penerapan Model Pembelajaran.
Kusumadewi, R.F., Cahyaningtyas, A.P., Irianti, C.D. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan. Vol 11(1). 33-42. http://journal.ummgl.ac.id/index.php/edukasi/article/view/2607
Kusna, S.L. (2019). Buku Pendamping Untuk Pendidik PAUD Dalam Mengenlkan Kearifan Lokal Bojonegoro. Vol 4(1). http://ejournal.sunangiri.ac.id/index.php/al-ulya/article/view/215
Marliani, N., Hasanuddin., Nurmaliah, C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran SCIENCE, TEHCNOLOGI, SOCIETY, ENVIRONMENT (STSE) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan di Mas Jeumala’amal. Jurnl Edubio Tropika. Vol 5(1).1-53. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JET/article/download/7146/5860
Sitepu, B.P (2015). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Dan Alat Peraga. Bandung: Alfabeta
Wahyudin, D., dkk. (2014). Pengantar Pendidikan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.