ANALISIS DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 LAGUBOTI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Suwandi Pangaribuan, Anggiat Sinurat, Ease Arent

Abstract


Dampak pandemi covid-19 terhadap pendidikan khususnya pembelajaran geografi. Mata pelajaran geografi merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit. Bagi guru kesulitannya memberikan latihan yang benar-benar melihat potensi siswa. Sedangkan bagi siswa kesulitan yang mereka alami adalah sulit memahami materi geografi.  Apalagi saat pendmi covid berlangsung. Oleh sebab itu yang menjadi tujuan artikel ini adalah untuk menganalisis dampak pandemik covid pada hasil belajar geografi. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kulitatif deskritif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peran guru yang kreatif selama pandemi covid dilanjutkan dengan peran guru yang tidak dapat tergantikan oleh teknologi. Hal tersebut dapat dapat diketahui hasil belajar siswa meninggkat namun karakter siswa menurun.

Keywords


Pandemi covid; Hasil belajar geografi; Sekolah Menengah Atas

Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jkp.v17i1.17257

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2807-1379