Implementasi Model IDEAL Problem Solving Berbantuan Media “Beko” Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Keliling dan Luas Lingkaran Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Evi Kurniasih

Abstract


Best practise ini dilatarbelakangi karena rendahnya prestasi belajar matematika siswa. Best practise ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika materi keliling dan luas lingkaran dengan mengimplementasikan model IDEAL Problem Solving berbantuan media “Beko” pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Karangsalam. Best practice dilaksanakan di kelas VI SD Negeri 1 Karangsalam semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes (tes tertulis) dan teknik nontes (observasi, jurnal, dan dokumentasi). Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil best practise yang dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan mengimplementasikan model IDEAL Problem Solving berbantuan media “Beko” berlangsung dengan baik. Sebelum dilakukan tindakan, data awal menunjukkan bahwa rerata kelas 66 dengan persentase ketuntasan belajar 36% (9 siswa). Setelah dilakukan tindakan, rerata kelas meningkat menjadi 81 dengan persentase ketuntasan belajar 88% (22 siswa). Prestasi belajar siswa dapat dikategorikan sebanyak 7 siswa ( 28%) kategori amat baik, 10 siswa (40%) kategori baik, 5 siswa (20%) kategori cukup, dan terdapat 3 siswa (12%) pada kategori kurang. Berdasarkan hasil best practice, implementasi model IDEAL Problem Solving berbantuan media “Beko” dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi keliling dan luas lingkaran siswa kelas VI SD Negeri 1 Karangsalam.

Keywords


Prestasi Belajar, Model IDEAL Problem Solving, Media “Beko”

References


Alya, Q. (2009). Kamus Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Dasar. Jakarta: PT INDAHJAYA Adipratama.

Depdiknas. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djamarah, S. B., dan Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gunanto dan Adhalia, D. (2016). ESPS “Erlangga Straight Point Series” Matematika untuk SD/MI Kelas VI. Jakarta: Erlangga.

Hadi, S. (2005). Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin: Tulip.

Ibrahim, R dan Syaodih, N. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Indriyani, R.W dan Masriyah. (2016). Penerapan Model Pembelajaran IDEAL Problem Solving dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Keliling dan Luas Persegi Panjang dan Persegi bagi Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Mathedunesa: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 2 No. 5 (2016). pp. 100-108. (Online). (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/download/16685/15155, diakses tanggal 1 November 2019)

Karso, dkk. (2008). Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Universitas Terbuka.

Muhsetyo, Gatot, dkk. (2008). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nayazik, A. dan Sukestiyarno. (2012). Pembelajaran Matematika Model IDEAL Problem Solving dengan Teori Pemrosesan Informasi untuk Pembentukan Pendidikan Karakter dan Pemecahan Masalah Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Pythagoras. Vo. 7 No. 2 (2012). pp. 1-8. (Online). (https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/download/4778/4137, diakses diakses tanggal 1 November 2019)

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Siswoyo, Dwi., dkk. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sudjati. (2009). Kumpulan Materi Perkuliahan Penilaian Hasil Belajar Sekolah Dasar (Penilaian Hasil Belajar). Yogyakarta: FIP UNY.

Suherman, E., dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matemaatika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan MIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Susiana, E. (2010). “IDEAL Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika”. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Vol. 1 No. 2 (2010). pp. 73-82. (Online). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/1491/1615, diakses tanggal 1 November 2019)

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Winataputra, U. S., dkk. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v2i1.9540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660