ANALISIS STANDAR PENILAIAN PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 2 PENDOPO
Abstract
Penilaian dalam pendidikan merupakan bagian dari kurikulum, sehingga penilaian atau evaluasi ini sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari bagian kurikulum lainnya (Warsito, 2016). Teknologi informasi dan komunikasi berkembang begitu cepat dan memiliki peran strategis pada abad ke-21, yang ditandai dengan peran teknologi informasi dan komunikasi yang signifikan dalam berbagai bidang kehidupan manusia (Kusaeri, 2012). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil standar penilaian pembelajaran IPA yang dilaksanakan oleh SMP Negeri 2 Pendopo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan, mengkarakterisasi dan menganalisis standar penilaian pendidikan. Pengumpulan data dilakukan pada 9 November 2022. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari hasil penilaian pembelajaran SMP Negeri 2 Pendopo dinilai baik berdasarkan ketiga Permendikbud yang digunakan. Aspek proses masuk kategori sangat baik, sedangkan hasil penilaian aspek sarana dan prasarana serta produk masuk kategori baik. Hasil penilaian secara umum termasuk dalam kategori baik.
Keywords
References
Hidayah, I. 2020. “Analisis Standar Penilaian Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan 4(1): 85–105.
Kusainun, N. 2020. “Analisis Standar Penilaian Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan 4(1): 134–54.
Masu, Elisabet et al. 2021. “Jurnal Citra Pendidikan ( JCP ).” 1: 560–65.
Mustopa, Ahmad, Jasim. J, Hasan. B, and Ujang. C.B. 2021. “Analisis Standar Penilaian Pendidikan.” Jurnal Manajemen Pendidikan 9(1): 24–29.
Sulfemi, Wahyu. B. 2019. “Standar Penilaian Pendidikan Sekolah.” (106): 3. https://osf.io/munp2/download.
Rahayu, Yayu. N, Rosyadi. R., Ujang. C.B., and Sofyan. S. 2021. “Analisis Standar Penilaian Pada Pendidikan Menengah Atas: Studi Literatur Review.” Gema Wiralodra 11(1): 17–33. https://gemawiralodra.unwir.ac.id/index.php/gemawiralodra/article/view/151.
Yanti .Y., Arwani, Toto. W., Hanafiah, Ida T. 2022. “Eduvis : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.” Penguatan Kompetensi Guru Melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan 7(1): 97–106.
DOI: 10.30595/jkp.v17i1.16039
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2807-1379
|
Statcounter