SUPERVISI MUTU AKADEMIK PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SDN 091277 SIANTAR ESTATE

Authors

  • Fahrul Rozi Capah <p style="text-align: left;" align="center">UIN Sumatera Utara, Sumatera Utara</p>
  • Muhammad Yusuf Lubis UIN Sumatera Utara, Sumatera Utara
  • Amiruddin Siahaan UIN Sumatera Utara, Sumatera Utara
  • Rizki Akmalia UIN Sumatera Utara, Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.12997

Keywords:

Manajemen, Supervisi, Mutu Pendidikan

Abstract

Supervisi akademik sendiri diduga akan dapat memberi pengaruh kinerja kerja bagi guru. Beberapa tugas supervisi akademik sendiri ialah untuk membimbing, membina, dan juga dapat mengarahkan guru ketika menjalankan kegiatan proses belajar mengajar yang akan dapat menciptakan kualitas mutu pada pendidikan sekolah. Pelaksanaan supervisi akademik senduru merupakan menjadi salah satu tugas dari pengawas sekolah. Yang terdapat pada Peraturan Pemerintahan nomor 19 tahun 2005, yang ada di pasal 39 ayat (1) ...dinyatakan pengawasan pada bidang pendidikan formal yang dilaksanakan oleh pengawas pada satuan  pendidikan Indonesia.

Author Biographies

Fahrul Rozi Capah, <p style="text-align: left;" align="center">UIN Sumatera Utara, Sumatera Utara</p>

Program Studi Manajemen Mutu Pendidikan

Muhammad Yusuf Lubis, UIN Sumatera Utara, Sumatera Utara

Program Studi Manajemen Mutu Pendidikan

Amiruddin Siahaan, UIN Sumatera Utara, Sumatera Utara

Program Studi Manajemen Mutu Pendidikan

Rizki Akmalia, UIN Sumatera Utara, Sumatera Utara

Program Studi Manajemen Mutu Pendidikan

References

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah,

Menpan Nomor 091/Kep/Men. Pan/10/2001 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya

Hossain, M. (2018). The Effects of Governance Reforms on School Supervision: An Analysis of Six Developing and Emerging Economies. International Perspectives on Education and Society, 127–160. doi:10.1108/s1479-367920180000035011

Smith, K. (2000). Academic Supervision and the Dysfunctional Family. Research in Education, 64(1), 12–19. doi:10.7227/rie.64.2

Wilson, D. (2017). Supervision of Indigenous research students: considerations for cross-cultural supervisors. AlterNative: An International Journal of Indigenous Peoples, 13(4), 256–265. doi:10.1177/1177180117729771

Davila, Z. (2019). Integrating Multicultural Discussions in Counseling Supervision: A Grounded Theory Study. (Doctoral Dissertation). Liberty University. Retrieved from https://digitalcommons.liberty.edu/doctoral/2116

Downloads

Published

2022-03-14

Issue

Section

Artikel