PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
References
Afriani, D., Fardila, A., & Septian, G. D. (2019). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 191-196.
Arifin, Z. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1-5.
Bete, M., Bulu, V. R., & Nahak, R. L. (2021). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Perkalian Siswa Kelas III SD Inpres Sikumana 3 Kupang. SPASI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 86-99.
Faishol, R. (2018). Pengembangan Paket Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV Menggunakan Model Dick & Carey di SD Negeri 2 Tamanagung. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 31-49.
Gazali, R. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika, 181-190.
Hernaeny, U. (2021). Pengantar Statistika 1 (Populasi dan Sampel). Bandung: Media Sains Indonesia.
Himmah, K., Makmur, J., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 57-67.
J. Moleong, L. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kurniawan, C. (2020). Menumbuhkan Rasa Senang Berhitung dengan Metode Jarimatika Pada Siswa TK. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 1-6.
Muhson, A. (2006). Teknik Analisis Kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta, 183-196.
Nisa, H., Junus, M., & Komariyah, L. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi PhET Berbasis Instrumen HOTS Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 560-567.
Afriani, D., Fardila, A., & Septian, G. D. (2019). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 191-196.
Arifin, Z. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1-5.
Bete, M., Bulu, V. R., & Nahak, R. L. (2021). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Perkalian Siswa Kelas III SD Inpres Sikumana 3 Kupang. SPASI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 86-99.
Faishol, R. (2018). Pengembangan Paket Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV Menggunakan Model Dick & Carey di SD Negeri 2 Tamanagung. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 31-49.
Gazali, R. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika, 181-190.
Hernaeny, U. (2021). Pengantar Statistika 1 (Populasi dan Sampel). Bandung: Media Sains Indonesia.
Himmah, K., Makmur, J., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 57-67.
J. Moleong, L. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kurniawan, C. (2020). Menumbuhkan Rasa Senang Berhitung dengan Metode Jarimatika Pada Siswa TK. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 1-6.
Muhson, A. (2006). Teknik Analisis Kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta, 183-196.
Nisa, H., Junus, M., & Komariyah, L. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi PhET Berbasis Instrumen HOTS Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 560-567.
Panjaitan, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menghitung Perkalian Melalui Metode Jarimatika. School Education Journal PGSD FIP Unimed, 200-208.
Rahayu, D. P., Lieung, K. W., & Yampap, U. (2021). Pelatihan Penggunaan Metode Jarimatika Bagi Siswa Kelas IV SD Inpres Seringgu Merauke. Communnity Development Journal, 727-731.
Rahayu, I., Prastowo, A. Y., & Ni'am, F. (2021). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Hitung Cepat Kelas II SD Laboratorium Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Patria Educational Journal (PEJ), 81-87.
Rahman, K. (2018). Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 1-14.
Sekaran, U. (2006). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Sitio, T. (2017). Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 146-156.
Sumirat, I., & Trimurtini, W. (2016). Pengaruh Praktik Jarimatika Terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian Pada Siswa Kelas II SD. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 63-72.
Suryaningrat, E. F., Muslihah, N. N., & Tiawati, L. (2021). Analisis Metode Jari Magic (Jarimatika) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Dan Motivasi Belajar Siswa. Caxra: jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 29-41.
Tarigan, D., & Muliyati, P. (2014). Penggunaan Teknik Jarimatika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Peserta Didik Kelas II SD Negeri 101774 Sampali Percut Sei Tuan. Jurnal Handayani, 90-109.
Utami, N. T. (2018). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Perkalian. Basic Education, 3.193-3.201.
Widodo, P. (2020). Peningkatan Prestasi Operasional Perkalian Melalui Metode Jarimatika Pada Siswa Tunanetra Kelas 3 SLB Negeri 1 Bantul. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 51-57.
Wulandari, S. (2012). Berhitung Mudah dan Menyenangkan dengan Menggunakan Jari Buku Panduan Untuk Putra Putri Anda Usia 3-10 Tahun. Jakarta Selatan: PT Kawan Pustaka.
Yani, Y., Dhema, M., & Anomeisa, A. B. (2022). Peningkatan Kemampuan Berhitung Menggunakan Metode Jarimatika Pada Peserta Didik Kelas IV di SDK 051 Waigete. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1171-1188.
Yudha, F. (2020). Penerapan Metode Jarimatika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas 4 MI Hidayatul Mubtadiin Balak Songgon. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 32-40.
DOI: 10.30595/jkp.v18i1.20751
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2807-1379
|
Statcounter