PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN KELAS X SMA
Abstract
Keywords
References
Alfiyah, N. & Siswono, T. Y. E. (2014). Identifikasi Kesulitan Metakognisi Siswa Memecahkan Masalah Matematika. Mathedunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3 (2), 131-138.
Brown, A. L. 1980. “Metacognition Development and Reading”. Theotitical Issue in Reading Comprehension. Hillsdaale, New Jersey: Erlbaum.
Flavell. (1979). Perkembangan Metakognitif dan Pemantauan Kognitif, Area Baru Kognitif. American Psychologist, Standford University, 34 (10), 906-911.
Kemendikbud. 2014. Model Discovery Learning. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
Masitoh, U., Suganda & Widiantie. (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Alat Peraga Sederhana Kemampuan Metakognitif. Jurnal Pendidikan dan Biologi. 11(1).
Rahayu, P., Widiyatmoko, A., & Hartono, H. (2015). Penggunakan Strategi Poe Menggunakan Metode Learning Journals Dalam Pembelajaran IPA Dalam Memberikan Pemahaman Konsep Serta Keterampilan Proses Sains. Unnes Science Education Journal, 4(3), 1014-1021.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suherman, Erman dkk. (2001). Strategi Dalam Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jica.
Tanjung, I. F., Rohani, R., & Vera, N. M. (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran Discovery Learning Dengan Bantuan Mini-Magz Untuk Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa. Jurnal Biolokus, 3(2), 335-341
Prayitno, B. A. (2011). Perkembangan Perangkat Pembelajaran IPA Biologi SMP Inkuiri Terbimbing Dengan Kooperatif STAD dan Pengaruh Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Metakognisi, dan Keterampilan Proses SAINS Siswa Berkemampuan Akademik Atas dan Bawah. Disertasi tidak dipublikasikan. Malang: PPs UM.
Wardana, R.W, Prihatini, A & Hidayat M. (2021). Identifikasi Kesadaran Metakognitif Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika. Journal of Science Education. 5(1), 1-9.
Zarisma, U., Qurbaniah, M., & Muldayanti, N. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Untuk Materi Dunia Tumbuhan Kelas X SMA Negeri 1 Sambas. Jurnal Biologi Education, Vol 3 (2).DOI: 10.30595/jkp.v17i2.19286
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2807-1379
|
Statcounter