STUDI RESILIENSI GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN

Authors

  • Pangkuh Ajisoko <p style="text-align: left;" align="center">Sekolah Tinggi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter</p>
  • Misbahudin Misbahudin <p style="text-align: left;" align="center">STKIP Kusuma Negara</p>

DOI:

https://doi.org/10.30595/jkp.v18i1.20813

Keywords:

Resiliensi, Guru SD, Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi tingkat resiliensi diri pada guru Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini menggunakan pendekatan survei kuantitatif, penelitian ini melibatkan 30 guru dari dua SD Karakter di Kota Depok. Teknik purposive sampling digunakan untuk pemilihan sampel, sementara data dikumpulkan melalui instrumen kuesioner yang dikembangkan berdasarkan adaptasi penelitian sebelumnya. Analisis data dilakukan dengan metode statistik deskriptif. Hasil menunjukkan tingkat resiliensi guru SD di Sekolah Karakter 1 dan 2 sudah baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai resiliensi diri guru SD dan implikasinya terhadap praktek pengajaran, serta memberikan kontribusi pada pemahaman tentang pentingnya resiliensi diri dalam konteks pendidikan dasar.

References

Akbar, Z., & Pratasiwi, R. (2017). RESILIENSI DIRI DAN STRES KERJA PADAGURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 107-112.

Akbar, Z., & Tahoma, O. (2018). DUKUNGAN SOSIAL DAN RESILIENSI DIRI PADA GURU. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 53-59.

Athira, N. (2021). Pengaruh Resiliensi dan Interaksi Orang Tua terhadap Quarter-Life Crisis pada Dewasa Awal. Bogor: IPB Repositiry.

Faradina, N. S. (2020). RESILIENSI PADA GURU SEKOLAH INKLUSI TINGKAT PRASEKOLAH. Malang: Repository UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.

Pebriyani, & Penny. (2009). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Kejenuhan Kerja (Burnout) Pada Guru SD di Kota Bandung. Bandung: Repositori Universitas Pendidikan Indonesia.

Puspitasari, D. A., & Handayani, M. M. (2014). Hubungan Tingkat Self-Efficacy Guru dengan Tingkat Burnout pada Guru Sekolah Inklusif di Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 59-68.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Artikel