STUDI RESILIENSI GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.30595/jkp.v18i1.20813Keywords:
Resiliensi, Guru SD, Pembelajaran.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi tingkat resiliensi diri pada guru Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini menggunakan pendekatan survei kuantitatif, penelitian ini melibatkan 30 guru dari dua SD Karakter di Kota Depok. Teknik purposive sampling digunakan untuk pemilihan sampel, sementara data dikumpulkan melalui instrumen kuesioner yang dikembangkan berdasarkan adaptasi penelitian sebelumnya. Analisis data dilakukan dengan metode statistik deskriptif. Hasil menunjukkan tingkat resiliensi guru SD di Sekolah Karakter 1 dan 2 sudah baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai resiliensi diri guru SD dan implikasinya terhadap praktek pengajaran, serta memberikan kontribusi pada pemahaman tentang pentingnya resiliensi diri dalam konteks pendidikan dasar.References
Akbar, Z., & Pratasiwi, R. (2017). RESILIENSI DIRI DAN STRES KERJA PADAGURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 107-112.
Akbar, Z., & Tahoma, O. (2018). DUKUNGAN SOSIAL DAN RESILIENSI DIRI PADA GURU. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 53-59.
Athira, N. (2021). Pengaruh Resiliensi dan Interaksi Orang Tua terhadap Quarter-Life Crisis pada Dewasa Awal. Bogor: IPB Repositiry.
Faradina, N. S. (2020). RESILIENSI PADA GURU SEKOLAH INKLUSI TINGKAT PRASEKOLAH. Malang: Repository UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.
Pebriyani, & Penny. (2009). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Kejenuhan Kerja (Burnout) Pada Guru SD di Kota Bandung. Bandung: Repositori Universitas Pendidikan Indonesia.
Puspitasari, D. A., & Handayani, M. M. (2014). Hubungan Tingkat Self-Efficacy Guru dengan Tingkat Burnout pada Guru Sekolah Inklusif di Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 59-68.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Khazanah Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.