- Home
- Vol 17, No 1
- Rujianto
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BAGI PESERTA DIDIK XII-1 SMAN 1 PENAJAM PASER UTARA
Rujianto Rujianto
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Jenis Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian tindakan kelas adalah peserta didik kelas XII-1 SMA Negeri 1 Penajam Paser Utara yang berjumlah 30 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes,metode dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika peserta didik materi statistika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) Ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I sebanyak 16 peserta didik (53%) dan pada siklus II mencapai 25 peserta didik (83%) dan keaktifan siswa pada siklus I adalah 64,44% dan keaktifan siswa pada siklus II mencapai 87,67% . Kesimpulan penelitian ini adalah dengan pelaksanaan pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik XII-1 pada materi Statistika
Keywords
Hasil Belajar; Statistika; Tuntas Belajar
References
Nana Sudjana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Ibrahim, M., Rahchmadiarti, F., Nur, M., Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Anita Lie. 2004. Cooperative Learning. Jakarta : Gramedia.
Oemar Hamalik. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Wina Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media
Wijaya Kusumah,2011. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Indeks
Daryanto,2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media
Saur Tampubolon, 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan.Jakarta : Erlangga
Fita Nur Arifah. 2017. Panduan Menulis Penelitian Tindakan Kelas & Karya Tulis Ilmiah Untuk Guru. Yogyakarta: Araska
Jumanta Hamdayana. 2019. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara)
Full Text:
PDF
DOI:
10.30595/jkp.v17i1.16602
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License.