PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BAGI PESERTA DIDIK XII-1 SMAN 1 PENAJAM PASER UTARA

Rujianto Rujianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Jenis Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian tindakan kelas adalah peserta didik kelas XII-1 SMA Negeri 1 Penajam Paser Utara yang berjumlah 30 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes,metode dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika peserta didik materi statistika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) Ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I  sebanyak 16 peserta didik (53%) dan pada siklus II mencapai 25 peserta didik (83%) dan keaktifan siswa pada siklus I adalah 64,44% dan keaktifan siswa pada siklus II mencapai 87,67% . Kesimpulan penelitian ini adalah dengan pelaksanaan pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik XII-1 pada materi Statistika

Keywords


Hasil Belajar; Statistika; Tuntas Belajar

References


Nana Sudjana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, M., Rahchmadiarti, F., Nur, M., Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Anita Lie. 2004. Cooperative Learning. Jakarta : Gramedia.

Oemar Hamalik. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Wina Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media

Wijaya Kusumah,2011. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Indeks

Daryanto,2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Saur Tampubolon, 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan.Jakarta : Erlangga

Fita Nur Arifah. 2017. Panduan Menulis Penelitian Tindakan Kelas & Karya Tulis Ilmiah Untuk Guru. Yogyakarta: Araska

Jumanta Hamdayana. 2019. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara)


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jkp.v17i1.16602

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2807-1379