Strategi Bimbingan dan Pelatihan Guru Dalam Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Google Pada Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19

Authors

  • Nyi Mulyanah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Ana Andriani Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i1.9229

Keywords:

Bimbingan dan Pelatihan, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Efektif, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  kemampuan dan profesionalitas  guru dalam penggunaan aplikasi google pada  pembelajaran daring untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa selama masa pandemi covid-19 di Korwilcam Dindik Somagede Kabupaten Banyumas. Metode penelitian ini menggunakan metode Mixed Methods sedangkan model penelitiannya Sequential Expplonatory. Realitas empirik memperlihatkan bahwa kondisi saat ini sangat meprihatinkan menurunnya  kualitas pembelajaran di sekolah saat ini dengan pola  Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Beberapa penyebabnya adalah kurangnya ketersediaan alat/media yang dimiliki sekolah, kurangnya kemampuan guru dalam mengoperasikan alat/media seperti  laptop; akses internet yang kurang mendukung untuk kelancaran pembelajaran daring; tidak semua siswa memiliki smartphone. Berdasarkan  analisis kebutuhan  86,7% dari 214 guru setuju untuk dilaksanakan bimbingan dan pelatihan penggunaan google (google form, google classroom, google drive, dan google meet). Penggunaan aplikasi google dalam PJJ guru berperan sebagai motivator, fasilitator, mediator, dan komunikator. Kemampuan guru dalam pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi google meningkat,  jumlah peserta yang mengikuti bimlat sebanyak 120 orang, semua peserta mendapatkan sertifikat kelulusan. Melihat hasil lulusan tersebut dapat dinyatakan berhasil  untuk  program diklat penggunaan aplikasi google.

Author Biography

Nyi Mulyanah, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Kepala SD Negeri 2 Sokawera, Korwilcam Somagede

References

Andriani, A., & Wakhudin, W. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di MIM Pasir Lor Karanglewas Banyumas. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 51-63. Diakses pada hari Rabu, 28 Oktober 2020, pukul.13.50 WIB.

Bahri, D. S. 2010. Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta. Rineka Cipta

Nasution. S. (2002). Berbagasi Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sastradipoera, K. (2006). “Pengembangan dan Pelatihan, Suatu Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia”. Bandung: Kappa-Sigma

Simamora, H. (1995). “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Yogyakarta : BPFE.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Sudjana HD (2005). Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production

Downloads

Published

2021-03-27