EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTORIK PADA PRAKTIK PENATAAN SANGGUL

Authors

  • Lilis Jubaedah Universitas Negeri Jakarta
  • Sri Irtawidjajanti Universitas Negeri Jakarta
  • Lintang Lintang Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30595/jkp.v18i1.19680

Keywords:

Efektivitas, Instrument, Penilaian Psikomotorik, Penataan Sanggul

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat seberapa besar efektivitas pengembangan instrumen penilaian psikomotorik dalam meningkatkan hasil belajar penatan sanggul pada program studi Pendidikan tata rias Universitas Negeri Jakarta. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Reseach and Development (R&D) dengan model pengembangannya Borg and Gall. Uji keefektifan dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan yang signifikan setelah proses pembelajaran. Uji efektifitas ini dianalisis dengan uji normalized gain untuk mengetahui besar peningkatan nilai pretest dan posttest. . Hasil pretest penataan sanggul  yaitu 73, sedangkan pada hasil post test sebesar 81.Setelah, dilaksanakan uji coba selama 3 kali pertemuan,. Terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa. N-Gain yang diperoleh 0,4 yang menunjukkan angka <0,4 yang berarti bahwa yang menunjukkan bahwa instrumen yang dibuat memiliki tingkat efektivitas sedang karena berada pada rentang 0.3-0.69

References

Febrina, R. (2019). Evaluasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

halim, A. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Aspek Keerampilan. Jurnal Pemikiran Keislaman, 20-39.

Jubaedah, l. (2023). rencana pembelajaran Semester Penataan sanggul. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

kumala, c. (2015). Pengembangan Instrumen penilaian praktik Rias pengantin Jogja paes ageng pada mata Kuliah Rias pengantin jawa. Journal of Educational Sosial Studies, 78-80.

Nazwatul Ilmi, ,. D. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Fisika AMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2016 (p. 57). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Sayyidatul Karimah, R. U. (2018). Keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo terhadap kreatifitas mahasiswa . JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 97-101.

Stela Ramadhani Khalashinikov, M. S. (2020). Efektivitas Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis. Jurnal Ilmiah Ilmu kependidikan, 268-275.

Sudirtha, I. g. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen mata kuliah praktik Busana pada program Studi pendidikan Tata Busana. Jurnal pendidikan Indonesia, 326-336.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan . Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Artikel