PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI
Abstract
Keywords
References
Agustanti, R. N., Syahriridani, M., Ariani, N. N. F., Susilo, H., Lukiati, B., Setiowati, F. K., & Masita, R. (2021). Analisis keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi mahasiswa biologi melalui Problem-based Learning pada materi fotosintesis. SEMINAR NASIONAL VI Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang, 134–139. http://research-report.umm.ac.id/index.php/psnpb/article/viewFile/4783/4291
Aminah, S. (2018). Pentingnya mengembangkan ketrampilan mendengarkan efektif dalam konseling. Jurnal EDUCATIO, 4(2), 108–114. http://jurnal.iicet.org
Arends, R. (2012). Learning to Teach. McGraw-Hill Education.
Ariandi, Y. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Aktivitas Belajar pada Model Pembelajaran PBL. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, X(1996), 579–585. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21561
Aryanti, F., Surtikanti, H., & Riandi, R. (2017). Penerapan Problem Based Learning (PBL) berbantuan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan. BIOSFER : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 2(1), 14–20. https://doi.org/10.23969/biosfer.v2i1.370
Batoebara, M. U. (2021). INOVASI DAN KOLABORASI DALAM ERA KOMUNIKASI DIGITAL. Jurnal Publik Reform UNDHAR MEDAN, 8(1), 21–29. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/jpr.v8i1.1470
Dakabesi, E., & Wicaksono, L. (2022). Kepemimpinan Kolaborasi Kepala Sekolah Dalam Membangun Tim Kinerja Guru Di Era Society 5 . 0. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(4), 2653–2666. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i4.3899/http
Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. Corwin.
Hendriyani, M. E., & Novi, R. (2020). Laporan Praktikum Mandiri Dalam Bentuk Video Presentasi Untuk Mengembangkan Kreativitas Dan Komunikasi Lisan Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 3(1), 328–339. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/9948/6460
Irawan, B. (2019). Organisasi Formal Dan Informal: Tinjauan Konsep, Perbandingan, Dan Studi Kasus. Jurnal Administrative Reform, 6(4), 195. https://doi.org/10.52239/jar.v6i4.1921
Kaswadi, D. A., Wulandari, E., & Trisiana, A. (2019). Pentingnya Komunikasi Sosial Budaya Di Era Globalisasi Dalam Perspektif Nilai Pancasila. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 62–71. https://doi.org/10.33061/glcz.v6i2.2551
Listia, W. N. (2015). Anak sebagai makhluk sosial. Bunga Rampai Usia Emas, 1(1), 14–23. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jhp/article/view/9278
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342
Mulyaningsih, I. E. (2014). PENGARUH INTERAKSI SOSIAL KELUARGA, MOTIVASI BELAJAR, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Jurnar Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441–451.
Mulyono, O., Bustami, Y., & Julung, H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi Sekolah Menengah Pertama Melalui Metode Demonstrasi. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(2), 15–19. https://doi.org/10.31932/jpbio.v2i2.220
Putri, R. K. (2020). Penerapan Metode Talkshow untuk Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Simbiosa, 9(1), 29. https://doi.org/10.33373/sim-bio.v9i1.2379
Rafiki, R., Abidin, Y., Nurhuda, T., Putra, Y. P., & Sarifudin, A. (2022). Keterampilan membaca pemahaman dalam materi ragam teks berbasis HOTS dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SD. Jurnal Pedagogik Indonesia, 1(1), 27–37.
Rismorlita, C. E., Philiyanti, F., Prasetio, V. M., & Purnama, L. (2021). Relevansi Kebutuhan Stakeholder Terhadap Pengembangan Kurikulum Berbasis Keterampilan Abad 21. KAGAMI Jurnal Pendidikan Dan Bahasa Jepang, 12(2), 12–20. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/kagami/article/view/23833/11989
Saenab, S., Yunus, S. R., & Husain, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA. Biosel: Biology Science and Education, 8(1), 29. https://doi.org/10.33477/bs.v8i1.844
Sunardi, H., Sartika, D., & Saluza, I. (2019). PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI KOLABORASI PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN PEMBELAJARAN VIRTUAL. Jurnal Abdimas Mandiri, 3(2). https://doi.org/10.36982/jam.v3i2.822
Toyib, H., Ndraha, A. B., & Telaumbanua, Y. (2022). KOLABORASI SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENCAPAIAN TARGET DAN SASARAN KINERJA LKPJ PADA DINAS KETAHANAN PANGAN, PERTANIAN DAN PERIKANAN KABUPATEN NIAS. Jurnal EMBA, 10(4), 1508–1516. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/43995
Wilsa, A. W., Susilowati, S. M. E., & Rahayu, E. S. (2017). Problem Based Learning Berbasis Socio-Scientific Issue untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Siswa. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 129–137. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise
Zaini, A., & Marsigit, M. (2014). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik Dan Konvensional Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 152. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2672
Zamzami, & Sahana, W. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi. Journal Educational Research and Social Studies, 2(1), 25–37. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jrss/article/view/102/86DOI: 10.30595/jkp.v17i2.18326
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2807-1379
|
Statcounter