Pengembangan “BALING” untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Erwin Winaryati Dyah Ristanti Ari Juari, Rida Fironika Kusumadewi, Yunita Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika pokok bahasan  lingkaran serta untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisannya. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil prestasi belajar siswa  khususnya materi lingkaran serta kurangnya referensi yang digunakan oleh guru pada saat pembelajaran school from home (daring). Bahan ajar ini bisa diakses oleh siswa melalui smartphone dan komputer. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysisi-Design-Development-Implementation-Evaluate). Berdasarkan lima tahapan tersebut pengembangan bahan ajar BALING dihasilkan persentase kelayakan dari tiga validator sebesar 86,22% dan termasuk dalam kritria layak. Hasil respon guru memperoleh skor 48 dengan hasil persentase sebesar 90%, dan hasil respon siswa memperoleh skor rata-rata sebesar 50 dengan hasil persentase 98% sehingga dinyatakan sebagai bahan ajar yang praktis. Nilai rata-rata siswa meningkatdengan hasil uji gain sebesar 0,69 menunjukkan bahan ajar BALING dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut bahan ajar BALING dinyatakan layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SDN Sumbermulyo 01.

Keywords


Bahan Ajar, Matematika, Prestasi Belajar, Lingkaran

References


Jazuli, M., Azizah, L. F., & Meita, N. M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Android Sebagai Media Interaktif. Jurnal Lensa (Lentera Sains), 7(20), 47–65.

Kususmadewi, R. F., Ulia, N., & Sari, Y. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Komik Digital untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SekolahDasar. Jurnal Phenomenon, 10(1), 85–101.

Lestari, I. P., Dewi, R. F. K., & Ulia, N. (2020). Pengembangan You-Mathbook untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Pada Siswa SD Islam Darul Huda Kota Semarang. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 105–120.

Nugroho, R., & Setyawati, R. T. (2016). Penggunaan Media Kancing Magnetik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Perkalian Bilangan Bulat. Jurnal Pendidikan, 1(2), 183–189.

Prastowo, A., & Wijaya, D. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (4th ed.). Yogyakarta: Diva Press.

Saputra, henry J., & Faizah, N. I. (2017). Pengembangan Bahan Ajar untuk Menumbuhkan Nilai Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 62–74.

Sari, Y. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Komik IPA dengan Penanaman Nilai Budai pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JSPD, 3(2), 129–142.

Subaryana. (2015). Konsep Diri dan Prestasi Belajar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 7(2), 21–30.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Ika, 2.

Ulia, N., Sari, Y., & Hariyono, M. (2020). Pengaruh Bahan Ajar Konsep Dasar Matematika Berbasis Internalisasi Nilai-Nilai Islam Terhadap Sikap Religius. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 1–10.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v2i2.9908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660