PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Hari Rusli Hamdani, Fahmi Rizal, Farras Dinar Aulia Shaleh, Muhammad Zulfan, Yayan Alpian

Abstract


Dalam dunia pendidikan, tentunya ada suatu hal yang tidak bisa terlepas dari pendidikan yaitu pembelajaran. Di dalam pembelajaran di sekolah, tentunya kita tidak asing dengan istilah mata pelajaran. Salah satu mata pelajaran yang umum dan wajib untuk dipelajari adalah matematika. Matematika adalah salah satu dari mata pelajaran yang  dipelajari di setiap tingkatan sekolah, dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi, bahkan matematika juga merupakan salah satu dari beberapa pelajaran yang masuk didalam Ujian Nasional (UN). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode penelitian eksperimen merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh treatment Hasil penelitian ini pada posttest menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan metode jarimatika terhadap hasil belajar siswa. Meskipun perolehan N-Gain rata-rata pretest dan posttest adalah 12% sehingga peningkatan hasil belajar siswa termasuk dalam kategori rendah, hal itu dikarenakan terdapat beberapa siswa yang cenderung tidak aktif saat pembelajaran

Keywords


Jarimatika, Hasil Belajar, Matematika

References


Afriani, D., Fardila, A., & Septian, G. D. (2019). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 191-196.

Arifin, Z. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1-5.

Bete, M., Bulu, V. R., & Nahak, R. L. (2021). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Perkalian Siswa Kelas III SD Inpres Sikumana 3 Kupang. SPASI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 86-99.

Faishol, R. (2018). Pengembangan Paket Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV Menggunakan Model Dick & Carey di SD Negeri 2 Tamanagung. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 31-49.

Gazali, R. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika, 181-190.

Hernaeny, U. (2021). Pengantar Statistika 1 (Populasi dan Sampel). Bandung: Media Sains Indonesia.

Himmah, K., Makmur, J., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 57-67.

J. Moleong, L. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kurniawan, C. (2020). Menumbuhkan Rasa Senang Berhitung dengan Metode Jarimatika Pada Siswa TK. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 1-6.

Muhson, A. (2006). Teknik Analisis Kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta, 183-196.

Nisa, H., Junus, M., & Komariyah, L. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi PhET Berbasis Instrumen HOTS Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 560-567.

Afriani, D., Fardila, A., & Septian, G. D. (2019). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 191-196.

Arifin, Z. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1-5.

Bete, M., Bulu, V. R., & Nahak, R. L. (2021). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Perkalian Siswa Kelas III SD Inpres Sikumana 3 Kupang. SPASI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 86-99.

Faishol, R. (2018). Pengembangan Paket Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV Menggunakan Model Dick & Carey di SD Negeri 2 Tamanagung. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 31-49.

Gazali, R. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika, 181-190.

Hernaeny, U. (2021). Pengantar Statistika 1 (Populasi dan Sampel). Bandung: Media Sains Indonesia.

Himmah, K., Makmur, J., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 57-67.

J. Moleong, L. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kurniawan, C. (2020). Menumbuhkan Rasa Senang Berhitung dengan Metode Jarimatika Pada Siswa TK. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 1-6.

Muhson, A. (2006). Teknik Analisis Kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta, 183-196.

Nisa, H., Junus, M., & Komariyah, L. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi PhET Berbasis Instrumen HOTS Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 560-567.

Panjaitan, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menghitung Perkalian Melalui Metode Jarimatika. School Education Journal PGSD FIP Unimed, 200-208.

Rahayu, D. P., Lieung, K. W., & Yampap, U. (2021). Pelatihan Penggunaan Metode Jarimatika Bagi Siswa Kelas IV SD Inpres Seringgu Merauke. Communnity Development Journal, 727-731.

Rahayu, I., Prastowo, A. Y., & Ni'am, F. (2021). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Hitung Cepat Kelas II SD Laboratorium Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Patria Educational Journal (PEJ), 81-87.

Rahman, K. (2018). Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 1-14.

Sekaran, U. (2006). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sitio, T. (2017). Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 146-156.

Sumirat, I., & Trimurtini, W. (2016). Pengaruh Praktik Jarimatika Terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian Pada Siswa Kelas II SD. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 63-72.

Suryaningrat, E. F., Muslihah, N. N., & Tiawati, L. (2021). Analisis Metode Jari Magic (Jarimatika) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Dan Motivasi Belajar Siswa. Caxra: jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 29-41.

Tarigan, D., & Muliyati, P. (2014). Penggunaan Teknik Jarimatika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Peserta Didik Kelas II SD Negeri 101774 Sampali Percut Sei Tuan. Jurnal Handayani, 90-109.

Utami, N. T. (2018). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Perkalian. Basic Education, 3.193-3.201.

Widodo, P. (2020). Peningkatan Prestasi Operasional Perkalian Melalui Metode Jarimatika Pada Siswa Tunanetra Kelas 3 SLB Negeri 1 Bantul. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 51-57.

Wulandari, S. (2012). Berhitung Mudah dan Menyenangkan dengan Menggunakan Jari Buku Panduan Untuk Putra Putri Anda Usia 3-10 Tahun. Jakarta Selatan: PT Kawan Pustaka.

Yani, Y., Dhema, M., & Anomeisa, A. B. (2022). Peningkatan Kemampuan Berhitung Menggunakan Metode Jarimatika Pada Peserta Didik Kelas IV di SDK 051 Waigete. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1171-1188.

Yudha, F. (2020). Penerapan Metode Jarimatika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas 4 MI Hidayatul Mubtadiin Balak Songgon. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 32-40.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jkp.v18i1.20751

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2807-1379