IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER MASYARAKAT ADAT (Studi Kasus Masyarakat adat Desa Pekuncen)
DOI:
https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10819Keywords:
Nilai, Karakter dan Masyarakat adatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis implementasi nilai-nilai karakter masyarakat adat dan proses penanaman nilai-nilai karakter masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Adapun subjek di dalam penelitian ini adalah kepala desa Pekuncen, ketua adat, budayawan Banyumas, sejarawan Banyumas, guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, tokoh masyarakat adat. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, karakter masyarakat adat Pekuncen masih dipertahankan dan diimplementasikan melalui karakter religius yang merupakan sinkretisme antara ajaran agama Islam dan kepercayaan lokal (kejawen) dalam bentuk tradisi Unggah-Unggahan, karakter disiplin turut mewarnai tradisi masyarakat dengan bentuk kepatuhan pengikut Bonokeling pada ajaran dan norma yang berlaku, karakter kerjasama (gotong royong) yang diwujudkan dalam sikap saling membantu kegiatan sosial. Kedua, proses penanaman karakter dilakukan di lingkungan keluarga dan masyarakat melalui sifat keteladanan, sikap disiplin, pembiasaan dan upaya melestarikan adat istiadat.References
Budimansyah, Dasim . 2007. Civic Education. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Fidiyani, Rini. 2008. Kedudukan Budaya Banyumas dalam Kebudayaan. Semarang: Universitas Diponogoro.
Firdausy, Yunda. 2016. Pudarnya Gotong Royong di Era Globalisasi.
Iskandar. 2009. “Metodelogi Penelitian Kualitatif”. Jakarta :Gaung Persada.
Kesuma, dkk. 2016. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya
Koenjraningrat. 1993.”RitusPeralihan Kepercayaan di Indonesia.” Jakarta:Aksara
Muntaha, Payiz Zawahir & Ismail Suardi Wekke. 2017. “ Paradigma Pendidikan Islam Multikultural: Keberagaman Indonesia dalam keberagaman”. Dalam Intizar. Volume 23, Nomer 1, hal 17. Palembang: LP2M, Universitas Islam Negeri Raden Patah.
Nucci P, Larry. 2016. Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Bandung : Nusa Media.
Suseno, Franzmagnis. 2001. Etika Jawa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sutrisno Mudji, Putranto Hendar. 2005. Teori-Teori Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yunus, Rasid. 2013. Transformasi Nilai-nilai Budaya Lokal sebagai Upaya Pengembangan Karakter Bangsa. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 14, No 1. Pendidikan Kewarganegaraan: Pascasarjana UPI.Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Khazanah Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.