PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30595/jkp.v18i1.20751Keywords:
Jarimatika, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Dalam dunia pendidikan, tentunya ada suatu hal yang tidak bisa terlepas dari pendidikan yaitu pembelajaran. Di dalam pembelajaran di sekolah, tentunya kita tidak asing dengan istilah mata pelajaran. Salah satu mata pelajaran yang umum dan wajib untuk dipelajari adalah matematika. Matematika adalah salah satu dari mata pelajaran yang dipelajari di setiap tingkatan sekolah, dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi, bahkan matematika juga merupakan salah satu dari beberapa pelajaran yang masuk didalam Ujian Nasional (UN). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode penelitian eksperimen merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh treatment Hasil penelitian ini pada posttest menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan metode jarimatika terhadap hasil belajar siswa. Meskipun perolehan N-Gain rata-rata pretest dan posttest adalah 12% sehingga peningkatan hasil belajar siswa termasuk dalam kategori rendah, hal itu dikarenakan terdapat beberapa siswa yang cenderung tidak aktif saat pembelajaranReferences
Afriani, D., Fardila, A., & Septian, G. D. (2019). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 191-196.
Arifin, Z. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1-5.
Bete, M., Bulu, V. R., & Nahak, R. L. (2021). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Perkalian Siswa Kelas III SD Inpres Sikumana 3 Kupang. SPASI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 86-99.
Faishol, R. (2018). Pengembangan Paket Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV Menggunakan Model Dick & Carey di SD Negeri 2 Tamanagung. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 31-49.
Gazali, R. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika, 181-190.
Hernaeny, U. (2021). Pengantar Statistika 1 (Populasi dan Sampel). Bandung: Media Sains Indonesia.
Himmah, K., Makmur, J., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 57-67.
J. Moleong, L. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kurniawan, C. (2020). Menumbuhkan Rasa Senang Berhitung dengan Metode Jarimatika Pada Siswa TK. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 1-6.
Muhson, A. (2006). Teknik Analisis Kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta, 183-196.
Nisa, H., Junus, M., & Komariyah, L. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi PhET Berbasis Instrumen HOTS Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 560-567.
Afriani, D., Fardila, A., & Septian, G. D. (2019). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 191-196.
Arifin, Z. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1-5.
Bete, M., Bulu, V. R., & Nahak, R. L. (2021). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Perkalian Siswa Kelas III SD Inpres Sikumana 3 Kupang. SPASI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 86-99.
Faishol, R. (2018). Pengembangan Paket Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV Menggunakan Model Dick & Carey di SD Negeri 2 Tamanagung. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 31-49.
Gazali, R. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika, 181-190.
Hernaeny, U. (2021). Pengantar Statistika 1 (Populasi dan Sampel). Bandung: Media Sains Indonesia.
Himmah, K., Makmur, J., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 57-67.
J. Moleong, L. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kurniawan, C. (2020). Menumbuhkan Rasa Senang Berhitung dengan Metode Jarimatika Pada Siswa TK. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 1-6.
Muhson, A. (2006). Teknik Analisis Kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta, 183-196.
Nisa, H., Junus, M., & Komariyah, L. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi PhET Berbasis Instrumen HOTS Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 560-567.
Panjaitan, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menghitung Perkalian Melalui Metode Jarimatika. School Education Journal PGSD FIP Unimed, 200-208.
Rahayu, D. P., Lieung, K. W., & Yampap, U. (2021). Pelatihan Penggunaan Metode Jarimatika Bagi Siswa Kelas IV SD Inpres Seringgu Merauke. Communnity Development Journal, 727-731.
Rahayu, I., Prastowo, A. Y., & Ni'am, F. (2021). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Hitung Cepat Kelas II SD Laboratorium Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Patria Educational Journal (PEJ), 81-87.
Rahman, K. (2018). Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 1-14.
Sekaran, U. (2006). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Sitio, T. (2017). Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 146-156.
Sumirat, I., & Trimurtini, W. (2016). Pengaruh Praktik Jarimatika Terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian Pada Siswa Kelas II SD. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 63-72.
Suryaningrat, E. F., Muslihah, N. N., & Tiawati, L. (2021). Analisis Metode Jari Magic (Jarimatika) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Dan Motivasi Belajar Siswa. Caxra: jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 29-41.
Tarigan, D., & Muliyati, P. (2014). Penggunaan Teknik Jarimatika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Peserta Didik Kelas II SD Negeri 101774 Sampali Percut Sei Tuan. Jurnal Handayani, 90-109.
Utami, N. T. (2018). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Perkalian. Basic Education, 3.193-3.201.
Widodo, P. (2020). Peningkatan Prestasi Operasional Perkalian Melalui Metode Jarimatika Pada Siswa Tunanetra Kelas 3 SLB Negeri 1 Bantul. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 51-57.
Wulandari, S. (2012). Berhitung Mudah dan Menyenangkan dengan Menggunakan Jari Buku Panduan Untuk Putra Putri Anda Usia 3-10 Tahun. Jakarta Selatan: PT Kawan Pustaka.
Yani, Y., Dhema, M., & Anomeisa, A. B. (2022). Peningkatan Kemampuan Berhitung Menggunakan Metode Jarimatika Pada Peserta Didik Kelas IV di SDK 051 Waigete. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1171-1188.
Yudha, F. (2020). Penerapan Metode Jarimatika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas 4 MI Hidayatul Mubtadiin Balak Songgon. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 32-40.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Khazanah Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.