PEMBERDAYAAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MELALUI MULTIMEDIA BERBASIS AUTOPLAY

Authors

  • Dwi Candra Setiawan Program Studi Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang
  • Meirina Dwita Setyowati SMP Islam Purwosari

DOI:

https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.11179

Keywords:

PTK, multimedia, Autoplay

Abstract

Tuntutan era industri 4.0 dengan perkembangan teknologi informasi di segala bidang perlu diperhatikan secara khusus. Pemanfaatan teknologi untuk memenuhi bermacam- macam kebutuhan hidup mengembangkan teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan di seluruh aspek kehidupan termasuk dalam dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberdayakan pemahaman konsep siswa melalui pemanfaatan multimedia berbasis autoplay. Jenis penelitian ini merupakan penelitian PTK dengan dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Penelitian ini akan dilaksanakan di SMP Islam Purwosari. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IX berjumlah 26. Disimpulkan dari hasil penelitian bahwa terdapat pemberdayaan pemahaman konsep siswa dengan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 1,15%.

Downloads

Published

2022-03-15

Issue

Section

Artikel