DESKRIPSI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP MATERI ANALISIS DATA DAN PELUANG SERTA DIKAJI DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA SANTO PAULUS PONTIANAK
Abstract
Pada umumnya, ada dua unsur yang sangat berpengaruh pada pendidikan peserta didik, yaitu faktor internal dan eksternal. Penelitian ini pada dasarnya memiliki tujuan untuk mengetahui adanya keterkaitan antara hasil belajar terhadap salah satu faktor internal belajar, yaitu minat belajar peserta didik di kelas X SMA Santo Paulus Pontianak. Metode penelitian yang dipergunakan di penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang menggunakan kuesioner (angket), interview (wawancara), dan dokumentasi. Angket minat belajar peserta didik di pembelajaran matematika dibagikan pada peserta didik setelah mereka mengerjakan soal tes materi analisis data dan peluang yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 15 soal. Pada penelitian ini, subjeknya adalah semua peserta didik kelas X-A yang beranggotakan 38 peserta didik, dimana mereka mewakili semua peserta didik kelas X yang ada di SMA Santo Paulus Pontianak. Hasil analisis jawaban peserta didik untuk angket minat belajar matematika didapati bahwa peserta didik kelas X SMA Santo Paulus Pontianak mempunyai minat belajar terhadap pembelajaran matematika yang beragam, yaitu rendah, sedang, dan tinggi.
Keywords
References
Auliya, D., & Marlina, R. (2021). Minat Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Jenis Kelamin : Adakah Pengaruhnya? JIPMat, 6(2), 179–193. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i2.9035
Bahauddin, A. (2019). Berbasis Guided Inquiry Berorientasi Pemahaman Konsep Dan. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains Edisi, December.
Dores, O. J., Huda, F. A., & Riana, R. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 4 Sirang Setambang Tahun Pelajaran 2018/2019. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–48. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i1.408
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 6. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870
Imanulloh, H. (2020). Penelitian Deskriptif Kualitatif. In Www.Tripven.Com. https://www.tripven.com/penelitian-deskriptif-kualitatif/
Lexy J. Moleong, D. M. A. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosda Karya. https://doi.org/10.1016/j.carbpol.2013.02.055
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Olsson, J. (2008). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. 信阳师范学院, 1(1), 305. http://ejournal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org
Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 17–22. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.519
Prayuga, Y., & Abadi, A. P. (2019). Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1d), 1052–1058. file:///C:/Users/MeLinDa/Downloads/2451-File Utama Naskah-7123-1-10-20191212.pdf
Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2010). 2, 7–34.
DOI: 10.30595/jkp.v17i1.16050
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2807-1379
|
Statcounter