ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU PADA MATA PELAJARAN IPA

Pajri Rondoni, Abdul Khodir Zailani, Efzal Muji Rohmin, Ahmad Walid

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA (2) pengaruh kompetensi profesional guru terhadap minat belajar siswa dan (3) faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan metode pengumpulan data kuisioner, wawancara, dan observasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil minat belajar ipa siswa kelas IX SMP Negeri 14 Kota Bengkulu adalah 53% siswa yang tergolong tinggi, 39% siswa yang tergolong sedang, dan 8% siswa yang tergolong rendah dan kompetensi profesional guru mempengaruhi minat belajar IPA pada siswa kelas IX  SMP Negeri 14 Kota Bengkulu dengan perolehan nilai rata-rata 3,26. Minat belajar IPA siswa di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang memengaruhi minat belajar IPA adalah keingintahuan dan motivasi sedangkan faktor eksternal yang memengaruhi yakni lingkungan keluarga, cara guru mengajar, dan bahan pelajaran.

Kata Kunci : Analisis minat belajar siswa, kompetensi guru


Keywords


Minat Belajar Kompetensi Guru Siswa

References


Hemayanti, K. L., Muderawan, I. W., & Selamat, I. N. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas Xi Mia Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 20. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24060

Panjaitan, C. (2014). Analisa Minat Belajar Biologi Pada Rumpun Lintas Minat Berdasarkan Implementasi Kurikulum 2013 pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Penabur, 3, 1–9.

Arifin. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda karya

Chabib Thoha. 2003. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Isyad, Syarif Muhammad. 2013. Pengaruh Profesional Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Semarang: UNNES

Kuswana, Wowo, S. (2012). Taksonomi Kognitif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soeprodjo. 1995. Pengantar Evaluasi Pengajaran. Semarang: Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang

Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Santrock, J. W. 2007. Psikologi Perkembangan. Edisi 11 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jkp.v16i1.12196

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2807-1379