EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR

Dulhamin Napitupulu, Mulyanto Mulyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas program gerakan literasi sekolah yang dilaksanakan di SD Salman Alfarisi Cibinong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif evaluatif dengan model evaluasi Context Input Process and Product (CIPP) yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Data diperoleh melalui wawancara dan penyebaran angket. Hasil penelitian program gerakan literasi sekolah dengan menggunakan model CIPP telah terlaksana dengan baik. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa pada konteks telah merancang program gerakan literasi sekolah dengan tujuan yang jelas. Untuk input program gerakan literasi sekolah sudah memenuhi sarana dan prasarana yang menunjang proses. Kemudian pada proses masih ada hambatan dalam menjalankan program gerakan literasi sekolah seperti belum lengkapnya sarana dan prasarana. Produk yang dihasilkan dari pelaksanaan program gerakan literasi sekolah yaitu baik sekali dengan rata-rata 87,5% dari enam komponen salah satunya yaitu manfaat yang diperoleh peserta didik seperti minat baca. Sama halnya dengan yang diharapkan dari tujuan gerakan literasi sekolah di SD Salman Alfarisi Cibinong yaitu menumbuhkan minat baca pada peserta didik.

Keywords


Evaluasi, Gerakan Literasi Sekolah, CIPP

References


Faizah, dewi susanti sufy, & Adi. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Sekolah Dasar. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Hasanudin, C., Universitas, P., Semarang, N., Bahasa, I. P., Universitas, P., & Semarang, N. (2021). JPE ( Jurnal Pendidikan Edutama ) Vol . 8 No . 2 Juli 2021 EVALUASI PERKULIAHAN DARING KETERAMPILAN MENULIS SELAMA. 8(2), 27–38.

Istiqomah, H. N., & Johan, R. C. (n.d.). ( Studi Evaluasi tentang Gerakan Literasi Sekolah di SMPN 2 Tarogong Kidul ).

Kemendikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Permendikbud, 45.

Kemendikbud. (2017a). Pedoman penilaian dan evaluasi gerakan literasi nasional. 1–66. http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/08/pedoman-penilaian-evaluasi-gln.pdf

Kemendikbud. (2017b). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, 53(9), 1689–1699.

Kemendikbud, D. (2019). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan). https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2019/07/Desain-Induk-Gerakan-Literasi-Sekolah-2019.pdf

Khusna, S., Mufridah, L., Sakinah, N., & Annur, A. F. (2022). Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2). https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.454

Kota, W., & Kabupaten, D. A. N. (2019). 4 1,2,3. IV.

Kurnia Destrianto, Y. D. (2021). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Kristen 04 Eben Haezer. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 133–139.

Linguistik, K., Sd, S., & Umj, F. I. P. (2016). 1) , 2) 1). 4197.

Marseno, R., Kusuma, W. A., & Saleh, A. R. (n.d.). Identifikasi literasi informasi dalam rangka pengembangan kurikulum di sekolah dasar. 13(1), 9–17.

Restu, I., Trianggoro, W., & Koeswanti, H. D. (2021). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah ( Gelis ) Di Sekolah Dasar. 4, 355–362.

Septiary, D., Kurikulum, J., Pendidikan, T., Penelitian, A., Sekolah, G. L., Sokonandi, S. D. M., Sekolah, G. L., Sokonandi, S. D. M., Sekolah, G. L., Gerakan, P., & Sekolah, L. (n.d.). MUHAMMADIYAH SOKONANDI IMPLEMENTING THE SCHOOL LITERACY MOVEMENT ( SLM ) PROGRAM IN SD. c.

SetyaNingsih, U., Mawardi, & Ismanto, B. (2021). Evaluasi Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada SMP Negeri 6 Salatiga Menggunakan Discrepancy Evaluation Model (DEM). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 140–253.

Sulistyo, A. (2017). Evaluasi Program Budaya Membaca di SD Negeri. Prosiding TEP & PDs, 4(1), 88–96. http://dx.doi.org/10.1016/bs.ampbs.2017.04.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.arabjc.2013.08.010%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.chemosphere.2013.01.075%0Ahttp://www.pnas.org/cgi/doi/10.1073/pnas.0308555101%0Ahttp://www.treemediation.com/technical/phytoremed

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Trianggoro, I. R. W., & Koeswanti, H. D. (2021). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah (Gelis) Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 355–362. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.40629

Vanbela, V. T., Fuad, N., & Marini, A. (2019). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SDN Rorotan 05 Kota Jakarta Utara. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 1. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.11963

Widayoko, A. (2018). ANALISIS PROGRAM IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH ( GLS ) DENGAN PENDEKATAN GOAL-BASED. 16(1), 78–92.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jkp.v17i1.16331

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2807-1379