EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTORIK PADA PRAKTIK PENATAAN SANGGUL
DOI:
https://doi.org/10.30595/jkp.v18i1.19680Keywords:
Efektivitas, Instrument, Penilaian Psikomotorik, Penataan SanggulAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat seberapa besar efektivitas pengembangan instrumen penilaian psikomotorik dalam meningkatkan hasil belajar penatan sanggul pada program studi Pendidikan tata rias Universitas Negeri Jakarta. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Reseach and Development (R&D) dengan model pengembangannya Borg and Gall. Uji keefektifan dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan yang signifikan setelah proses pembelajaran. Uji efektifitas ini dianalisis dengan uji normalized gain untuk mengetahui besar peningkatan nilai pretest dan posttest. . Hasil pretest penataan sanggul yaitu 73, sedangkan pada hasil post test sebesar 81.Setelah, dilaksanakan uji coba selama 3 kali pertemuan,. Terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa. N-Gain yang diperoleh 0,4 yang menunjukkan angka <0,4 yang berarti bahwa yang menunjukkan bahwa instrumen yang dibuat memiliki tingkat efektivitas sedang karena berada pada rentang 0.3-0.69References
Febrina, R. (2019). Evaluasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
halim, A. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Aspek Keerampilan. Jurnal Pemikiran Keislaman, 20-39.
Jubaedah, l. (2023). rencana pembelajaran Semester Penataan sanggul. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
kumala, c. (2015). Pengembangan Instrumen penilaian praktik Rias pengantin Jogja paes ageng pada mata Kuliah Rias pengantin jawa. Journal of Educational Sosial Studies, 78-80.
Nazwatul Ilmi, ,. D. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Fisika AMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2016 (p. 57). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Sayyidatul Karimah, R. U. (2018). Keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo terhadap kreatifitas mahasiswa . JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 97-101.
Stela Ramadhani Khalashinikov, M. S. (2020). Efektivitas Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis. Jurnal Ilmiah Ilmu kependidikan, 268-275.
Sudirtha, I. g. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen mata kuliah praktik Busana pada program Studi pendidikan Tata Busana. Jurnal pendidikan Indonesia, 326-336.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan . Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Khazanah Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.