ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU PADA MATA PELAJARAN IPA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA (2) pengaruh kompetensi profesional guru terhadap minat belajar siswa dan (3) faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan metode pengumpulan data kuisioner, wawancara, dan observasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil minat belajar ipa siswa kelas IX SMP Negeri 14 Kota Bengkulu adalah 53% siswa yang tergolong tinggi, 39% siswa yang tergolong sedang, dan 8% siswa yang tergolong rendah dan kompetensi profesional guru mempengaruhi minat belajar IPA pada siswa kelas IX SMP Negeri 14 Kota Bengkulu dengan perolehan nilai rata-rata 3,26. Minat belajar IPA siswa di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang memengaruhi minat belajar IPA adalah keingintahuan dan motivasi sedangkan faktor eksternal yang memengaruhi yakni lingkungan keluarga, cara guru mengajar, dan bahan pelajaran.
Kata Kunci : Analisis minat belajar siswa, kompetensi guru
Keywords
References
Hemayanti, K. L., Muderawan, I. W., & Selamat, I. N. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas Xi Mia Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 20. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24060
Panjaitan, C. (2014). Analisa Minat Belajar Biologi Pada Rumpun Lintas Minat Berdasarkan Implementasi Kurikulum 2013 pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Penabur, 3, 1–9.
Arifin. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda karya
Chabib Thoha. 2003. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Isyad, Syarif Muhammad. 2013. Pengaruh Profesional Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Semarang: UNNES
Kuswana, Wowo, S. (2012). Taksonomi Kognitif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Soeprodjo. 1995. Pengantar Evaluasi Pengajaran. Semarang: Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang
Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu
Santrock, J. W. 2007. Psikologi Perkembangan. Edisi 11 Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada
DOI: 10.30595/jkp.v16i1.12196
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2807-1379
|
Statcounter