Implementasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Selama Masa Pandemi di SD Negeri Caturanom Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i2.9840Keywords:
Implementasi, Pembelajaran Daring, Masa PandemiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran daring yang dilakaukan oleh guru kelas di SD Negeri Caturanom pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan selama masa pandemi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Caturanom, kecamatan Parakan, kabupaten Temanggung. Metode pengambilan data dengan wawancara yang dilakukan kepada kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua, serta pencermatan beberapa dokumen pendukung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan merupakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini yaitu diketahui bahwa implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan selama masa pandemi dilaksanakan melalui grub whatsapp. Selain itu guru juga melaksanakan pembelajaran tatap muka di sekolah. Melalui grub whatsapp, guru memberikan materi pembelajaran serta penugasan berupa teks tertulis, foto ataupun video pembelajaran. Pengumpulan tugas dilakukan melalui grub whatsapp berupa foto atau video praktek.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewi, W. A. 2020. "Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar" Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 2 No 1. 55-59.
Ekawati, Muna Fauziah. 2020. "Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Pembelajaran Online di SDN Kenokorejo 04 Tahun 2019/2020." Skripsi (Tidak Diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani. 2020. "Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19" jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. (05). 241-248.
Kusumaningrum, B. 2020. "Pendampingan Orangtua Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar" Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. (04). 142-151.
Lasapa, Nurmin & Ramadhan, A. 2017. "Meningkatkan Pemahaman Konsep Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Sidole" Jurnal Kreatif. 31
Margono, S. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nakayama, M. 2007. "The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students" Elektronic Journal ELearning. 33-39.
Rohidi. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Sukmadinata. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.