Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Media Manipulatif Siswa Kelas I Sekolah Dasar

Tri Wisudawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas dan prestasi belajar menggunakan pendekatan realistic mathematics education (RME)  berbantuan media manipulatif. Teknik penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus dan menggunakan desain penelitian Kemmis & McTaggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang dilakukan di kelas IA SD Negeri 1 Karangkobar menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan realistic mathematics education (RME)  berbantuan media manipulatif berlangsung dengan baik. Hasil kemampuan aktivitas pembelajaran dari prasiklus hanya 1 siswa atau 3,3% menjadi 24 siswa atau 80% pada akhir siklus II. Selain itu juga terjadi peningkatan prestasi belajar dari nilai rerata 58,23 dan ketuntasan 23,3% pada prasiklus menjadi 78,6 dan ketuntasan 83,3% pada akhir siklus II. Dengan demikian penggunaan pendekatan realistic mathematics education (RME)  berbantuan media manipulatif membawa peningkatan kemampuan aktivitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa kelas 1A SD Negeri 1 Karangkobar.


Keywords


Aktivitas belajar, Prestasi belajar, PTK, Realistic Mathematics Education

References


Aisyah, Nyimas. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Akbar, S. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Cipta Media Aksara.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin: Tulip.

Indraningtias, Aryadi, Diah Ayu, dan Wijaya. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berorientasi Pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP. Pendidikan Matematika, 6(5), 24–36. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51614

Kartika Fitriani, Maulana. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik, Mimbar Sekolah Dasar UPI, Vol. 3(1) (2016), 40-52, (2016), DOI: 10.17509/mimbar-sd.v3i1.2355.

Muhsetyo, Gatot dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Permendikbud Nomor 54 tahun 2013.

Santrock, John W. (2012). Life-Span Developmen; Perkembangan Masa-Hidup Edisi Ketigabelas Jilid I. Penerjemah Benedictine Widyasinta. Jakarta: Erlangga.

Setianingsih, R. (2016). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Mengembangkan Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 524–536.

Susilowati, E. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Melalui Model Realistic Mathematic Education (RME) Pada Siswa Kelas IV Semester I Di SD Negeri 4 Kradenan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 44-53. https://doi.org/10.29407/pn.v4i1.12494

Suryanto. 2007. ”Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)”. Majalah PMRI Vol. V No. 1 Januari 2007, halaman 8 – 10.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v2i2.9917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660