Implementasi Model IDEAL Problem Solving Berbantuan Media “Beko” Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Keliling dan Luas Lingkaran Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i1.9540Keywords:
Prestasi Belajar, Model IDEAL Problem Solving, Media “Bekoâ€Abstract
Best practise ini dilatarbelakangi karena rendahnya prestasi belajar matematika siswa. Best practise ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika materi keliling dan luas lingkaran dengan mengimplementasikan model IDEAL Problem Solving berbantuan media “Beko” pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Karangsalam. Best practice dilaksanakan di kelas VI SD Negeri 1 Karangsalam semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes (tes tertulis) dan teknik nontes (observasi, jurnal, dan dokumentasi). Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil best practise yang dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan mengimplementasikan model IDEAL Problem Solving berbantuan media “Beko” berlangsung dengan baik. Sebelum dilakukan tindakan, data awal menunjukkan bahwa rerata kelas 66 dengan persentase ketuntasan belajar 36% (9 siswa). Setelah dilakukan tindakan, rerata kelas meningkat menjadi 81 dengan persentase ketuntasan belajar 88% (22 siswa). Prestasi belajar siswa dapat dikategorikan sebanyak 7 siswa ( 28%) kategori amat baik, 10 siswa (40%) kategori baik, 5 siswa (20%) kategori cukup, dan terdapat 3 siswa (12%) pada kategori kurang. Berdasarkan hasil best practice, implementasi model IDEAL Problem Solving berbantuan media “Beko” dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi keliling dan luas lingkaran siswa kelas VI SD Negeri 1 Karangsalam.References
Alya, Q. (2009). Kamus Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Dasar. Jakarta: PT INDAHJAYA Adipratama.
Depdiknas. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Djamarah, S. B., dan Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Gunanto dan Adhalia, D. (2016). ESPS “Erlangga Straight Point Series” Matematika untuk SD/MI Kelas VI. Jakarta: Erlangga.
Hadi, S. (2005). Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin: Tulip.
Ibrahim, R dan Syaodih, N. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta:Rineka Cipta.
Indriyani, R.W dan Masriyah. (2016). Penerapan Model Pembelajaran IDEAL Problem Solving dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Keliling dan Luas Persegi Panjang dan Persegi bagi Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Mathedunesa: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 2 No. 5 (2016). pp. 100-108. (Online). (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/download/16685/15155, diakses tanggal 1 November 2019)
Karso, dkk. (2008). Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
Muhsetyo, Gatot, dkk. (2008). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nayazik, A. dan Sukestiyarno. (2012). Pembelajaran Matematika Model IDEAL Problem Solving dengan Teori Pemrosesan Informasi untuk Pembentukan Pendidikan Karakter dan Pemecahan Masalah Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Pythagoras. Vo. 7 No. 2 (2012). pp. 1-8. (Online). (https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/download/4778/4137, diakses diakses tanggal 1 November 2019)
Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Siswoyo, Dwi., dkk. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sudjati. (2009). Kumpulan Materi Perkuliahan Penilaian Hasil Belajar Sekolah Dasar (Penilaian Hasil Belajar). Yogyakarta: FIP UNY.
Suherman, E., dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matemaatika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan MIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Susiana, E. (2010). “IDEAL Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika”. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Vol. 1 No. 2 (2010). pp. 73-82. (Online). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/1491/1615, diakses tanggal 1 November 2019)
Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Winataputra, U. S., dkk. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.