MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XI-1 IPA SMA NEGERI I PENAJAM PASER UTARA
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn khususnya pada materi Sistem dan Dinamika Demokrasi di Indonesia menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas XI-1 IPA SMA Negeri I Penajam Paser Utara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terbagi ke dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan,evaluasi, dan refleksi. Sarana yang dilakukan adalah lembar kerja siswa, tes tertulis, dan lembar pengamatan sikap. Indikator keberhasilannya adalah peningkatan hasil belajar secara individu dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar PPKn khususnya pada materi Sistem dan Dinamika Demokrasi di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pretes sebelum tindakan adalah 67,66 meningkat menjadi 74,06 pada siklus I dan 81,56 postes siklus II. Ketuntasan belajaranya juga mengalami peningkatan dari 31,25 % pada saat pretes menjadi 56,25 %. pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 87,5 % pada postes siklus II.
Keywords
Model Pembelajaran Discovery Learning; Peningkatan Hasil Belajar Sistem; Dinamika Demokrasi di Indonesia
References
BSNP,. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemendiknas.Jakarta
BSNP,. 2016.Permendiknas Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Kemendikbud. Jakarta
Hosnon, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia. Bogor
Ratna Wilis Dahar. 2010. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga. Jakarta
Suharsimi Arikunto,dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta
Tukiran Taniredja,dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru Praktik, Praktis, Mudah. Alfabeta. Bandung
DOI: 10.30595/jkp.v17i1.16622
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2807-1379
|
Statcounter
User
Information
About The Author