PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PECAHAN SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN PAPAN PECAHAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI KELAS V DI SDN CARIU MULYA 3

Anggun Sri Berlian, Ayu Dian Puspiya, Cica Cintya Dewi, Claudi Silva, Yayan Alpian

Abstract


faktor yang dapat menyebabkan rendahnya literasi sains siswa Indonesia antara lain siswa yang tidak terbiasa dengan pertanyaan dalam bentuk wacana dan proses pembelajaran yang kurang mendorong perkembangan literasi siswa. Abad ini menuntut perubahan yang signifikan dalam sistem pendidikan nasional. Kami memahami bahwa pendidikan kami adalah warisan dari sistem pendidikan sebelumnya, yang isinya dapat dipelajari dan memiliki makna. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menilai pengaruh dari pemberian media pembelajaran papan pecahan pada pembelajaran matematika dengan penilaian menggunakan model project based learning yang diterapkan di SDN karya Sari II pada kelas V. Menggunakan metode kualitatif dalam teknik pengumlan datanya. Hasilnya faktor internal berupa kesejahteraan jasmani dan rohani siswa mempengaruhi motivasi belajar siswa. Faktor eksternal ada di luar siswa dan siswa. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar pecahan siswa sekolah dasar menggunakan papan pecahan sebagai media materi pembelajaran kelas V di SDN Cariu Mulya 3.


Keywords


PROJECT BASED LEARNING,HASIL BELAJAR ,PAPAN PECAHAN

References


Adriyawati, Utomo, E., Rahmawati, Y., & Mardiah, A. (2020). Steam-project-based learning integration to improve elementary school students’ scientific literacy on alternative energy learning. Universal Journal of Educational Research, 8(5), 1863–1873.

Arofiq. (2019). Increased Motivation and Student Outcomes Through Problem Based Learning (PBL) in Mathematics Learning. IJECA International Journal of Education & Curriculum Application, 2(3). Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/IJECA

Astuti, I. D., Toto, T., & Yulisma, L. (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Aktivitas Belajar Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 11(2), 93.

Bauer, J.-R., & Booth, A. E. (2018). Title: Exploring Potential Cognitive Foundations of Scientific Literacy in Preschoolers: Causal Reasoning and Executive Function, (1535102).

Chen, C. H., & Yang, Y. C. (2019). Revisiting the effects of project-based learning on students’ academic achievement: A meta-analysis investigating moderators. Educational Research Review (Vol. 26). Elsevier Ltd. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.edurev.2018.11.001

Chen, Y. C. (2019). Using the Science Talk–Writing Heuristic to Build a New Era of Scientific Literacy. Reading Teacher, 73(1), 51–64.

Destian, Y. D. (2018). Implementasi Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Membuat Komik Berbantuan Komputer Pada Materi Virus. FKIP UNPAS.

Efriyanti, L., & Annas, F. (2020). Aplikasi Mobile Learning Sebagai Sarana Pembelajaran Abad 21 bagi Pendidik dan Peserta Didik di era Revolusi Industri 4.0. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 5(1), 29.

Ehi Ajayi, E., Amokaha Aboho, D., & Oluwatosin Ajayi, V. (2018). Effects of Experiential and Inquiry Teaching Strategies on Upper Basic Students’ Achievement in Social Studies. Benue State University Journal of Education (BSUJE), 18(1), 119–129. Retrieved from https://ssrn.com/abstract=3199446

Farihatun, S. M., & Rusdarti. (2019). Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Ter-hadap Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 635–651. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85.

Fitry, T., Maizora, S., & Rusdi, R. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Role Playing Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 21 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 6–12.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Bisnis Multivariete dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Universitas Diponogoro.

Hamdalia Herzon, H., Budijanto, & Hari Utomo, D. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: TEori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 42–46. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Husni, H. (2020). The Effect of Inquiry-based Learning on Religious Subjects Learning Activities: An Experimental Study in High Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(1), 43.

Ismuwardani, Z., Nuryatin, A., & Doyin, M. (2019). Implementation of Project Based Learning Model to Increased Creativity and Self-Reliance of Students on Poetry Writing Skills Article Info. Journal of Primary Education, 8(1), 51–58. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/25229

Jayadi, A., Putri, D. H., & Johan, H. (2020). Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 Pada Aspek Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Sma Kota Bengkulu Dalam Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 25–32.

Kholida, S. I., & Suprianto, S. (2020). … Model Pembelajaran Project Based Lerning (PjBL) Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Terhadap Motivasi Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Pada Siswa. Prosiding Seminar Nasional FKIP …, (1), 11–12.

Komarudin, K., Puspita, L., Suherman, S., & Fauziyyah, I. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar: Dampak Model Project Based Learning Model. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 43.

Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PJBL). Mimbar Ilmu, 25(1), 1.

Kurniawan, H. R., Elmunsyah, H., & Muladi, M. (2018). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Think Pair Share (TPS) Berbantuan Modul Ajar Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Rancang Bangun Jaringan. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 3(2), 80.

Lamria, S. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Keliling. Dinamika, 2(1), 84–90.

Murdika. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas XMIA-3 SMAN 1 Tanete Rilau (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia dan Bentuk Geometri). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia, 19(1).

Mutakinati, L., Anwari, I., & Yoshisuke, K. (2018). Analysis of students’ critical thinking skill of middle school through stem education project-based learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 54–65.

Ningsih, I. H., Winarni, R., & Roemintoyo. (2019). Peran Guru Dalam Pembelajaran Menulis Permulaan Menghadi Abad 21. BASINDO : jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya, 3(1), 38–43.

Pereto, F. M. K. (2019). Habituasi Untuk Menguatkan Karakter Nasionalisme Peserta Didik Wilayah Perbatasan Pada Abad 21. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 216–230.

Rahmat Azis Nabawi, Jalinus, N., & Syahril. (2019). Mewujudkan Tujuan Pendirian Akademi Komunitas Melalui Penerapan Model Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(2), 51– 58.

Rifai, S. S., Uswatun, D. A., & Nurasiah, I. (2019). Model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan sikap tanggung jawab ilmiah peserta didik di kelas tinggi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(2), 127.

Roach, W. A. (2018). The Impact of Using Elementary Science Specialists on 5 Th Grade Science Achievement Scores. Retrieved from https://digitalcommons.liberty.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=3020&context=doctoral

Samsulimi, Nurmaliah, & Safrida. (2019). The Use of Problem Based Learning (PBL) Model to ImproveThe Motivation in MAN Blangpidie. Jurnal Biologi Edukasi, 9(1), 20–24.

Saragih, R. S., & Simarmata, engki M. P. (2019). Kepemimpinan, Kepuasan Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 19(2), 124–133.

Septianawati, T., Turmudi, & Puspita, E. (2018). Ethnomathematics study: uncovering units of length, area, and volume in Kampung Naga Society. Journal of Physics: Conference Series, 755(1).

Simbolon, R., & Koeswanti, H. D. (2020). Comparison Of Pbl (Project Based Learning) Models With Pbl (Problem Based Learning) Models To Determine Student Learning Outcomes And Motivation. International Journal of Elementary Education, 4(4), 519–529. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE

Susilawati, Jannah, W. N., & Dianasari. (2018). The Effectiveness Of Project Based Learning On The Skills Of Writing Ipa Teaching Materials Prospective Teachers. EduHumaniora - Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(1), 38–49.

Trimawati, K., Kirana, T., & Raharjo, R. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian IPA Terpadu Dalam Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa SMP. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1).

Wardani, D. S., Fauzi, M. R., Zafira, R., & Kurniawati, D. (2020). Creating Props: Improving Writing Skills of Teaching Materials of Elementary Teacher Education Students through Project-Based Learning Model. Mimbar Sekolah Dasar, 7(2), 216–234.

Widada, W., Herawaty, D., & Lubis, A. N. M. T. (2018). Realistic mathematics learning based on the ethnomathematics in Bengkulu to improve students’ cognitive level. Journal of Physics: Conference Series,1088


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jkp.v18i1.20735

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2807-1379